Resep Membuat Bakmi Jawa Godog ( Rebus ) Yogyakarta

Resep Membuat Bakmi Jawa Godog ( Rebus ) Yogyakarta - Siapa sih yang tidak kenal dengan rasa gurih nya bakmi jawa , walaupun standar kaki lima tapi rasanya ajiib . sebagai orang jawa kali ini saya akan mengeshare resep yang sudah menjadi menu masakan special dirumah yaitu bakmi jawa godog . tetapi sebelum saya mengeshare resep bakmi jawa godog saya akan membahas terlebih dahulu asal usul bakmi jawa godog yang terkenal juga dengan sebutan bakmi jawa . bakmi jawa atau mi jawa adalah bakmi rebus ( bahasa jawa nya adalah bakmi godhog ) yang di masak degan bumbu khas masakan jawa .

Kebanyakan bakmi jawa adalah bakmi rebus , sehingga diluar negri seperti di negara malaysia dan negara singapura bakmi jawa ini di kenal dengan sebutan mie rebus . akan tetapi selain bakmi godog ( rebus ) bakmi jawa juga terdapat variasi mie goreng dari bakmi jawa . Mie di masak diatas tungku tanah liat atau di sebut anglo dan api arang . meskipun banyak pembeli yang memesan , juru masak atau koki tidak memasak semua pesanan dalam satu wajah besar , tetapi tetap menggunakan bahan dan bumbu di racik satu per satu sehingga rasa yang disajikan akan special dan khas . 

Pesanan bakmi selalu di masak satu porsi demi satu porsi didalam wajan kecil itu ciri khas dari bakmi godhog khas yogyakarta ini . selain itu ciri khas lainnya dari bakmi jawa adalah penambahan suwiran daging ayam kampung dan telur bebek kedalam masakannnya agar lebih makyus . bakmi jawa sendiri biasanya banyak dijajakan di kota yogyakarta dan kota-kota di provinsi jawa tengah . lebih tepatnya piyaman , wonosari gunung kidul merupakan tempat asal pedagang bakmi jawa yang berdagang diberbagai kota besar di seluruh indonesia . 

Penjual bakmi jawa dijogjakarta biasa mulai berdagang mulai sore hari hingga larut malam dan meletakkan gerobak tempat memasak bakmi di depan tempat usaha mereka . mungkin karena banyaknya masyarakat luas yang menyukai bakmi jawa , bakmi jawa pun sekarang sudah menjadi menu vaforit atau special di restauran atau caffe-caffe tertentu . jadi anda tidak harus ke kota yogyakarta hanya untuk mencicipi bakmi jawa , anda dapat mendapatkannya di pedagang kaki lima , restauran atau cafe yang biasa anda kunjungi . hhmm nyumiii , segar , enak dan hangat mungkin itu sebutan yang tepat untuk bakmi jawa .

Nah untuk anda yang ingin mencoba membuat bakmi jawa dirumah tapi tidak tahu caranya , maka anda tepat sekali membuka resep bakmi jawa ini karena saya akan membahas tuntas tentang bakmi jawa . dari bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bakmi jawa yang enak beserta cara membuatnya dengan mudah . anda dapat menyajikan bakmi jawa sebagai menu masakan yang special atau menu selingan untuk keluarga anda dirumah . untuk lebih jelasnya dari bahan-bahan dan cara membuatnya silahkan lihat artikel resep bakmi jawa nya di bawah ini .

Resep Membuat Bakmi Jawa Godog ( Rebus ) Yogyakarta

Resep Membuat Bakmi Jawa Godog ( Rebus ) Yogyakarta

Bahan-bahan Bakmi Jawa Godog :

  • 300 gram mie kuning basah
  • 100 gram daging ayam , rebus , lalu potong dadu 
  • 1 ikat sawi hijau ( potong-potong )
  • 500 mili liter ( bekas rebusan ayam )
  • Secukupnya daun bawang ( rajang kasar )
  • Secukupnya seledri
  • 3 siung bawang merah ( dicincang halus )
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1 buah tomat , dipotong dadu
  • 1 sendok makan kecap manis
  • Secukupnya cabai ( cabe ) rawit hijau ( dicincang kasar )

Bumbu Halus Bakmi Jawa Godog :

  • 4 siung bawang putih
  • 1 sendok teh lada ( merica )
  • 2 butir kemiri
  • 1 sendok makan ebi
  • Secukupnya garam 

Cara Membuat Bakmi Jawa Godog :

  1. pertama-tama haluskan bawang putih , lada , kemiri , garam dan ebi yang telah di rendam , lalu cuci bersih mie .
  2. Kemudian tumis bawang merah sampai wangi , masukkan bumbu halus , tumis sampai matang . masukkan cabai dan tomat , lalu tumis hingga tomat agak layu .
  3. Selanjutnya masukkan saus tiram dan kecap , lalu masukkan kaldu ayam . masak hingga air mendidih . masukkan ayam yang telah direbus dan dipotong dadu . kemudian masukkan mie kuning nya yang sudah di cuci bersih tadi .
  4. Terakhir cicipi rasanya , jika terasa kurang mantap anda dapat menambahkan kaldu bubuk secukupnya . pastikan semua rasanya sudah pas . lalu masukkan sawi , daun bawang dan seledri . sayuran jangan di masak terlalu lama agar vitamin dalam sayurannya tidak hilang . 
  5. Matikan api lalu sajikan dengan bawang goreng .

Selesai , jika anda tidak suka pedas anda dapat memasukan cabai yang dimasukan begitu saja agar terdapat aroma cabainya saja tanpa ada rasa pedas . tapi jika anda suka pedas , anda dapat menambahkan potongan cabai rawit yang dipotong kecil-kecil agar mendapatkan rasa pedas yang anda inginkan .  oh iya jika anda suka manis , anda dapat menambahkan lagi kecap manisnya menurut selera anda .  jangan sampai anda lewatkan resep bakmi jawa ini yah , agar anda tidak penasaran akan rasanya karena enak , mantap dan makyuss banget :D hhiihii

Nah cukup mudah bukan dalam pembuatan bakmi jawa nya ? silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Bakmi Jawa Godog ( Rebus ) Yogyakarta ini . terimakasih sudah membuka blog kami , semoga artikel resep yang ada di blog kami bermanfaat untuk anda dirumah . oh iya buka juga informasi resep masakan lainnya seperti Resep Cara Membuat Lasagna Enak Praktis yang wajib anda coba dirumah . sekian :)

Advertisement