Resep Membuat Yogurt Sendiri Yang Mudah Dan Nikmat

Resep Membuat Yogurt Sendiri Yang Mudah Dan Nikmat - Buat anda yang bekerja 8 jam atau lebih dalam sehari dapat membuat anda sangat sulit sekali untuk memakan makanan sehat . penelitian menunjukan bahwa memakan makanan 4 jam sekali dapat membantu anda untuk menjaga metabolisme tubuh . anda boleh menyiapkan beberapa makanan atau cemilan sehat saat anda dikantor . ada beberapa makanan ringan atau cemilan yang masing-masing memiliki kurang dari 200 kalori dan dapat memuaskan anda saat anda membutuhkan cemilan seperti yogurt.

Berikut ini adalah salah satu contoh makanan atau cemilan sehat untuk anda yang sedang berkarier atau sibuk dikantor yaitu cemilan dari gandum yang utuh dan selai kacang , buah-buahan , susu yang tanpa lemak , coklat hitam dan yogurt . pasti anda tentu saja mengetahui makanan atau cemilan yang saya sebutkan diatas kan . kenapa harus cemilan dari gandum asli ? karena cemilan yang terbuat dari gandum sangat baik bagi tubuh . dan makanan yang terbuat dari gandum juga dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan tubuh karena memberikan efek rasa kenyang yang lebih lama dan bisa juga membantu anda dalam mempertahankan berat badan ideal anda 

Buahan-buahan juga dapat dijadikan cemilan yang baik seperti yogurt , karena cemilan itu sangat beraneka ragam . selain mengeyangkan buah-buahan juga dapat mengeyangkan dan dapat membantu menjaga kesehatan tubuh anda . buah-buahan yang baik dan tidak ribet saat memakannya dikantor yaitu apel , pisang , pir , anggur atau buahan-buahan yang anda sukai lainnya menurut selera anda . rata-rata kalori dalam sebuah buah adlah 70 kalori saja , jadi anda bisa atau dapat menambahkannya dengan secangkir bebas lemak yang memiliki sekitar 90 kalori itu .

Susu tanpa lemak dan coklat hitam juga masih salah satu cemilan sehat untuk anda saat dikantor seperti yougart . kenapa ? karena susu itu memiliki sifat yang menurunkan tekanan darah tinggi dan dapat mengurangi resiko stroke . coklat hitam juga anda dapat jadikan cemilan sehat dan enak saat dikantor . coklat hitam juga memiliki banyak variasi dan banyak rasa sehingga banyak disukai oleh kaum wanita dan seluruh masyarakat luas .

Dan yogurt itu sendiri adalah cemilan atau makanan sehat yang memerlukan fermentasi terlebih dahulu untuk menikmatinya . makanan atau cemilan ini benar-benar sangat baik untuk tubuh kita , gimana tidak . dalam penelitian dari beberapa orang yang mengkonsumsi 2 cangkir yogurt setiap harinya dalam jangka beberapa bulan , bercerita kalau kekebalan tubuhnya lebih tinggi . nah untuk anda yang ingin mengetahui bahan-bahan dan cara membuat yogurt yang sehat lihatnya dibawah ini .

Resep Membuat Yogurt Sendiri Yang Mudah Dan Nikmat

Resep Membuat Yogurt Sendiri Yang Mudah Dan Nikmat

Bahan-bahan Dalam Membuat Yogurt :

  • Susu 1000 ml ( dapat menggunakan susu apa saja )
  • Biang yogurt atau yogurt plain 1/2 cangkir ( gunakan yogurt yang masih menggandung bateri yang masih hidup atau bakteri probiotik )

Cara Membuat Yogurt Sendiri Yang Mudah Dan Nikmat :

  1. Tuangkan susu yang sudah disediakan tadi kedalam panci , panaskan dengan kompor yang menggunakan api kecil atau dapat juga menggunakan oven yang memakai temperatur kira-kira sampai 85 derajat celcius sambil di aduk-aduk adonan susu tersebut secara perlahan . 
  2. Setelah dirasa cukup angkatlah adonan susu dan dinginkan . untuk mendinginkan dapat mencelupkan panci ke dalam baskom atau wadah besar yang diberi air . adonan diaduk perlahan hingga temperatur adonan susu mencapai kira-kira 23 derajat celcius .
  3. Jika adonan susu sudah mencapai temperatur yang diinginkan , tuangkan yogurt dengan bakteri yang masih hidup atau yogurt plaint kedalam panci yang berisi susu tersebut . aduk hingga adonan susu dan yogurt plant benar-benar tercampur dengan rata .
  4. Pindahkan adonan yang sudah tercampur dengan yogurt plant ke dalam wadah yang sudah dibersikan , lalu selanjutnya tutup rapat adonan atau bisa ditutup dengan plastik secara rapat agar proses inkubasi bejalan dengan bagus .
  5. Dalam proses inkubasi diamkan adonan susu atau cairan yougart agar bakteri tumbuh dan berkembang . dalam proses ini membutuhkan waktu selam 7 jam dalam temperatur 38 derajat celcius . semakin lama cairan yogurt didiamkan tingkat keasaman akan menjadi semakin tinggi dan tekstur yogurt akan menjadi semakin kental .
  6. Setelah cairan yogurt didiamkan selama 7 jam atau lebih menurut kekentalan yang anda inginkan yogurt dapat anda konsumsi .
Yang perlu diperhatikan pada saat proses pemanasan adonan susu jangan sampai adonan susu mendidih atau sampai hangus dibawahnya . kenapa harus melalui proses pemanasan ? karena proses pemanasan adonan susu ini bertujuan untuk menguah struktur protein susu agar berubah menjadi padat . dan pada saat proses inkubasi , lebih lama didiamkan akan semakin baik . bukan hanya yogurt semakin kental , hal ini juga dapat menambah atau mengawetkan waktu kadaluarsa yogurt kurang lebih selama 1-2 minggu .

Dalam mengkonsumsi yogurt sendiri juga banyak banget manfaatnya untuk tubuh kita yag tidak kita dapatkan dari kita mengkonsumsi susu biasa . jika diminum setiap hari tubuh kita memperoleh mineral kalsium , fosfor , dan potasium . dan yang harus anda ketahui yogurt juga kaya akan vitamin A , B1 , B2 , dan B3 . yogurt sendiri juga dapat dikonsumsi oleh penderita intoleransi laktosa , seperti manula karena kadar llaktosa dalam yogurt sangat kecil .

Manfaat dari yogurt juga dapat mengurangi resiko terkena diare disaat kita akan berwisata jika dikonsumsi dalam beberapa minggu sebelumnya sebelum berpergiaan . pastinya anda tidak mau kan jika perjalanan anda terganggu karena anda mengalami yang namanya diary . nah itu lah salah satu manfaat dari mengkonsumsi yogurt . gimana Resep Membuat Yogurt Sendiri Yang Mudah Dan Nikmat sangat mudah kan ? selamat mencoba dan berkreasi dengan resep ini . buka juga info Resep Pisang Peyet Coklat Keju Nikmat resep cemilan enak yang wajib anda coba dirumah .

Advertisement