Resep Membuat Cakwe Medan Dan Saus Asli Makyus

Resep Membuat Cakwe Medan Dan Saus Asli Makyus - Cakwe adalah salah satu makanan atau camilan yang merupakan camilan tradisonal tionghoa yang memiliki rasa yang enak dan lezat . selain terkenal dengan nama cakwe , cakwe sendiri juga sering disebut dengan nama cakue atau cakoi . rasa cakwe , cakue atau cukoi yang enak lezat membuat salah satu makanan khas tionghoa ini memiliki banyak penggemar . dari anak kecil hingga orang dewasa tentunya mereka menyukai cakwe .

Cakwe , cakue atau cakoi yang memiliki rasa enak dan gurih ini selain terkenal khas dari kota medan , ternyata dikota bandung cakue sendiri juga sangat terkenal dan digemari masyarakat luas . biasanya cakwe di nikmati saat bersantai atau sebagai teman berkumpul saat ngeteh atau ngopi . namun selain menajadi salah satu camilan yang enak , cakwe juga sangat enak jika dinikmati dengan bubur ayam . sehingga terkadang banyak pedagang bubur ayam yang menyajikan cakwe juga dalam penyajian bubur ayam yang mereka jual .

Cakwe , cakue atau cakoi yang memiliki rasa enak dan lezat ini memang begitu mudah dijumpai dimana-dimana . dari pedagang yang berjualan di pasar tradisonal , pedagang kaki lima yang suka mangkal dimana-dimana atau dikedai cakwe sekelas caffe yang sangat asyik untuk tempat berkumpul . harga yang ditawarkan sebuah cakwe juga dapat dibilang cukup murah dan ekonomis . karena dengan lima ribu rupiah hingga sepuluh ribu rupiah saja kita sudah dapat menikmati lezat nya cakwe .

Cakwe , cakue atau cakoi khas medan biasanya dinikmati dengan saus sambal botol yang pedas . namun anda dapat juga membuat saus cakwe sendiri dirumah agar terasa lebih sedap dan makyus . nah apakah anda sudah mulai tertarik untuk membuat cakwe sendiri dirumah ? jika anda berfikir membuat cakwe khas medan dan saus nya itu sulit , berarti anda salah . kerena dalam pembuatan cakwe dan saus cakwe sendiri sangat lah mudah dan tidak sulit . 

Anda hanya memerlukan sedikit kerja keras dan sedikit waktu saja untuk membuat cakwe . bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat cakwe dan saus juga sangat mudah didapat dan terjangkau . Anda dapat mencari bahan-bahan yang dibutuhkan dipasar tradisonal atau di tempat belanja lainnya yang terjangkau dari tempat tinggal anda . so , untuk anda yang ingin membuat cakwe sendiri namun tidak tahu bahan-bahan dan cara pembuatannya silahkan anda simak , catat atau praktek langsung dengan resep cakwe dan saus yang Harian Resep Bagikan dibawah ini .

Resep Membuat Cakwe Medan Dan Saus Asli Makyus

Resep Membuat Cakwe Medan Dan Saus Asli Makyus

Bahan-bahan Cakwe Medan Dan Saus Asli Makyus :

  • Tepung terigu protein sedang 500 gram
  • Garam 2 sendok makan
  • Soda kue 2 sendok teh
  • Backing powder 1 sendok teh
  • Minyak goreng untuk menggoreng 

Cara Membuat Cakwe Medan Dan Saus Asli Makyus :

  1. Pertama-tama siapkan wadah untuk mencampur terigu , backing powder , garam , backing soda lalu aduk hingga rata .
  2. Setelah itu masukkan sedikit demi sedikit air sambil terus diaduk sampai 20 menit .
  3. Uleni terus adonan sampai adonan kalis dan tidak menemel lagi pada tangan dan elastis .
  4. Selanjutnya balik permukaan adonan kemudian baerikan sedikit minyak goreng lal diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam .
  5. Setelah adonan didiamkan 1 jam , adonan akan disimpan kembali selama kurang lebih 4 jam dengan dibungkus dengan plastik .
  6. Adonan yang selesai diistirahatkan , akan siap untuk dibentuk .
  7. Keluarkan adonan dari plastik lalu tempatkan pada talenan yang lebar , pipiskan adonan dengan menggunakan rol kue lalu bentuk persegi panjang dengan lebar 6 centi meter dan tebal 15 mili meter atau sesuai selera .
  8. Potong-potong adonan menjadi bagian lebih kecil menurut selera , lalu ambil dua bagian adonan yang telah dipotong dan rekatkan menjadi satu namun dengan ukuran yang sama . lakukan terus sampai adonan habis dan adonan cakwe siap untuk di goreng .
  9. Panaskan minyak goreng pada wajan dengan menggunakan api sedang , dan perhatikan saat menggoreng cakwe adalah tarik kedua bagian ujungnya perlahan namun jangan sampai putus , sehingga dapat mendapatkan bentuk yang bagus dan menarik , lalu goreng .
  10. Dalam proses penggorengan cakwe akan mengembang dan setelah warna telah berubah warna menjadi kecoklatan , angkat lalu tiriskan .

Bahan-bahan Saus Cakwe Medan Asli Makyus :

  • Cabai keriting 5 buah
  • Cabai rawit 1 buah ( dapat disesuaikan menurut selera )
  • Bawang putih 2 siung
  • Tepung maizena 2 sendok makan
  • Air matang 300 mili liter
  • Garam 2 sendok teh ( dapat disesuaikan menurut selera )
  • Gula 2 sendok teh ( dapat disesuaikan menurut selera )
  • Cuka secukupnya ( dapat disesuaikan menurut selera )
  • Buah nanas dan paprika ( dapat disesuaikan menurut selera ) jika ada ( optional )

Cara Membuat Saus Cakwe Medan Asli Makyus :

  1. Pertama-tama haluskan bumbu seperti cabai keriting , cabai rawit dan bawang putih . 
  2. Pindahkan bumbu halus kedalam wadah lalu campurkan dengan tepung maizena , air , gula dan garam lalu diaduk hingga rata .
  3. Masak adonan dengan menggunakan api yang sedang sampai mendidih . masukan potongan nanas dan paprika nya jika anda , aduk rata lalu angkat jika dirasa sudah matang . 
  4. Cicipi saus cakwe , silahkan tambahkan bumbu lainnya jika dirasa ada yang kurang .
  5. Terakhir hidangkan saus dengn cakwe goreng selagi hangat agar lebih enak dan makyus .

Selesai , tingkat kesulitan untuk resep cakwe , cakue atau cakoi ini terletak pada pembuatan adonan sampai kalis . untuk itu anda perlu memperhatikan sekali saat pemberiaan air ketika menuangkannya pada tepung terigunya . nah silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Cakwe Medan Dan Saus Asli Makyus ini dirumah . buka juga informasi resep-resep camilan lainnya yang tidak kalah enak dengan cakwe seperti Resep Membuat Asinan Buah Khas Bogor Asli Segar yang wajib untuk anda coba membuatnya juga dirumah . semoga bermanfaat , sekian :)

Advertisement