Resep Membuat Nasi Uduk Khas Betawi Enak

Resep Membuat Nasi Uduk Khas Betawi Enak - Hidangan lezat hadir lagi diindonesia , hidangan yang cukup populer di kota jakarta ini memang terkenal mempunyai rasa yang gurih dan nikmat . berbahan dasar beras yang di olah dengan bumbu pilihan memang menjadi vaforit di masyarakat luas . bernama nasi uduk , nasi yang memiliki rasa khas ini memang berasal dari kota jakarta khas betawi . wangi , enak dan gurih mungkin itu kata-kata yang ada dalam fikiran anda saat mendengar nasi uduk .

Nasi uduk memang sudah sangat populer di masyarakat indonesia , dari anak kecil hingga orang dewasa mereka tidak pernah ingin ketinggalan menikmati rasa yang dihadirkan oleh nasi uduk . karena kegemaran masyarakat indonesia akan nasi uduk , maka banyak orang juga yang mengolah nasi uduk sebagai ladang rejekinya . jadi anda jangan heran lagi jika menemui penjual nasi uduk dimana-dimana . biasanya penjual menjajakan jualannya di pusat keramaian atau di tenda kaki lima yang biasanya mereka mangkal .

Namun nasi uduk kini juga hadir di cafe-cafe , warung makan atau restauran . bahkan ada salah satu retauran yang menjadikan nasi uduk sebagai menu andalannya . para pedagang pun saling berlomba-lomba menghadirkan bentuk dan aneka variasi dalam penyajian nasi uduk yang mereka jajakan agar lebih menarik dan makyus . nasi uduk khas betawi biasanya di hadirkan bersama bahan-bahan pelengkap seperti orek tempe , bihun , dan aneka macam variasi lainnya .

Nasi uduk sangat nikmat jika disantap saat pagi hari untuk sarapan sebelum memulai beraktifitas . namun tak sedikit juga yang menghadirkan nasi uduk dalam acara-acara tertentu . seperti arisan keluarga , acara ulang tahun , acara pernikahan atau selametan . karena selain nasi kuning , nasi uduk juga tak kalah nikmat nya jika dihadirkan saat acara-acara tertentu sehingga banyak juga yang lebih memilih menghadirkan nasi uduk didalam acara nya .

Walaupun demikian tapi tidak ada salahnya jika anda membuat nasi uduk khas betawi ini dirumah sebagai menu selingan atau menu vaforit keluarga anda . tidak ada salahnya bukan memanjakan lidah orang-orang yang kita cintai ? bagaimana , anda ingin membuat nasi uduk sendiri dirumah tapi tidak tahu caranya ? kalau begitu anda tepat sekali membuka resep ini karena saya akan membahas tuntas dari bahan-bahan dan cara pembuatan nasi uduk yang cukup mudah seperti yang dibawah ini .

Resep Membuat Nasi Uduk Khas Betawi Enak

Resep Membuat Nasi Uduk Khas Betawi Enak

Bahan-bahan Nasi Uduk Khas Betawi Enak :

  • Beras 1 liter ( dicuci bersih )
  • Santan kental 700 mili liter 
  • Daun pandan 2 lembar ( disobek-sobek , lalu di ikat )
  • Sereh 1 batang
  • Daun salam 2 lembar
  • Ketumbar bubuk 1 sendok teh
  • Garam 2 sendok makan 

Bahan-bahan Pelengkap Nasi Uduk Khas Betawi Enak :

  • Ayam goreng
  • Telur dadar suir
  • Perkedel kentang
  • Kacang tanah digoreng
  • Bihun yang dimasak biasa
  • Kering tempe
  • Teri ( digoreng )
  • Bawang merah goreng ( sebagai taburan )
  • Emping goreng
  • Lalaban ( seperti mentimun , tomat , dll )
  • Sambal kacang atau sambal lainnya menurut selera 

Cara Membuat Nasi Uduk Khas Betawi Enak :

  1. Pertama-tama yang anda harus lakukan andalah didihkan beras bersama santan kental , daun pandan , sereh , ketumbar bubuk , garam dan daun salam secara bersama-sama . masak dengan api sedang , kemudian aduk-aduk hingga merata .
  2. Selanjutnya angkat nasi jika sudah menjadi aron atau setengah matang dan santan sudah benar-benar meresap .
  3. Kemudian kukus nasi ke dandang selama tiga puluh menit , jika sudah matang kemudian angkat , sisihkan .
  4. Cara Penyajian : Pertama cetak nasi uduk ditengah-tengah piring , lalu beri bahan-bahan pelengkap di atas disisi nasi uduk lalu taburi bawang merah goreng diatas nya sebagai taburan . lalu beri sambal kacang atau sambal lainnya menurut selera dan beri emping atau kerupuk agar lebih lezat nikmat .

Nah itulah bahan-bahan dan cara pembuatan nasi uduk khas betawi nya , cukup mudah bukan ? anda dapat mencari bahan-bahan yang dibutuhkan dipasar tradisional atau ditempat belanja lainnya yang terjangkau dari tempat tinggal anda . silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Nasi Uduk Khas Betawi Enak ini dirumah . buka juga informasi resep masakan lainnya seperti Resep Membuat Menu Buka Puasa Enak Sehat PraktisResep Nasi Liwet Teri khas Sunda Gurih , Resep Membuat Nasi Bakar Special Enak , Resep Membuat Ikan Gurami Goreng Sambal Pecak yang wajib anda coba dirumah . terimakasih sudah membuka blog ini , semoga resep-resep yang saya bagikan dalam blog ini bermanfaat untuk anda dirumah . sekian :)

Advertisement