Resep Membuat Cilok Daging Enak Special Empuk Kenyal

Resep Membuat Cilok Daging Enak Special Empuk Kenyal - selamat pagi bun , sudah buat makanan atau camilan apa hari ini ? belum ? bingung ? nyobain bikin cilok khas sunda saja yuck bun . cilok ? iya itu loh bun jajanan khas sunda yang kenyal dan enak itu . terbuat dari tepung kanji atau aci cilok ini memang termasuk jajanan khas sunda yang relatif murah meriah tapi sangat enak .

Berbentuk bulat seperti bakso , cilok ini memang sudah sangat terkenal di masyarakat luas khususnya di negara kita indonesia . walaupun bentuk cilok menyerupai bakso , namun bahan-bahan dasar dalam pembuatan dan penyajiannya berbeda dengan bakso . jika bakso disajikan dengan mie , bihun sayuran dan kuah yang segar , berbeda dengan cilok yang penyajiannya hanya ditusuk dengan lidi . sehingga kenapa di sebut cilok adalah karena aci yang penyajiannya dengan dicolok ke lidi .

Camilan yang enak berbentuk bulat seperti bakso ini sangat nikmat dan kenyal jika di santap , karena menggunakan bahan dasar aci atau kanji seperti yang saya beritahukan sebelumnya . kenyal , enak , nikmat mungkin itu kata-kata yang tepat jika kita mendengar nama camilan yang satu ini . sehingga banyak disukai oleh banyak orang dari anak-anak hingga orang dewasa . semua tidak pernah rela ketinggalan menikmati rasa yang disajikan oleh cilok , hmm nyumi .

Cilok biasanya disajikan dengan bumbu kacang , kecap manis dan saos jika suka . cilok jajanan khas sunda ini dapat ditemui atau dijajakan di depan sekolah-sekolah , di tempat keramaian lainnya atau di jual keliling . oh ia cilok sendiri ada beberapa janis dan variasi rasanya seperti cilok isi ikan , isi daging ayam , isi telor dan isi abon . dan salah satu jenis cilok yang enak dan sepcial adalah cilok daging sapi .

Saya juga sangat menyukai cilok daging sapi , karena kegemaran saya akan cilok daging sapi . saya pun berinisiatif mencoba membuatnya sendiri dirumah dan hasilnya pun cukup enak tidak kalah dengan cilok daging sapi yang biasa saya nikmati saat membelinya di penjual cilok . saya biasa menghadirkan cilok saat hari libur untuk keponakan dan keluarga yang suka berkunjung saat libur tiba . nah untuk anda dirumah yang ingin mencoba membuat cilok sendiri dirumah silahkan lihat bahan-bahan dan cara pembuatannya dibawah ini .

Resep Membuat Cilok Daging Enak Special Empuk Kenyal

Resep Membuat Cilok Daging Enak Special Empuk Kenyal

Bahan-bahan Cilok Daging Enak Special Empuk Kenyal :

  • 250 gram tepung kanji atau aci
  • 100 gram tepung terigu
  • 200 gram daging sapi ( diiris tipis )
  • Air panas 

Bumbu Halus Cilok Daging Enak Special Empuk Kenyal :

  • 4 siung bawang putih
  • 2 batang daun bawang
  • Secukupnya merica
  • Secukupnya garam

Bahan-bahan Pelengkap Cilok Daging Enak Special Empuk Kenyal :

  • Sambal kacang
  • Saos sambal
  • Kecap manis

Cara Membuat Cilok Daging Enak Special Empuk Kenyal :

  1. Pertama-tama blender daging sapi hingga setengah halus , tambahkan garam , lalu blender lagi hingga halus .
  2. Tuangkan ke wadah atau baskom , kemudian campurkan tepung kanji dan terigu sedikit demi sedikit , aduk-aduk hingga rata . lalu masukkan bumbu yang telah di haluskan .
  3. Selanjutnya tuangkan air panas lalu uleni adonan hingga kenyal dan bumbu tercampur hingga rata . setelah itu bentuk bulat adonan cilok nya .
  4. Terakhir siapkan air ke dalam panci tunggu hingga mendidih ,lalu masukkan cilok yang sudah di bentuk bulat ke dalam air mendidih , tunggu sampai mengambang , angkat lalu tiriskan .
  5. Hidangkan cilok ke dalam piring saji dengan ditusuk dengan lidi atau dapat juga langsung disajikan di piring saji , lalu siram sambel kacang , saos dan kecap menurut selera .

Demikian bahan-bahan dan cara pembuatan cilok daging sapinya , cukup mudah bukan ? silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Cilok Daging Enak Special Empuk Kenyal ini . buka juga informasi camilan lainnya seperti Resep Membuat Tape Ketan Putih Enak yang wajib anda coba juga dirumah . terimakasih sudah membuka blog ini , semoga resep-resep yang saya bagikan di blog ini dapat bermanfaat untuk anda dirumah . sekian :)

Advertisement