Resep Membuat Tape Ketan Putih Enak

Resep Membuat Tape Ketan Putih Enak - Bagi anda pecinta jajanan pasar siapa sih yang tak mengenal makanan atau camilan yang manis dan segar ini? Terbuat dari ketan putih, tape ketan atau pulut ini memang menjadi salah satu makanan atau cemilan vaforit bagi sebagian masyarakat luas. Tape ketan biasanya di olah dengan di bungkus dengan daun pisang dan tunggu beberapa malam untuk dapat menikmatinya. Harus ektra sabar memang dalam mengolah tape ketan, tapi waktu menunggu itu akan terbalaskan oleh hasil yang sangat enak, manis dan menyegarkan.

Tape ketan biasanya di hadirkan saat acara-acara tertu seperti sebagai hidangan cemilan saat hajatan, acara pesta, syukuran, arisan atau acara-acara special lainnya. Rasa yang manis dan asem yang dihadirkan oleh tape ketan memang sangat unik. Tapi rasa yang unik itu yang membuat tape ketan ini di cari oleh berbagai masyarakat luas. Saya juga penggemar tape ketan, jika ada yang hajatan pasti yang saya cari adalah tape ketan.

Tapi masa iya sih mau makan tape ketan harus nunggu ada yang hajatan dulu? hehehe sedih amat yaa. Walau pun dipasar tradisional sekarang juga ada beberapa pedagang yang menjual tape ketan, tetapi tidak ada salahnya loh kalau membuat tape ketan sendiri dirumah. Hhmm gimana rasanya yah? tentunya akan lebih enak dan menyenangkan bukan? Apalagi di buat dengan tangan sendiri pastinya hasilnya pun akan sangat nikmat.

Keluarga pasti akan senang menikmati tape ketan atau pulut yang anda buat dirumah. Anda dapat menikmati tape ketan bersama keluarga saat nonton tv, acara keluarga atau saat berkumpul dengan sanak saudara yang mampir kerumah anda. Apa lagi jika anda punya suami atau calon mertua yang sangat menyukai tape ketan, jangan sampai anda tidak jadi mantunya gara-gara tidak bisa membuat tape ketan hehee.

Nah untuk anda yang mulai tertarik dengan tape ketan dan ingin membuatnya dirumah, tapi tidak tahu cara membuatnya. Mungkin anda dapat berbahagia , karena kali ini saya akan membahas habis tentang tape ketan. Dari bahan-bahan yang dibutuhkan beserta cara membuatnya dengan cukup mudah dirumah. Untuk lebih jelasnya dari bahan-bahan dan cara membuatnya silahkan lihat bahan-bahan dan cara membuatnya dibawah ini .

Resep Membuat Tape Ketan Putih Enak

Resep Membuat Tape Ketan Putih Enak
Resep dan Picture Resep Tape Ketan Putih Pandan


Bahan Tape Ketan Putih :

  • Beras ketan putih 500 gram
  • Ragi tape 1/2 keping
  • Gula pasir 1 sendok makan
  • Daun pandan 2 lembar
  • Air panas secukupnya
  • Daun pisang secukupnya (digunakan untuk membungkus tape ketan putih)

Cara Membuat Tape Ketan Putih Pandan :

  1. Langkah awal cuci bersih beras ketan sampai benar-benar bersih. Menurut saya artian bersih itu silahkan cuci sampai air bilasannya bening. Kemudian rendam beras ketan dengan air bersih semalaman. Kurang lebih selama 8 jam.
  2. Cuci rendaman beras ketan, lalu kukus bersama daun pandan yang disimpulkan kurang lebih selama 15-20 menit.
  3. Angkat dan pindahkan ke dalam baskom kemudian tuang segelas air mendidih dan aduk sampai air terserap semua.
  4. Kukus kembali ketan selama 30 menit.
  5. Angkat dan pindahkan dalam nampan, tunggu sampai benar-benar dingin. Sembari menunggu bisa sambil menghaluskan 1/2 keping ragi tape.
  6. Setelah ketan dingin, taburkan ragi rape dan gula sampai merata. Kemudian simpan dalam tempat yang tertutup. (kalau saya bungkus dengan daun pisang, kemudian masukkan ke dalam plastik, dan masukkan ke dalam toples bersih). Tunggu sampai 3 hari, jika tape sudah mengeluarkan air tandanya tape sudah matang dan siap dikonsumsi. 
  7. Tape ketan bisa di makan begitu saja, dijadikan bolu tape, cake tape, es tape atau campuran di es campur. Mantap!

Tips Sukses Membuat Tape Ketan Putih Pandan :

  1. Saat mencuci ketan harus benar-benar bersih dan lebih baik menggunakan air mengalir saat mencucinya. 
  2. Dan seluruh peralatan yang digunakan juga harus bersih dan bebas dari minyak ataupun garam. 


Nah itu dia bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan tape ketan beserta cara pembuatannya, cukup mudah bukan? Silahkan mencoba dan berkreasi dengan Resep Membuat Tape Ketan Putih Enak ini. Buka juga informasi resep camilan lainnya seperti Resep Membuat Lumpia Goreng Enak Special Renyah yang wajib anda coba juga dirumah.

Terimakasih sudah membuka blog ini , semoga resep-resep yang saya bagikan bermanfaat, sekian :)

Advertisement