Resep Membuat Soto Kudus Asli Special Lezat

Resep Membuat Soto Kudus Asli Special Lezat - Lagi lagi hari ini kita akan membahas tentang soto . masakan yang berkuah segar ini memang tidak ada habis nya untuk kita bahas . begitu banyak sekali macam dan variasi akan masakan soto yang mempunyai rasa enak dan sedap ini . jika sebelumnya kita membahas tentang soto ayam, soto sapi , soto betawi , soto banyumas , coto makassar , soto pekalongan dan lain sebagainya . 

Berbeda lagi dengan hari ini , karena kali ini kita akan membahas soto yang cukup unik dan mempunyai rasa sangat lezat yaitu soto kudus . jika biasanya kita memakai daging sapi , jeroan sapi , babat , atau daging ayam sayur , specialnya disini kita akan menggunakan daging ayam kampung . wow , menggunakan daging ayam kampung yang terkenal akan kegurihannya tentunya akan membuat soto kudus semakin lezat . apalagi kita kan memakai kaldu bekas rebusan ayam nya , tentunya akan menghasilkan kuah yang segar dan lezat sekali .

Untuk anda warga asli kudus jawa tengah dan sekitarnya tentunya anda sudah tidak asing lagi akan soto kudus ini bukan ? rasanya yang enak dan lezat membuat soto kudus sangat digemari oleh masyarakat luas . dari anak kecil hingga orang dewasa tentunya mereka tidak akan pernah ingin ketinggalan akan sedap nya rasa soto kudus . sangat nikmat sekali jika dinikmati sebagai makan siang ataupun makan malam .

Kuah yang hangat sedap dan segar memang nikmati sekali jika dinikmati dengan nasi putih hangat . apalagi menggunakan taburan bawang putih goreng diatas kuah sedap nya , hmm nyumi sruputt sangat segar menggoda dan wangi . nah untuk anda yang bukan warga asli kota kudus namun ingin sekali menikmati soto kudus , anda tidak harus pergi kekota kudus loh . karena anda dapat membuat soto kudus ini sendiri dirumah .

Membuat soto kudus tentunya mudah dan tidak sulit . apalagi bahan-bahan yang digunakan cukup mudah didapat dan terjangkau , sehingga tidak akan menyulitkan anda dalam membuatnya . anda dapat mencari bahan-bahan yang dibutuhkan dipasar tradisional atau di tempat belanja lainnya yang terdekat dari rumah anda . nah untuk lebih jelas dari bahan-bahan dan cara pembuatannya silahkan simak artikel resep soto kudus nya dibawah ini . 

Resep Membuat Soto Kudus Asli Special Lezat

Resep Membuat Soto Kudus Asli Special Lezat

Bahan-bahan Soto Kudus Asli Special Lezat :

  • Ayam kampung 1 ekor ( dipotong menjadi 4 bagian )
  • Air 2.2 liter
  • Lengkuas 2 centi meter ( dimemarkan )
  • Daun salam 2 lembar
  • Merica bubuk 1/2 sendok teh
  • Kecap manis 1 sendok makan
  • Garam 7 sendok teh 
  • Minyak 2 sendok makan ( digunakan untuk menumis )

Bumbu Halus Soto Kudus Asli Special Lezat :

  • Bawang merah 6 butir
  • Bawang putih 3 siung

Bahan-bahan Pelengkap Soto Kudus Asli Special Lezat :

  • Bawang putih goreng 1 sendok makan
  • Kecap manis 1 sendok makan
  • Jeruk nipis 1 buah ( dipotong-potong )
  • Tauge 200 gram ( direbus sebentar , agar sedikit lunak )
  • Seledri 1 tangkai ( diiris halus )
  • Kucai 10 tangkai ( dipotong-potong )

Cara Membuat Soto Kudus Asli Special Lezat :

  1. Pertama-tama yang anda harus lakukan adalah rebus potongan ayam kampung dengan lengkuas dan daun salam sampai mendidih . setelah mendidih kemudian angkat ayam lalu tiriskan . setelah itu suwir-suwir daging ayam lalu sisihkan .
  2. Selanjutnya panaskan minyak lalu tumis bumbu halus sampai wangi . lalu masukkan ke dalam air rebusan ayam .
  3. Kemudian jangan lupa anda tambahkan juga merica bubuk , garam dan juga kecap manis yang sudah anda sediakan tadi . masak dan aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata dan mendidih .
  4. Penyajian : Pertama-tama taruh kedalam mangkok suwiran ayam kampung yang sudah direbus tadi , seledri , bawang putih goreng , tauge , kucai , jeruk nipis dan kecap manis kemudian siram bahan-bahan dengan kuah soto kudus yang segar .

Selesai , segar dan sedap nya kuah soto kudus tentunya akan membuat nabsu makan anda bertambah . anda dapat menikmati soto kudus dengan nasi putih hangat atau pun ketupat menurut selera anda . anda juga dapat menambahkan aneka kerupuk atau emping dan sambal jika anda salah satu penyuka pedas menurut selera . anda dapat menyajika soto kudus sebagai menu selingan atau sebagai hidangan yang istimewa dan vaforit untuk keluarga tercinta .

Keluarga dirumah pasti akan menyukai soto kudus yang anda buat dirumah , karena sangat enak dan sedap sekali . silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Soto Kudus Asli Special Lezat ini dirumah . buka juga informasi-informasi resep masakan lainnya seperti Resep Membuat Soto Tauto Pekalongan Asli Enak yang patut untuk anda coba membuatnya juga dirumah . terimakasih sudah membuka Harian Resep Semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda . sekian :)

Advertisement