Resep Membuat Cumi Saus Tiram Enak Mudah

Resep Membuat Cumi Saus Tiram Enak Mudah - memasak aneka seafood memang selalu menyenangkan . begitu banyak macam seafood yang sangat enak dan dan sangat lezat untuk dimasak . rasa yang enak pada aneka seafood membuat masakan seafood menjadi masakan yang diidam-idamkan selalu ada dimeja makan disetiap hari nya . namun ada beberapa orang juga yang alergi atau tidak begitu menyukai akan masakan seafood .

Untuk anda yang penggila seafood tentunya anda sudah tidak asing lagi akan cumi-cumi bukan ? cumi-cumi juga ada beberapa macam nya , dari aneka cumi basah dan cumi kering . cumi-cumi basah biasanya memiliki daging dengan tekstur yang lebih empuk dan lebih kenyal . jika dibandingkan dengan cumi kering yang lebih bertekstur keras dan biasanya lebih terasa asin daripada yang cumi basah .

Namun mau cumi basah ataupun cumi kering semua nya memiliki rasa yang sama-sama enak dan sangat nikmat jika di olah dengan benar . cumi-cumi biasanya dimasak dengan aneka saos dan bumbu seperti cumi-cumi saus padang , cumi pedas kemangi , cumi tepung goreng atau cumi saus tiram seperti pada resep yang akan kami bagikan kali ini . cumi saus tiram tergolong masakan yang mudah dan sederhana namun memiliki rasa yang manis gurih dan lezat sekali . sangat cocok dihidangkan dengan nasi putih hangat saat makan siang ataupun saat makan malam .

Perpaduan bumbu yang pas dan tidak berlebihan menciptakan cumi saus tiram yang sangat lezat dan nikmat . sangat cocok jika dijadikan sebagai menu selingan atau hidangan vaforit untuk keluarga tercinta . keluarga pasti akan menyukainya , apalagi si kecil . karena cumi saus tiram memiliki rasa yang manis gurih dan tidak pedas , sehingga pas disantap oleh si kecil yang belum suka pedas .

Nah apakah anda mulai penasaran akan resep cumi saus tiram ? coba membuatnya dirumah yuck . membuat cumi saus tiram tentulah sangat mudah dan tidak sulit . bahan atau bumbu yang dibutuhkan juga relatif mudah didapat dan terjangkau . anda dapat mencari bahan-bahan yang dibutuhkan di pasar tradisional atau ditempat belanja lainnya . untuk lebih lengkap dari bahan-bahan dan cara membuatnya silahkan simak artikel resep cumi saus tiramnya dibawah ini .

Resep Membuat Cumi Saus Tiram Enak Mudah

Resep Membuat Cumi Saus Tiram Enak Mudah

Bahan-bahan Cumi Saus Tiram Enak Mudah :

  • Cumi-cumi 300 gam
  • Bawang bombay 1 buah
  • Bawang putih 2 siung
  • Jahe 1 ruas jari
  • Cabai merah 2 buah
  • Saus tiram 1 sendok makan
  • Kecap manis 1 sendok makan 
  • Saus tomat 1 sendok makan
  • Lada ( merica ) secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Air 150 mili liter

Cara Membuat Cumi Saus Tiram Enak Mudah :

  1. Pertama-tama bersihkan cumi , buang tinta dan kulit airnya . kemudian cincang halus bawang putih dan cabai merah . lalu jarut atau ulek jahe hingga lembut .
  2. Setelah itu tumis bawang putih , bawang bombay dan jahe hingga wangi , kemudian masukkan cabe merah nya . tumis terus hingga layu . lalu masukkan saus tiram , kecap dan saus tomatnya . beri sedikit air lalu masukkan cumi yang sudah dibersihkan tadi .
  3. Kemudian tambahkan garam , merica , dan gula pasir secukupnya menurut selera . masak terus hingga bumbu meresap ( tapi jangan terlalu lama ) . jika anda ingin kuahnya mengantal , anda dapat angkat dulu cumi nya lalu masak lagi kuahnya hingga kental seperti yang anda inginkan .
  4. Terakhir tata cumi dipiring atau mangkok saji lalu siram dengan kuahnya .
  5. Cumi saus tiram yang manis gurih siap dihidangkan dan disantap .

Selesai , sajian dengan bumbu yang sederhana namun menghasilkan rasa yang manis gurih dan nikmat . silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Cumi Saus Tiram Enak Mudah ini dirumah . buka juga informasi-informasi resep masakan lainnya seperti Resep Membuat Soto Kudus Asli Special Lezat yang wajib untuk anda coba membuatnya juga dirumah . terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda dirumah . sekian :)

Advertisement