Resep Membuat Batagor Khas Bandung Enak

Resep Membuat Batagor Khas Bandung Enak - Batagor adalah salah satu makanan khas kota kembang bandung yang sangat populer untuk masyarakat luas tentunya di indonesia . makanan ini memang sangat di minati oleh semua kalangan , dari yang muda hingga yang tua . jika anda salah satu penggemar salah satu jajanan enak dari kota bandung ini pasti anda sudah tidak asing lagi dengan rasa nikmat yang disajikan oleh batagor . batagor dapat juga menjadi cemilan yang sangat enak jika anda merasa lapar .

Terbuat dari bahan dasar tahu yang digoreng lalu di tambahi bumbu saus kacang yang enak akan menambah kan citarasa yang luar biasa pada batagor . karena sangat digemari oleh masyarakat batagor bandung pun sekarang sangat terkenal dan dapat di jumpai di kota mana pun . tidak hanya di kota kembang bandung saja yang pertama kali memperkenalkannya . enak , gurih , lezat mungkin itu kata yang tepat untuk batagor .

Selain enak , gurih dan lezat dalam mendapatkan batagor pun sangat lah mudah . anda dapat membelinya ke pedagang kaki lima yang biasanya dijual dengan gerobak dorong yang pedangan nya mangkal di pinggir-pinggir jalan . atau mungkin juga juga anda dapat temui di warung , cafe atau tempat makan di mal-mal sekitar rumah anda . saat menikmati jajanan ini pun tidak harus merogoh kantong dalam-dalam .

Karena biasa nya hanya dengan tujuh ribu rupiah sampai sepuluh ribu rupiah per porsi anda sudah dapat menikmati jajanan khas kota bandung yang enak ini . hhmm , sangat ekonomis dan terjangkau bukan ? saya juga salah satu penggemar batagor , saya sering membelinya di pedagang kaki lima di pemda dekat rumah saya . karena kegemaran akan batagor saya jadi mempunyai ide , bagaimana rasanya yah jika saya membuat nya sendiri dirumah ?

Nah untuk anda penggemar batagor , tidak ada salah nya loh jika anda membuatnya sendiri dirumah . pastinya akan lebih enak dan seru . jika anda benar-benar ingin membuatnya kita buat bareng-bareng yuck . ini lah bahan-bahan yang dibutuhkan beserta cara membuatnya dengan benar , silahkan simak resep nya dibawah ini . 

Resep Membuat Batagor Khas Bandung Enak

Resep Membuat Batagor Khas Bandung Enak

Bahan-bahan Batagor Khas Bandung Enak :

  • Ikan tengiri 250 gram ( dihaluskan )
  • Air es 250 mili liter
  • Tepung kanji 250 gram
  • Daun bawang 2 batang ( diiris tipis )
  • Seledri 2 batang ( diiris tipis )
  • Bawang putih 3 siung ( di cincang halus )
  • Garam 1/2-1 sendok teh ( atau secukupnya )
  • Merica bubuk 1/2 sendok teh
  • Tahu putih 6 buah ( dipotong sesuai selera )
  • Kulit pangsit 8 lembar
  • Secukupnya minyak goreng ( untuk menggoreng batagor )

Bahan-bahan Untuk saus kacang Batagor Khas Bandung Enak :

  • Kacang tanah goreng 300 gram
  • Cabai merah 2 buah
  • Bawang putih 5 siung
  • Gula merah 100 gram
  • Air matang 400 mili liter 

Cara Membuat saus kacang Batagor Khas Bandung Enak :

  1. Pertama haluskan semua bahan terlebih dahulu dengan menggunakan blender .
  2. Masak dengan memakai api sedang hingga mendidih dan bumbu mengental .
  3. Selesai , tempatkan di mangkok atau tempat lainnya .

Cara Membuat Batagor Khas Bandung Enak :

  1. Pertama campur ikan tenggiri dan air es terlebih dahulu , uleni sampai adonan menjadi tercampur rata . tambahkan tepung kanji , daun bawang , seledri , bawang putih , merica dan garam lalu aduk hingga rata . bagi adonan menjadi tiga bagian , masing-masing untuk isi tahu , isi pangsit , dan satu bagian untuk membuat bakso .
  2. Potong diagonal masing-masing tahu menjadi dua bagian atau di bentuk segitiga . lubangi potongan tahu tadi ditengah nya , sisihkan remah-remah nya .
  3. Kemudian campurkan remah-remah dengan adonan , lalu diisikan ke dalam tahu . lakukan berulang-ulang hingga semua bahan tahu terisi , sisihkan .
  4. Ambil selembar kulit pangsit isi dengan adonan ikan tengiri yang sudah disiapkan tadi , satukan ujung-ujung pangsit ke atas , sehingga sisi-sisinya saling melekat . lakukan berulang hingga semua kulit pangsit habis , sisihkan .
  5. Kemudian panaskan minyak goreng ke dalam wajan untuk menggoreng , goreng tahu isi dan pangsit hingga berwarna kuning kecoklatan , angkat , tiriskan lalu sisihkan .
  6. Ambil sisa adonan ikan , bentuk dengan bantuan dua sendok , langsung masukkan ke dalam minyak panas . lalu goreng hingga berwarna kuning kecoklatan , angkat , tiriskan dan sisihkan .
  7. Tata tahu isi , pangsit dan bakso goreng di atas piring saji yang sudah disiapkan . biarkan utuh atau bisa juga dipotong-potong . lalu tuang saus kacang diatas batagor ,
  8. Bisa juga dihidangkan bersama saus cabai dan kecap manis , dan beri perasaan jeruk limau agar lebih segar .
Selesai , tips untuk membuat batagor agar enak adalah goreng bersama minyak yang banyak atau semua bahan terendam minyak saat digoreng atau deep fried . tambahkan juga irisan timun ke dalam batagor agar lebih segar . nikmati batagor dengan segelas es teh manis atau es jeruk yang segar agar lebih nikmat . nyam nyam , pasti anda dan keluarga akan menyukai batagor khas bandung ini hihii

Oh ia untuk anda penggemar batagor anda harus mengetahui batagor itu sebenarnya adalah akronim dari bakso tahu goreng yaitu makanan yang berasal dari kota kembang bandung dengan mengadapatasi gaya tionghoa-indonesia yang kini sudah menyebar ke hampir seluruh indonesia . nah mungkin itu saya pembahasan tentang batagor . semoga resep ini membantu anda untuk membuatnya sendiri dirumah . selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Batagor Khas Bandung Enak ini yah . buka juga info resep lainnya seperti Resep Membuat Jamur Kriuk Crispy Gurih yang wajib anda coba juga dirumah .

Advertisement