Resep Membuat Ayam Goreng Ketuncky Ala KFC Gurih

Resep Membuat Ayam Goreng Ketuncky Ala KFC Gurih - Ayam kentucky , Ayam Goreng Tepung Crispy atau yang sering disebut dengan Fried Chicken Crispy ala KFC ini memang sangat disukai oleh masyarakat luas. dari yang muda sampai dewasa semua menyukai kelezatan ayam kentucky ala kfc. ayam goreng yang di baluti dengan tepung terigu dengan bumbu pilihan akan mejadikan kelezatan yang sangat menggoda selera. renyah , gurih dan ayam yang empuk membuat ayam ketucky atau ayam goreng tepung crispy ala kfc ini sangat di sukai oleh masyarakat.

Ayam kentucky atau ayam goreng tepung crispy ala kfc ini pertama dibuat oleh harland sanders dari amerika . kenapa disebut dengan kentucky friend chiken atau KFC ini ternyata adalah salah satu brand perusahaan waralaba dari yumi brand , inc . yang berpusat di louisville, kenyucky Amerika serikat. so , istilah kentucky itu sendiri adalah diambil dari salah satu negara bagian amerika. dengan pendirinya yang bernama col. harland sanders . 

col. harland sanders pendiri kentucky itu sendiri juga mengalami beberapa kegagalan dalam menjalani bisnis ayam goreng tepung crispy atau ayam goreng kfc ini. dia pernah mengawali penjualannya di SPBU kepunyaan sendiri di corbin, disebuah kota yang masih bagian dari kentucky di tahun 1939. lalu beliau hijrah ke susatu motel , namun pada tahun 40-an beriau menutup bisnisnya karena kota tersebut dibangun untuk dilewati jalur tol . kemudian di tahun 50-an beliau berkenalan dengan pete harman di kota salat lake , yang kemudian mereka bersepakat membangun restauran KFC.

Harland menjual semua waralaba kentucky friend chicken atau KFC di tahun 1964 sebesar $ 2 juta dolar. selanjutnya pada usia 90 tahun, harland terserang penyakit leukimia lalu meninggal setelah melakukan perjalanan 250 ribu mil dalam setahun kunjungannya ke restoran KFC di seluruh dunia . mungkin itu salah satu profil dari pendiri dan pembuatan ayam KFC . untuk anda mencinta ayam kfc sekarang jadi tahu kan perjalanan col. harland sanders untuk membuat resaturan KFC yang sekarang sangat terkenal itu .

Nah untuk anda penggemar ayam goreng tepung crispy Ala KFC , mungkin kali ini anda sapat berbahagia . karena kali ini saya akan berbagi resep ayam goreng tepung ala kfc yang tak kalah enak nya dengan yang disajikan direstauran KFC . ternyata pembuatan ayam goreng tepung renyah ala kfc itu tidak terlalu sulit loh. untuk anda yang ingin membuatnya sendiri dirumah silahkan lihat bahan-bahan yang dibutuhkan beserta cara membuatnya disini .

Resep Membuat Ayam Goreng Ketuncky Ala KFC Gurih

Resep Membuat Ayam Goreng Ketuncky Ala KFC Gurih

Bahan-bahan Ayam Goreng Ketuncky :

  • Ayam 1/2 kg ( cuci bersih ) bisa menggunakan paha ayam semua .
  • Secukupnya minyak goreng untuk menggoreng ayam
  • Satu sendok teh garam
  • Satu sendok teh lada halus
  • 2 siung bawang putih

Bahan-bahan Pelapis Cair Ayam Ketuncky :

  • Kuning telur ayam 1 butir ( buang putih telurnya )
  • Seperempat sendok teh lada halus
  • Seperempat sendok teh vetsin
  • Seperempat sendok teh baking soda ( digunakan sebagai pengembang dan perenyah ayam kfc )
  • 150 gr tepung terigu
  • 150 ml air dingin
  • 20 gr tepung maizena 

Bahan-bahan Pelapis Kering Ayam Goreng Ketuncky :

  • 200 gram tepung terigu
  • 50 gram tepung maizena
  • Seperempat sendok teh baking soda ( sebagai pengembang dan perenyah ayam Kfc )
  • Seperempat sendok teh bubuk kaldu instan ( menggunanakan rasa ayam )
  • 2 siung bawang putih
  • Seperempat sendok teh vetsin ( untuk penguat rasa )

Cara Membuat Ayam Goreng Ketuncky Ala KFC :

  1. Semua bahan-bahan pelapis cair dicampur lalu aduk-aduk hingga rata . tambahkan kuning telur tadi dan air dikit demi sedikit , aduk lagi hingga benar-benar rata . lalu masukan ke dalam lemari es , jika anda tidak punya lemari es tempatkan saja pada tempat yang dingin.
  2. Campur semua bahan-bahan yang digunakan untuk pelapis kering .
  3. Lumurkan daging ayam dengan garam , bawang putih dan lada lalu aduk hingga merata dan biarkan selama kurang-lebih 10 menit hingga benar-benar meresap .
  4. Campurkan ayam pada pelapis kering dengan mengguling-gulingkan sampai semua ayam terlapisi tepung . kemudian masukkan ayam pada pelapis cair .
  5. Lalu ayam digulingkan lagi ke dalam pelapis kering . jika sudah benar-benar tercampur rata dengan bahan pelapis , saatnya ayam untuk digoreng .
  6. Panaskan minyak goreng pada wajan terlebih dahulu , kemudian masukan potongan-potongan ayam tadi lalu goreng hingga berwarna kekuning-kuningan .
  7. Angkat lalu sajikan .

Selesai , dan hasilnya enak banget , empuk dan crispy banget. anda boleh mencoba resep ini dirumah sebgai menu vaforit anda dan keluarga, atau bisa juga sebagai makanan selingan dirumah. ayam goreng tepung renyah Ala KFC kurang lengkap jika disajikan tanpa saos, anda dapat menyajikan ayam goreng tepung Ketucky bersama saos tomat atau saos sambal menurut selera. pasti keluarga dirumah akan menyukai masakanan anda, karena enak dan tidak kalah dengan ayam renyah KFC aslinya hhehe

Ayam goreng tepung KFC, ketuncky atau yang terkenal dengan nama fried chicken crispy dapat dinikmati bersama nasi putih dan cola-cola atau just pilihan anda. agar lebih terasa seperti makan di restauran KFC sesungguhnya hehhe. nah silahkan berkreasi dengan Resep Membuat Ayam Goreng Ketuncky Ala KFC Gurih ini dirumah ya. semoga resep ini bermanfaat untuk anda yang ingin membuat ayam goreng tepung renyah ala kfc sendiri dirumah. buka juga info resep lainnya seperti Resep Membuat Capcay Special Enak yang wajib anda coba juga dirumah .

NB : goreng ayam dengan menggunakan api kecil, sehingga matang sampai ke dalam ayam dan agar tepungnya tidak cepat gosong.

Advertisement