Resep Membuat Minuman Tradisional Jamu Kunyit Asam

Resep Membuat Minuman Tradisional Jamu Kunyit Asam - Kunyit sendiri memang lebih populer menjadi bumbu dapur dan sebagai pewarna makanan alami . namun terbukti tanaman yang termasuk saudara zingiberaceae ini pun memiliki manfaat yang baik dalam mengatasi gangguan pada tubuh . rimpang kunyit yang mempunyai senyawa aktif curcumin yang berguna membuat sehat organ dalam tubuh kita . dan kunyit asam sendiri merupakan salah satu jenis ramuan alami dari kunyit yang banyak diyakini oleh banyak orang dari dulu dalam menuntaskan bermacam keluhan pada wanita .

Selain itu kunyit asam juga dipercaya dapat mempertahankan badan menjadi selalu ramping dan dapat menuntaskan gangguan saat menstruasi . sehingga anda jangan heran lagi jika jamu atau minuman tradisional kunyit asam ini banyak sekali dikonsumsi oleh para wanita dipagi hari . selain itu manfaat lain dari kunyit asam yang sangat terkenal adalah dapat membantu meminimalisir bau badan yang tidak enak . karena kunyit asam dapat membunuh atau mengurangi bakteri yang menyebabkan bau badan .

Sebagai seorang wanita tentunya akan selalu menjaga penampilan bukan ? sepertinya akan sangat lucu jika penampilan yang menarik dan rapih akan menjadi kurang Pe-de karena memiliki bau badan yang tidak enak . daripada mengunakan produk-produk yang tidak jelas , tidak ada salah nya jika kita kembali lagi ke tradisional . minuman tradisional atau jamu kunyit asam ini mungkin salah satu nya .

Memiliki rasa yang enak dan bau khas kunyit memang cukup menyegarkan . anda dapat menikmatinya selagi hangat atau diberikan sedikit es batu agar lebih segar . mau dinikmati dengan cara hangat atau dingin semua memikili rasa yang sama-sama segar , tinggal anda yang menentukan menurut selera anda . minuman tradisional atau jamu kunyit asam memang dapat dibilang minuman yang murah dan ekonomis .

Bagaimana tidak ,karena dengan dua ribu rupiah hingga tiga ribu rupiah saja kita sudah dapat menikmati segar nya jamu kunyit asam . kunyit asam biasanya dijual di pedagang jamu yang biasanya menjajakan dagangannya dipagi dan sore hari . nah , jika biasanya anda menikmati minuman tardisional atau jamu kunyit asam dengan membelinya . kali ini tidak ada salah nya jika anda membuat sendiri jamu kunyit asam ini dirumah , dengan bahan-bahan dan cara pembuatannya seperti pada resep kunyit asem dibawah ini .

Resep Membuat Minuman Tradisional Jamu Kunyit Asam

Resep Membuat Minuman Tradisional Jamu Kunyit Asam

Bahan-bahan Minuman Tradisional Jamu Kunyit Asam :

  • Kunyit 40 gram 
  • Secukupnya Asam jawa
  • Secukupnya Gula jawa atau gula aren 
  • Es batu ( jika suka )

Cara Membuat Minuman Tradisional Jamu Kunyit Asam :

  1. Pertama-tama cuci bersih kunyit lalu potong tipis-tipis . rebus kunyit dengan menggunakn 1.2 liter air . setelah itu masukkan asam jawa dan tambahkan gula aren secukupnya menurut selera . rebus sampai hanya menyisakan kira-kira 400 mili liter air atau ramuan .
  2. Selanjutnya saring air rebusan atau ramuan kunyit asam lalu dinginkan .
  3. Boleh dinikmati selagi hangat , atau anda dapat menikmatinya dengan ditambahkan dengan sedikit es batu agar lebih segar .

Selesai , nah itu dia bahan-bahan dan cara pembuatan minuman tradisional atau jamu kunyit asam nya . cukup mudah dan praktis bukan ? bahan-bahan yang sangat mudah didapat dan ekonomis tentunya akan memudahkan anda dalam pembuatan jamu kunyit asam sendiri dirumah . jadi silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Minuman Tradisional Jamu Kunyit Asam ini dirumah . buka juga informasi resep-resep minuman modern atau tradisional lainnya seperti Resep Membuat Bir Pletok Minuman Hangat Khas Betawi yang patut untuk anda coba membuatnya juga dirumah . semoga bermanfaat , sekian :)

Advertisement