Resep Membuat Sambal Goreng Pete Special Enak Udang

Resep Membuat Sambal Goreng Pete Special Enak Udang - Berbicara tentang sambal goreng memang tidak akan pernah habis nya . karena begitu banyak kreasi masakan yang enak dengan sambal goreng . jika sebelumnya kami menghadirkan sambal goreng Ati pete , sambal goreng terong , sambal goreng ati sapi kentang pete , sambal goreng telur puyuh dan lain sebagainya . berbeda lagi dengan sambal goreng yang Harian Resep Kali ini akan bagikan .

Jika dalam menu masakan sebelumnya pete adalah salah satu bahan tambahan dalam masakan sambal goreng yang kami sebutkan diatas . pada kesempatan kali ini pete sendiri lah yang akan menjadi bahan utama dalam pembuatan sambal goreng kali ini . sehingga sambal goreng yang enak dan lezat ini dikenal dengan sambal goreng pete . hhm , nyumi , apakah anda salah satu orang yang suka sambal pete ?

Pete sendiri memang dikenal dengan baunya yang cukup tidak sedap . namun bagi sebagian orang pete adalah salah satu makanan pendamping yang sangat menggugah selera . apa lagi jika dikreasi atau dicampurkan dengan sambal , tentunya akan semakin menambah nabsu selera makan anda . jadi tidak heran lagi walaupun pete mempunyai bau yang sedikit menyengat , pete tetap sjaa digemari dan kerap dihidangkan dalam berbagai macam masakan sebagai bahan tambahan .

Sambal pete atau sambal goreng pete sendiri memang dapat ditemui dimana saja . namun sambal goreng pete biasanya sangat mudah ditemui dirumah makan sunda . jadi untuk anda warga sunda tentunya anda sudah tidak asing lagi bukan akan sambal goreng pete ini ? untuk anda yang bukan orang sunda coba saja anda berkunjung ke warung makan sunda , tentunya anda akan menemui daftar masakan sambal goreng pete ini . 

Sambal goreng petai biasanya dihidangkan bersama nasi hangat , pepes , ikan atau ayam bakar , gorengan atau menu masakan lainnya . memiliki rasa yang enak , pedas dan nikmat membuat sambal goreng pete sangat enak dan lezat jika dihidangkan dengan menu masakan apapun . nah apakah anda mulai penasaran akan sambal goreng pete ? jika iya , silahkan anda mencari bahan-bahan yang dibutuhkan dan ikuti saja cara pembuatan sambal goreng pete ala Harian Resep nya seperti dibawah ini .

Resep Membuat Sambal Goreng Pete Special Enak Udang

Resep Membuat Sambal Goreng Pete Special Enak Udang

Bahan-bahan Sambal Goreng Pete Special Enak Udang :

  • 3 papan pete ( dikupas kulitnya lalu dibelah menjadi dua )
  • 100 mili liter air
  • 1 sendok makan terasi
  • Secukupnya garam dan gula
  • Secukupnya minyak goreng ( digunakan untuk menumis )

Bumbu Halus Sambal Goreng Pete Special Enak Udang :

  • 7 buah cabai merah besar
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 6 buah cabai rawit merah
  • 5 butir kemiri
  • 6 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih

Cara Membuat Sambal Goreng Pete Special Enak Udang :

  1. Pertama-tama panaskan minyak goreng , tumis bumbu halus sampai wangi . masukkan pete lalu masak sambil terus di aduk-aduk .
  2. Kemudian tambahkan garam , gula dan terasi lalu tuang air dan aduk hingga rata . masak hingga mengental dan matang .
  3. Angkat , lalu sajikan dipiring saji untuk segera dihidangkan .

Saat menikmati pete terkadang ada saja orang yang menyukai pete jika aromanya tidak terlalu menusuk . jika anda salah satu orang tersebut , anda dapat merebus petenya terlebih dahulu . atau anda juga dapat menggoreng pete tersebut lebih lama lagi dengan menggunakan api kecil agar bau pete nya tidak terlalu menusuk . karena proses pemasakan yang lama pada pete dapat mengurangi kekuatan aroma pete tersebut .

Nah jika anda suka dengan udang atau ikan teri , anda juga dapat menambahkan salah satu dari kedua bahan tersebut ke dalam sambal goreng pete ini . karena sambel goreng pete akan semakin gurih dan kaya rasa jika dikombinasikan dengan udang atau ikan teri . cara mengkombinasikannya juga sangat mudah , anda cukup goreng udang atau ikan teri tersebut hingga setengah matang saja . jika sudah setengah matang anda dapat masukkan berbarengan bersama pete yang akan anda masukkan ke sambal . 

Masak dengan menggunakan api yang kecil agar citarasa udang atau ikan teri tersebut tercampur dengan bumbu atau sambal nya . bagaimana , sangat mudah dan praktis bukan ? sebenarkan masih banyak sekali cara untuk mengkreasikan sambal goreng pete ini . so , silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Sambal Goreng Pete Special Enak Udang ini dirumah . buka juga informasi resep aneka sambal lainnya seperti Resep Membuat Sambal Goreng Ati Kentang Enak , Resep Aneka Sambal Enak Pedas yang patut untuk anda coba membuatnya juga dirumah . semoga bermanfaat ,sekian :)

Advertisement