Resep Membuat Kue Mata Roda Uenak Tenan

Resep Membuat Kue Mata Roda Uenak Tenan - Kue mata roda adalah salah satu kue yang menggunakan bahan dasar singkong . terbuat dari singkong parut yang disi dengan buah pisang , kemudian dibentuk seperti menyerupai lontong lalu dimasak dengan di kukus . memiliki rasa yang enak , kenyal , gurih dan sangat harum khas aroma dari pisang ini memang sangat uenak dan nikmat . anda dapat menggunakan pisang sebagai isian menurut selera , namun lebih baik menggunakan pisang raja yang benar-benar matang dan wangi , agar lebih makyus .

Disajikan dengan dipotong-potong bulat menyerupai rota , kue kaca mata atau mata sapi ini membuat kue yang terbuat dari singkong ini terkenal dengan sebutan kue mata roda , kue kaca mata atau kue mata sapi . namun ditempat tinggal saya sih sangat terkenal dengan kue mata roda , mungkin karena bentuk nya sperti roda ? hhihi . kue mata roda ini memang merupakan jajanan tradisonal indonesia yang mempunyai banyak penggemar . dari anak kecil hingga orang dewasa tentunya menyukai kue mata roda .

Perpaduan enak , manis dari pisang memang sangat nikmat jika disajikan beserta dengan parutan kelapa nya . sangat cocok dan lezat makyus jika disajikan sebagai camilan dipagi hari untuk teman teh manis atau kopi . kue mata roda sendiri memang salah satu jajanan pasar tradisonal , namun karena banyak nya penyuka akan kue mata roda . kue mata roda pun sekarang mulai tren dan terkenal di toko-toko kue yang berada di mall atau ditempat belanja lainnya .

Kue mata roda selain enak dan lezat , kue mata roda juga memiliki warna yang cantik . dari warna merah , hijau , kuning atau oryginal putih kekuning-kuningan . biasanya pembuat memakai pewarna makanan yang sehat untuk menarik pembeli agar lebih terlihat cantik dan menarik . namun jika anda tidak suka , anda dapat membuatnya sendiri dirumah dengan warna oryginal saja tanpa pewarna makanan .

Nah untuk anda dirumah yang ingin membuat kue mata roda namun tidak tahu bahan-bahan dan cara pembuatannya . mungkin anda dapat berbahagia , karena kali ini Harian Resep akan membahas tuntas tentang kue mata roda . dari bahan-bahan yang dibutuhkan beserta dengan cara pembuatannya yang mudah dan dapat dibilang praktis . bahan-bahan yang dibutuhkan juga sangat mudah di dapat dan terjangkau , untuk lebih jelas nya silahkan simak artikel resep kue mata roda nya dibawah ini .

Resep Membuat Kue Mata Roda Uenak Tenan

Resep Membuat Kue Mata Roda Uenak Tenan

Bahan-bahan Kue Mata Roda Eunak Tenan :

  • Singkong parut 300 gram
  • Pisang raja yang matang 4 buah ( bisa juga menggunakan pisang kepok atau tanduk )
  • Gula pasir 60 gram ( atau dapat menurut selera )
  • Garam 1/4 sendok teh
  • Kelapa parut 50 gram dan sedikit garam agar terasa gurih ( aduk rata lalu kukus untuk taburan )
  • Vanili 1/4 sendok teh dan pewarna makanan sesuai selera ( merah , kuning , hijau )
  • Secukupnya daun pisang ( digunakan untuk membungkus )

Cara Membuat Kue Mata Roda Eunak Tenan :

  1. Pertama-tama aduk singkong parut dengan gula , vanili , pewarna makanan dan garam sampai benar-benar merata .
  2. Setelah itu siapkan 2 lembar daun pisang , kemudian taruh adonan diatas nya .
  3. Ratakan adonan , lalu isi dengan pisang utuh , kemudian bungkus seperti lontong , rapih .
  4. Kukus selama kurang lebih tiga puluh menit atau sampai matang rata .
  5. Terakhir potong-potong bulat dua sampai tiga centi meter atau menurut selera , sajikan dengan ditaburi dengan kelapa parut .

Selesai , kue mata roda yang enak dan lezat siap untuk dinikmati sebagai camilan yang enak dipagi hari . silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Kue Mata Roda Uenak Tenan ini dirumah . Buka juga informasi resep-resep lainnya seperti Resep Membuat Kue Serabi Bandung Manis Special Kuah Kincai yang wajib untuk anda coba membuatnya juga dirumah . terimakasih sudah membuka Harian Resep semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat . sekian :)

Advertisement