Resep Membuat Rengginang Enak Renyah Makyus

Resep Membuat Rengginang Enak Renyah Makyus - Kue kering rengginang atau kerupuk rengginang adalah salah satu camilan yang terbuat dari beras ketan . rasa yang enak gurih dan renyah dari rengginang memang sangat khas . kue kering rengginang atau kerupuk rengginang ini memang termasuk kue kampung yang cukup diminati oleh masyarakat luas . rasa yang enak , gurih , renyah dan lezat mungkin itu salah satu gambaran untuk kue kering rengginang atau kerupuk rengginang .

Bagi anda yang tinggal di daerah jawa dan sekitarnya tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan kue kering rengginang atau kerupuk rengginang ini bukan ? yah rasa yang khas dari kerupuk rengginang memang begitu nikmat untuk dinikmati . anda dapat menikmati kue kering rengginang atau kerupuk rengginang ini saat berkumpul atau bersantai bersama keluarga . seperti saat nonton tv , kue kering rengginang atau kerupuk rengginang ini akan menjadi teman yang asyik saat nonton tv .

Kue kering rengginang atau kerupuk rengginang saat ini memang cukup sulit untuk ditemui . mungkin karena terlalu banyaknya aneka kreasi camilan yang baru dan tren saat ini membuat kue kering rengginang atau kerupuk rengginang sedikit ditinggalkan . padahal rasa yang enak , gurih dan renyah dari rengginang tidak kalah dengan camilan yang saat ini sedang tren saat ini loh . namun lain cerita tentang kue kering rengginang atau kue kering rengginang dikampung ku bun .

Karena kue kering rengginang atau kerupuk rengginang ini masih mudah ditemui saat acara-acara tertentu . seperti pada saat acara hajatan , anda pastinya tahu kan acara hajatan itu apa ? yah betul sekali , acara hajatan itu adalah acara pernikahan atau acara khitanan . dalam acara hajatan biasanya kue kering rengginang atau kerupuk rengginang selalu ada dan wajib untuk disediakan di meja tamu sebagai salah satu hidangan camilan tamu .

Selain jenang atau dodol , kue kering rengginang atau kerupuk rengginang memang wajib harus ada dalam acara tersebut . entah apa alasannya , tapi memang harus ada , hhm mungkin warisan nene moyang kali yah ? hihihihii . nah untuk anda yang penasaran akan rasa enak , gurih dan renyah nya rengginang dan ingin membuatnya namun tidak tahu cara nya . silahkan simak , catat atau praktek langsung dengan Resep Membuat Rengginang Enak Renyah Makyus nya dibawah ini .

Resep Membuat Rengginang Enak Renyah Makyus 

Resep Membuat Rengginang Enak Renyah Makyus

Bahan-bahan Rengginang Enak :

  • 800 gram beras ketan
  • 5 butir bawang outih ( dihaluskan )
  • 1 sendok teh terasi
  • 1 sendok teh garam
  • 300 mili liter air

ALat Yang Digunakan :

  • Cetakan berukuran bundar yang berdiameter 4 centi meter 

Cara Membuat Rengginang Enak :

  1. Pertama-tama beras ketan direndam didalam air selama kurang lebih tiga jam . setelah itu kukus dalam dandang sampai ketan setengah matang .
  2. Kemudian didihkan 300 mili liter air , tambahkan bawang putih , garam dan terasi . jangan lupa sambil diaduk-aduk sampai larut . masukkan ketan lalu masak hingga airnya berkurang dan asat ( habis ) . jika ingin ketannya berwarna warni tetesin pewarna makanan menurut selera .
  3. Selanjutnya pindahkan ketan yang sudah diberi bumbu tadi kedalam sebuah dandang . kukus selama kurang lebih 25 menit sampai matang . setelah matang , angkat lalu keluarkan .
  4. Selagi masih panas , ketan dicetak kedalam sebuah cetakan yang sudah disiapkan tadi . setelah semuanya selesai kemudian jemur diterik sinar matahari hingga  mengering .
  5. Setelah proses pengeringan , langkah selanjutnya adalah ketan sudah siap untuk digoreng bun . bunda siapkan terlebih dahulu minyak gorengnya , paanskan .
  6. Goreng hingga rengginang mekar dan matang kriuk renyah . angkat , dan ulangi hingga semua selesai digoreng .
  7. Rengginang enak dan renyah pun siap untuk disajikan .

Selesai , nah itu dia bahan-bahan dan proses dalam pembuatan kue kering rengginang atau kerupuk rengginang nya , cukup mudah bukan ? silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Rengginang Enak Renyah Makyus nya dirumah yah . buka juga informasi resep camilan lainnya seperti Resep Mmebuat Emping Melinjo Pedas Manis Enak Mudah yang patut untuk anda coba membuatnya juga dirumah . terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat . sekian :)

Advertisement