Resep Membuat Pempek Kapal Selam Palembang Asli Enak

Resep Membuat Pempek Kapal Selam Palembang Asli Enak - Siapa sih yang tidak tahu akan pempek khas palembang ? Rasa yang enak lezat kenyal dengan kuah yang nikmat memang menciptakan rasa yang gurih sedap disetiap gigitnya . utuk para penggemar pempek palembang tentunya anda sudah tidak asing lagi akan rasa yang diciptakan oleh pempek palembang bukan ? apalagi jika dinikmati selagi hangat , tentunya akan menciptakan sensasi yang begitu nikmat . 

Lemaknyo , begitu lah kata asli orang palembang cakap :D hhhii . pempek sendiri adalah salah satu makanan khas yang berasal dan identik dari kota palembang . konon ceritanya banyak imigran cina kuno yang hidup dan tinggal disekitaran pinggiran sungai musi yang senang melihat banyaknya ikan hasil tangkapan para nelayan disana . namun kesenangan mereka terkadang berbuah menjadi kesedihan karena mereka melihat banyaknya ikan yang dibuang oleh para nelayan karena tidak laku terjual dan mulai membusuk .

Sehingga tercetusnya sebuah ide untuk mencampurkan rempah-rempah , tepung tapioka , daging ikan dan bahan lainnya menjadi sebuah pempek . dan karena itulah para orang cina itu pun mulai dikenal dengan sebutan *Pek-Apek* yang dimana kata *Apek* yang ditujukan sebuah panggilan untuk seorang pria sesuai dengan kata slang cina . akhirnya makanan yang mulai terkanal pada zamannya itu terkenal dengan sebutan pempek .

Pempek salah satu makanan khas palembang sendiri memang begitu banyak macam bentuk dan varian resep nya . dari pempek lenggang , pempek tahu , pempek dos  , pempek adaan , pempek kulit , pempek pistel , pempek kapal selam dan lain sebagainya . semuanya enak dan tentunya sangat nikmat jika dinikmati dengan kuah sedapnya , sangat pas dan lezat . namun yang paling legendaris dan banyak dinikmati ialah pempek kapal selam .

Pempek yang terbuat dari campuran daging ikan asli dan diberi isian telur didalam nya memang membuat sedikit lebih menarik daripada pempek lainnya . sehingga begitu banyak warga masyarakat luas yang menyukai pempek kapal selam . nah walaupun anda dapat menjumpai pedagang pempek palembang dimana-dimana , kali ini tidak ada salahnya jika anda membuat pempek kapal selam ini dirumah . bahan-bahan yang mudah dan resep pempek kapal selam yang akan kami bagikan dibawah ini tentunya akan memudahkan anda untuk membuatnya sendiri dirumah .

Resep Membuat Pempek Kapal Selam Palembang Asli Enak

Resep Membuat Pempek Kapal Selam Palembang Asli Enak

Bahan-bahan Pempek Kapal Selam Palembang Asli Enak :

  • Ikan belida atau tengiri 500 gram
  • Tepung sagu 500 gram
  • Telur ayam 2 buah
  • Garam 1 1/2 sendok teh
  • Air matang 250 mili liter
  • Penyedap rasa 1 sendok teh ( seperti royco , masako atau vetsin ) jika suka 
  • Secukupnya telur digunakan sebagai isi 

Cara Membuat Pempek Kapal Selam Palembang Asli Enak :

  1. Pertama-tama bersihkan sisik dan isi perut ikan kemudian belah menjadi 2 bagian dan bersihkan dari tulang serta isi perutnya , lalu fillet dagingnnya dan haluskan .
  2. Setelah itu campurkan daging ikan yang sudah dihaluskan tadi dengan telur , garam dan penyedap rasa lalu beri air sedikit , aduk hingga semua bahan tercampur dengan rata . masukkan tepung sagu secara bertahab sambil terus diaduk-aduk , lakukan sampai adonan menjadi kalis dan dapat dibentuk .
  3. Selanjutnya ambil adonan secukupnya , bentuk seukuran bola tenis , lakukan sampai adonan habis . setelah semua adonan telah berbentuk seperti bola tenis , pipihkan dan bentuk seperti mangkuk , lalu isi dengan telur . rekatkan kembali pinggirannya dengan cara mencubit-cubit , dan pastikan jangan ada celah agar telur tidak keluar dan adonan tidak pecah saat proses perebusan .
  4. Kemudian rebus air sampai mendidih dan masukkan adonan , ada baiknya campurkan sedikit minyak sayur agar adonan tidak saling menempel . jika dirasa adonan telah masak dan empuk angkat lalu tiriskan .
  5. Pempek pun telah siap untuk digoreng , perhatikan pada saat menggoreng gunakan minyak yang panas agar hasilnya bagus . dan jangan sampai terlalu kering saat menggorengnya jika tidak langsung dimakan , karena jika terlalu kering biasanya pempek akan mengeras ketika sudah dingin .
  6. Terakhir taruh sepotong pempek pada piring saji , lalu iris-iris menjadi beberapa bagian , tambahkan rajakan timun dan mie kuning , lalu siram dengan kuah cuko pempek . 

Selesai , bagaimana bahan-bahan dan cara pembuatan pempek palembang kapal selam nya ? cukup mudah dan praktis bukan ? silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Pempek Kapal Selam Palembang Asli Enak ini dirumah . keluarga dirumah pasti akan menyukai pempek yang anda buat , karena tak kalah enaknya dengan pempek yang biasa anda nikmati . oh ia buka juga informasi-informasi resep aneka camilan atau makanan lainnya seperti Resep Membuat Aneka Makanan Ringan Yang Menyehatkan yang patut untuk anda coba juga dirumah . semoga bermanfaat , sekian :)

Advertisement