Resep Kue Bika Ambon Khas Medan Enak

Resep Kue Bika Ambon Khas Medan Enak - Apakah anda salah satu pencinta kue? jika iya , tentunya anda sudah tidak asing lagi bukan dengan kue bika ambon khas kota medan sumatera utara ini bukan? selain duren, kue bika ambon adalah salah satu kue yang sangat populer sebagai oleh-oleh khas medan. kue bika ambon lembut ini merupakan kue jajanan pasar yang enak dan nikmat . 

Jika kita kepasar tradisional atau pasar modern pastinya anda akan menemukan kue bika ambon berderet di meja-meja penjual kue disana. kue basah salah satu jajanan pasar yang satu ini selain enak dan lembut dia juga mempunyai warna khas yang menarik. yaitu warna kuning muda kecoklatan  yang sangat menggoda selera untuk segera memakannya. ehhmm nyuuumi. sangat empuk dan lembut ketika digigit dimulut.

Kue bika ambon khas medan santan biasanya di jual dipasar dengan harga dua ribu rupiah hingga tiga ribu rupiah per kue. Jika dilihat harga cukup terjangkau ya, namun tak ada salahnya bila anda mencoba membuatnya sendiri driumah loh. selain lebih hemat, dengan membuatnya sendiri lebih terjamin akan kebersihannya.

Cara membuat kue bika ambon yang enak dan lembut tentu saja sangat mudah dan tidak sulit. dengan  meluangkan sedikit waktu dan sedikit kerja keras anda sudah dapat menikmati kue bika ambon original yang enak buatan sendiri dirumah. apalagi bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat kue bika ambon khas medan cukup terjangkau dan ekonomis. anda dapat mendapatkan bahan-bahan yang diperlukan di toko khusus bahan kue, pasar tradisonal atau tempat belanja lainnya yang terjangkau dari tepat tinggal anda .

Nah jika anda sudah mulai tertarik dengan resep kue bika ambon tetapi tidak tahu caranya membuatnya. mungkin anda dapat berbahagia karena kali ini saya akan membahas tuntas habis tentang kue bika ambon . dari bahan-bahan yang dibutuhkan beserta dengan cara membuatnya dengan mudah. selain itu juga kami akan membagikan beberpa Tips Cara Membuat Bika Ambon Agar hasilnya enak. lembut dan sukses. untuk lebih jelas, silahkan simak artikel resepnya dibawah ini.

Resep Kue Bika Ambon dan Cara Membuatnya


Resep Kue Bika Ambon dan Cara Membuatnya

Bahan Biang Kue Bika Ambon :

  • Tepung terigu 150 gram
  • Ragi instan 11 gram
  • Gula pasir 60 gram
  • Air hangat 250 mili liter

Bahan-bahan Kue Bika Ambon :

  • Santan 800 mili liter ( dari dua butir kelapa )
  • Tepung ketan 300 gram
  • Tepung sagu tani 100 gram
  • Kuning telur 20 butir
  • Putih telur 9 butir
  • Gula pasir 600 gram
  • Daun jeruk 6 lembar
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Secukupnya minyak untuk mengoles 

Cara Membuat Kue Bika Ambon Khas Medan Enak :

  1. Pertama-tama campur bahan biang yaitu terigu , ragi instan dan gula pasir dengan air , aduk hingga rata . letakkan di tempat yang hangat lalu sisihkan dan biarkan selama satu jam hingga adonan berbuih .
  2. Selanjutnya masak santan dan garam hingga agak berminyak dengan menggunakan api kecil . sisihkan kira-kira 500 mili liter dan biarkan sampai hangat kuku .
  3. Kocok telur dan gula hingga sedikit mengental , lalu masukkan campuran tepung ketan dan sagu dengan sedikit demi sedikit sambil di aduk hingga rata . kemudian masukkan santan , aduk rata . terakhir masukkan adonan biang yang sudah disiapkan tadi , aduk rata . lalu biarkan 1 1/2 jam di tempat hangat .
  4. Siapkan loyang muffin dengan minyak lalu panaskan ke dalam oven dengan suhu 150-160 derajat celcius .
  5. Tuangkan adonan hampir penuh ke dalam loyang , jangan di aduk lagi . lalu panggang hingga adonan naik dan timbul lubang-lubang kecil ( letakkan loyang di bagisn bawah ) . turunkan suhu oven , lalu panggang lagi hingga matang .
  6. Yang perlu di perhatikan pada saat memanggang jika bagian luar kue mulai terlihat berwarna kuning kecoklatan , pindahkan loyang ke bagian tengah . dan jika sudah selesai pindahkan ke loyang ke bagian atas , menggunakan api atas untuk membuat permukaan kue menjadi kuning kecokelatan . angkat kue , dinginkan baru kemudian keluarkan dari cetakan Selesai .

Tips Membuat Kue Bika Ambon :

  • Tips pertama sebaiknya gunakan santan dari kelapa segar untuk menghasilkan bika ambon yang empuk dan gurih .
  • Tips kedua diamkan adonan biang hingga benar-benar mengembang . gunakan ragi yang masih bagus agar biang untuk adonan bika bisa bekerja dengan maksimal .
  • Tips ketiga adonan jangan diaduk lagi saat menuang ke dalam cetakan , taburi dengan kacang almond atau dengan kenari jika suka .
  • Tips keempat panggang dengan pintu oven terbuka hingga permukaan adonan bergelembung lalu gunakan api atas dan tutup pintu oven bila serat kue telah terbentuk .
  • Tips kelima cara lain untuk pemanggangan bika ambon , dengan meletakan loyang bika di atas pasir panas dan panggang langsung di atas api kompor .

Selesai, nah itu dia resep dari kue bika ambon khas medan sumatera utara beserta tips mudah agar anda sukses dalam membuat bika ambon. silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Kue Bika Ambon Khas Medan Enak ini dirumah. buka juga info resep lainnya seperti Resep Kumpulan Kue Kering Lebaran Terbaru yang sayang bila anda lewarkan. terimaksih sudah membuka harianresep.blogspot.com, semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat. sekian :)

Advertisement