Resep Membuat Ayam Goreng Mentega Lezat

Resep Membuat Ayam Goreng Mentega Lezat - Selamat pagi bunda-bunda cantik , sudah masak apa hari ini ? belum ? wah kebetulan sekali karena kali ini kami Harian Resep akan membagikan salah satu menu masakan nusantara yang cukup terkenal dan populer di indonesia . menggunakan bahan dasar ayam segar yang terkenal dengan sebutan nama ayam goreng mentega ini memang sudah tidak asing lagi diberbagai kalangan masyarakat luas . semua tentunya menyukai ayam goreng mentega .

Menggunakan ayam yang segar dan rempah-rempah alami membuat ayam goreng mentega sangat cocok jika dihidangkan sebagai menu special dirumah . apa lagi bulan puasa seperti ini , bunda dapat membuat ayam goreng mentega sebagai menu spesial berbuka puasa atau menu sahur . jika bunda ingin menyajikan ayam goreng mentega sebagai menu sahur , bunda dapat meracik terlebih dahulu bumbu dan bahan-bahan yang digunakan lalu di masukkan ke dalam lemari es . agar lebih praktsi dalam menyajikan nya saat dimasak sahur .

Atau bunda dapat juga membuatnya sore hari nah ketika sahur tiba bunda tinggal menumisnya sebentar agar ayam goreng menteganya menjadi hangat . heemm sudah deh , menu yang special tapi mudah praktis lezat dan sangat enak jika dihidangkan saat sahur nya siap dinikmati . dengan menghadirkan menu yang special juga menjadi salah satu trik praktis untuk keluarga dirumah agar lebih semangat lagi dalam berpuasa loh bun . jadi tidak ada salahnya jika bunda membuat ayam goreng mentega ini dirumah .

Selain mudah dalam pembuatannya , bahan-bahan yang digunakan sendiri juga cukup mudah di dapat dan terjangkau loh bun . bunda hanya memerlukan bahan dasar ayam segar dan bumbu yang kami yakin sudah tersedia didapur bunda . bumbu lainnya antara lain seperti jahe , merica , bawang bombay , kecap dan lain sebagainya . jika ada salah satu bahan yang tidak tersedia didapur bunda , bunda dapat membelinya terlebih dahulu di pasar tradisional atau di tempat belanja lainnya yang terjangkau dari tempat bunda .

Jika sebelumnya bunda sudah mencoba resep masakan yang kami bagikan seperti ayam goreng KFC , ayam kecap , rica-rica ayam , soto ayam dan lainnya . kali ini bunda juga harus mencoba resep ayam goreng mentega yang kami bagikan . bumbu yang khas dan pas cukup enak dan lezat untuk dihadirkan sebagai menu special dirumah . tidak percaya ? yasudah silahkan catat atau langsung praktek dengan resep membuat ayam goreng mentega nya dibawah ini .

Resep Membuat Ayam Goreng Mentega Lezat

Resep Membuat Ayam Goreng Mentega Lezat

Bahan Dan Bumbu Ayam Goreng Mentega Lezat :

  • Daging ayam 1/2 kilo gram ( menjadi 8 bagian atau menurut selera )
  • Garam 1 sendok teh
  • Merica bubuk 1/2 sendok teh
  • Secukupnya larutan air asam jawa
  • Jahe 1 ruas jari ( dirajak halus )
  • Bawang bombay 1 buah
  • Jeruk nipis 1/2 buah
  • Kecap asin 1 sendok teh
  • Kecap inggris 4 sendok makan
  • Kecap manis 3 sendok makan
  • Saus sambal 2 sendok makan
  • Saus tiram 2 sendok makan
  • Merica dan garam 1/2 sendok teh ( bila perlu )
  • Air 100 mili liter
  • Margarine 4 sendok makan
  • Secukupnya minyak goreng

Cara Membuat Ayam Goreng Mentega Lezat :

  1. Pertama-tama lumuri daging ayam dengan garam , merica dan air asam jawa lalu diamkan selama kurang lebih tiga puluh menit . kemudian goreng dalam minyak panas hingga matang kecoklatan , lalu tiriskan .
  2. Setelah itu tumis bawang bombay dengan margarine sampai layu dan wangi . lalu masukkan jahe , jeruk nipis , kecap asin , kecap inggris , kecap manis , saus sambal , saus tiram , kemudian aduk-aduk hingga rata lalu beri air .
  3. Terakhir masukkan daging ayam goreng , tambahkan merica dan garam bila diperlukan lalu aduk kembali hingga rata . masak sampai kuahnya menyusut dan daging rata dengan bumbu . angkat setelah matang dan sajika dipiring saji .

Selesai , rasa yang khas bumbu yang alami dan segar sangat cocok dihidangkan untuk keluarga tercinta . silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Ayam Goreng Mentega Lezat ini dirumah . buka juga informasi resep masakan lainnya seperti Resep Membuat Hidangan Sahur Enak Dan Praktis yang wajib juga untuk anda coba membuatnya dirumah . terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk bunda-bunda dirumah . sekian :)

Advertisement