Resep Membuat Bir Pletok Minuman Hangat Khas Betawi

Resep Membuat Bir Pletok Minuman Hangat Khas Betawi - Mendengar kata bir pada minuman hangat bir pletok ini , tentunya untuk sebagian orang pasti takut untuk meminumnya . padahal minuman hangat yang sangat khas dari betawi kota jakarta ini sama sekali tidak mengandung alkohol loh . malah justru minuman bir pletok sangat baik dikonsumsi oleh tubuh . mengandung banyak rempah-rempah alami membuat minuman hangat bir pletok memiliki banyak khasiat untuk kesehatan .

Terbuat dari rempah-rempah alami yang segar seperti jahe , kayu manis , cengkeh dan lain sebagainnya membuat minuman hangat bir pletok memiliki rasa dan aroma khas rempah . mungkin untuk sebagaian orang bingung yah , kenapa minuman yang khas dari betawi kota jakarta ini terkenal dengan sebutan bir pletok ? mungkin karena penyajiannya yang mengalami proses pengocokan terlebih dahulu sehingga muncul busa seperti pada bir atau minuman alkohol lainnya . wow ternyata selain memiliki rasa yang enak dan menyehatkan , cara penyajian nya pun juga cukup unik yah ?

Bir pletok sangat cocok jika disajikan dimalam hari atau pada musim dingin seperti ini . bertujuan sebagai penghangat badan , karena mengandung jahe yang terkenal memiliki rasa yang segar dan menghangatkan badan . namun untuk sebagian orang , banyak juga yang menikmati bir pletok dengan menikmatinya dengan diberikan es batu agar lebih terasa segar . mau menikmati secara hangat atau dingin semua memiliki khasiat yang sama , yaitu sama-sama menyegarkan badan .

Untuk anda yang tinggal dikota jakarta tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan minuman bir pletok bukan ? biasanya bir pletok dijajakan dipedagang kaki lima sekelas angkringan atau juga di cafe-cafe tempat minuman tradisional seperti bir pletok dan kawan-kawan nya . bir pletok dapat dibilang minuman yang enak namun memiliki harga yang cukup murah dan ekonomis . karena dengan merogoh kantong senilai tiga ribu rupiah hingga tujuh ribu rupiah saja kita sudah dapat menikmati bir pletok .

Walaupun murah , tapi tidak ada salahnya jika anda iseng-iseng membuat bir pletok sendiri dirumah loh . bahan-bahan yang mudah didapat dan terjangkau tentunya akan memudahkan anda untuk membuatnya sendiri dirumah . apalagi kali ini Harian Resep akan membahas tuntas tentang bir pletok , dari bahan-bahan beserta cara membuatnya . so , tunggu apa lagi siapkan bahan-bahan nya lalu ikuti saja cara pembuatannya seperti para resep bir pletok nya dibawah ini .

Resep Membuat Bir Pletok Minuman Hangat Khas Betawi

Resep Membuat Bir Pletok Minuman Hangat Khas Betawi

Bahan-bahan Bir Pletok Minuman Hangat Khas Betawi :

  • 2 liter air
  • 350 gram jahe ( dimemarkan )
  • 6 butir cengkeh
  • 5 centi meter kayu manis
  • 3 biji kapulaga
  • 5 batang serai ( dimemarkan )
  • 25 gram kayu seceng
  • 1/2 butir pala ( dimemarkan )
  • 500 gram gula pasir 
  • Secukupnya garam

Cara Membuat Bir Pletok Minuman Hangat Khas Betawi :

  1. Pertama-tama campurkan air dan gula ke dalam panci bertangkai .
  2. Kemudian masukkan jahe , rebus di kompor yang menggunakan api sedang sampai mendidih dan gula larut .
  3. Selanjutnya tambahkan kayu secang , aduk hingga rata .
  4. Lalu masukkan kayu manis , cengkeh , kapulaga dan pala yang sudah anda siapkan tadi .
  5. Tambahkan serai , masak diatas api kecil sampai aroma khas rempahnya keluar , kurang lebih selama satu jam .
  6. Terakhir saring lalu sajikan selagi hangat atau dingin ( menurut selera )

Selesai , untuk anda yang bukan asli warga jakarta anda tidak harus pergi ke kota jakarta hanya untuk menikmati bir pletok , anda cukup membuatnya saja dirumah . anda dapat menyajikan bir pletok dengan camilan kesukaan anda , seperti kacang bawang , aneka snak atau makanan lainnya menurut selera . silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Bir Pletok Minuman Hangat Khas Betawi ini . buka juga informasi resep minuman lainnya seperti Resep Membuat Es Durian Special Segar Mudah . semoga bermanfaat , sekian :)

Advertisement