Resep Membuat Susu Kedelai Sendiri Special Mudah

Resep Membuat Susu Kedelai Sendiri Special Mudah - Berbicara tentang susu kedelai , apakah anda suka dengan susu kedelai ? susu yang satu ini memang unik , karena dibuat dengan bahan dasar kedelai . kedelai sendiri adalah salah satu kacang-kacangan yang dapat dimanfaatkan bagi seluruh masyarakat luas . bagaimana tidak , selain menjadi bahan pokok pembuatan makanan seperti tahu dan tempe , kedelai sendiri juga dapat diolah menjadi minuman yang sangat baik bagi tubuh .

Seperti yang anda ketahui sebelumnya , minuman berbahan kedelai ini memang dapat menyegarkan . selain itu juga kaya akan kandungan gizi dan protein yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh . anda dapat nikmati susu kedelai selagi hangat jika ingin mendapat ketenangan saat lelah bekerja atau akan memulai aktifitas . dan anda juga dapat menikmati susu kedelai yang dingin agar lebih terasa enak dan segar .

Saat ini memang sudah banyak kita jumpai minuman susu kedelai yang siap saji atau siap minum yang dijual dipasaran . ada yang diolah dari pabrik dengan kemasan yang cantik menjadi minuman kaleng . dan ada juga yang dibuat ukm-ukm dan dikemas dalam botol atau plastik . semua didesain dengan baik dan sudah praktis siap untuk diminum . namun bagi anda yang ragu akan kualitas atau kebersihan susu kedelainya , anda bisa membuatnya sendiri dirumah loh .

Jika anda berfikir membuat susu kedelai itu sulit berarti anda salah , karena dalam pembuatan susu kedelai sendiri dapat dibilang sangat mudah . proses dalam pembuatannya sendiri sangatlah sederhana karena hanya membutuhkan bahan berupa kacang kedelai dan air . kadar air biasanya di sesuaikan menurut kekentalan susu kedelai yang diinginkan . adapun sedikit bahan tambahan seperti daun pandan atau vanili , gula dan garam yang digunakan untuk meminimalisir rasa langu dari kacang kedelai .

Nah sangat mudah dicari dan terjangkau bukan bahan-bahan yang dibutuhkannya ? ayo tunggu apa lagi , siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan jika anda memang ingin membuat susu kedelai sendiri dirumah . keluarga dirumah pasti akan menyukai susu kedelai yang anda buat , karena enak , segar , kandungan gizi dan nutrisinya sudah tidak diragukan lagi . nah untuk mengetahui bahan-bahan dan cara pembuatannya silahkan simak , catat atau praktek langsung dengan Resep susu kedelai nya dibawah ini .

Resep Membuat Susu Kedelai Sendiri Special Mudah

Resep Membuat Susu Kedelai Sendiri Special Mudah

Bahan-bahan Susu Kedelai :

  • 1/2 kilo gram kacang kedelai 
  • 1 bungkus vanili ( untuk 1/2 kilo gram kedelai ) atau daun pandan 2 lembar ( diikat )
  • Secukupnya gula pasir ( menurut selera )
  • Secukupnya garam 

Alat-alat Yang Digunakan :

  • Kompor
  • Blender
  • Panci
  • Penyaring atau kain tipis yang bersih

Cara Membuat Susu Kedelai :

  1. Pertama-tama cuci bersih kedelai dengan menggunakan air yang mengalir sampai benar-benar bersih .
  2. Setelah itu rebus kedelai kurang lebih sekitar 15 menit .
  3. Angkat kedelai lalu rendam kedelai dengan air bersih sekitar 10 hingga 12 jam . bertujuan agar kedelai melunak dan kulit arinya mudah terkelupas .
  4. Selanjutnya cuci kembali kedelai dengan air yang bersih sambil diremas-remas agar kulit ari terkelupas.
  5. Jika semua sudah selesai dan bersih , kedelai siap untuk diblender . saat memblender dapat diberi air secukupnya .
  6. Setelah kedelai halus , maka campurkan dengan air mendidih secukupnya dan saling menggunakan saringan atau kain tipis yang bersih untuk memisahkan ampas kedelainya .
  7. Susu kedelai anda sudah jadi , tapi masih harus direbus kembali hingga benar-benar mendidih . bertujuan agar mensterilkan dari mikroba , bakteri dan juga menghilangkan bau langu dari kedelai .
  8. Jika sudah mendidih maka kecilkan api dan aduk-aduk susu kedelai kurang lebih selama 15 menit . bertujuan agar sari kedelai tidak mengendap serta membuat susu kedelai lebih tahan lama .
  9. Tambahkan gula dan sedikit garam sesuai dengan selera , jangan lupa masukkan juga vanili atau daun pandan agar aromanya semakin wangi dan lezat .
  10. Sajikan susu kedelai selagi hangat atau dapat juga didinginkan dahulu didalam kulkas agar segar .

Selesai , nah itu dia bahan-bahan dan cara pembuatan susu kedelainya , cukup mudah bukan ? anda dapat menambahkan bahan-bahan lainnya seperti serai , jahe cengkih , kayu manis , bubuk coklat , teh bubuk atau sebagainya agar lebih memiliki rasa enak dan makyus . silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Susu Kedelai Sendiri Special Mudah ini dirumah . buka juga informasi-informasi resep minuman lainnya seperti Resep Cara membuat Es Buto Ijo Khas Kendiri Segar yang wajib juga untuk anda coba membuatnya dirumah . semoga bermanfaat , sekian :)

Advertisement