Resep Membuat Sate Ayam Bumbu Kacang Khas Madura Sedap

Resep Membuat Sate Ayam Bumbu Kacang Khas Madura Sedap - Kota madura adalah salah satu pulau kecil diindonesia yang dekat bahkan hampir bergabung dengan pulau jawa . kota madura lebih cenderung masuk ke dalam daerah atau provinsi jawa timur . saat kita berbicara kota madura tentunya anda akan langsung terlintas akan gaya bahasa madura yang dapat dibilang cukup unik dan menarik . namun selain bahasanya yang sangat terkenal diindonesia , dikota madura sendiri juga ada salah satu kulinernya yang sangat terkenal dimasyarakat luas yaitu sate ayam madura .

Ngomong-ngomong soal sate , apakah anda salah satu penggemar sate madura ini ? jika anda penggembar dari sate tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan rasa khas yang terdapat pada sate madura bukan ? sate madura memang memiliki bentuk dan penyajian yang sama seperti pada sate-sate lain pada umumnya . yaitu daging yang di potong kecil-kecil lalu ditusuk dengan tusuk sate lalu dibakar dan disajikan dengan bumbu kacang atau bumbu kecap .

Namun disini yang membuat sate madura berbeda dengan sate-sate lainnya adalah terdapat perbedaan dalam bumbu kacangnya . memakai bumbu yang khas dan masih fres membuat bumbu kacang sate madura memiliki rasa yang enak dan gurih . apa lagi memakai rempah-rempah air jeruk yang masih segar sehingga menciptakan bumbu kacang yang enak dan segar pula . rasa enak dan gurih nikmat nya sangat pas dan tidak membuat perut eneg atau mual .

Memang banyak sekali aneka dan kreasi sate-sate yang dijual diseluruh wilayah indonesia . namun begitu enak dan lezat nya sate ayam madura ini membuat sate ayam madura sangat diminati oleh masyarakat sehingga memiliki banyak penggemar . sate ayam bumbu khas madura asli sedap ini biasa nya disajikan dengan ketupat atau lontong yang dipotong-potong lalu diberi perasan air jeruk diatas agar lebih segar . namun selain ketupat atau lontong sate ayam madura sendiri juga sangat enak jika disajikan dengan nasi putih dan masakan lainnya .

Seperti pada nasi goreng sate , nasi uduk sate , nasi kuning sate atau lain sebagainya menurut selera . sate madura sendiri memang dapat dibilang makanan yang cukup ekonomis . karena dengan lima belas ribu sampai dua puluh lima ribu rupiah saja kita sudah dapat menikmati sedap nya sate ayam madura . walaupun ekonomis namun tidak ada salah nya jika anda membuat sate ayam madura sendiri dirumah dengan bahan-bahan dan bumbu yang akan kami bagikan seperti dibawah ini . 

Resep Membuat Sate Ayam Bumbu Kacang Khas Madura Sedap

Resep Membuat Sate Ayam Bumbu Kacang Khas Madura Sedap

Bahan-bahan Sate Ayam Khas Madura Sedap :

  • Ayam 1 kilo gram ( tanpa tulang dan kulitnya )
  • Kecap manis 125 mili liter
  • Jeruk limau 2 buah

Bahan-bahan Bumbu Kacang sate Khas Madura Sedap :

  • Bawang putih 4 siung
  • Kecap manis 125 mili liter
  • Daun jeruk 2 lembar
  • Air 500 mili liter
  • Garam secukupnya
  • Kacang tanah 250 gram ( digoreng sampai matang )
  • Cabai merah atau rawit 2 buah
  • Bawang Merah 5 butir

Cara Membuat Bumbu Kacang Sate Khas Madura Sedap :

  1. Haluskan bawang merah , garam , kacang tanah , bawang putih dan cabai merah yang sudah disiapkan tadi .
  2. Kemudian tumis sebentar lalu tambahkan kecap , daun jeruk dan air . masak hingga matang hingga mengeluarkan minyak dan tercium aroma wangi yang sedap .
  3. Angkat lalu sisihkan .

Cara Membuat Sate Ayam Khas Madura Sedap :

  1. Pertama-tama potong daging ayam menjadi bentuk dadu lalu tusuk dan susun pada tusukan sate .
  2. Kemudian lumuri sate ayam dengan kecap manis yang telah ditambahkan sedikit bumbu kacang yang sudah anda buat tadi sampai permukaannya rata dengan bumbu .
  3. Langkah selanjutnya bakar sate sampai matang , sambil terus dibolak balik dan lumuri sate dengan bumbu kecap , angkat .
  4. Anda dapat sajikan sate ayam dengan bumbu kacang yang diberi perasaan jeruk limau dan lontong . Selesai 

Jika anda suka , anda dapat menambahkan bawang goreng diatas bumbu kacang yang sudah melumuri sate yang anda masak tadi . lalu anda juga dapat menambahkan irisan tomat yang dipotong kecil-kecil dan cabai rawit yang dipotong kecil-kecil juga jika bumbu dirasa kurang pedas . lalu tambahkan juga acar atau bawang merah yang dipotong-potong kecil agar lebih sedap makyus . hmmm nyumiiii , keluarga tercinta pasti menyukai sate ayam bumbu kacang khas madura yang anda buat dirumah .

Wow , selain enak ternyata dalam pembuatan sate dan bumbunya dapat dibilang sangat mudah yah . resep sate ayam bumbu kacang khas madura asli sedap ini dibuat untuk 40 tusuk sate . so , silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Sate Ayam Bumbu Kacang Khas Madura Sedap ini dirumah . buka juga informasi resep masakan lainnya yang tak kalah enak nya seperti Resep Membuat Sayur Daun Singkong Special Ebi yang wajib untuk anda coba membuatnya juga dirumah . semoga bermanfaat , sekian :)

Advertisement