Resep Membuat Gudeg Khas Jogja Asli Enak

Resep Membuat Gudeg Khas Jogja Asli Enak - Resep gudeg ini kami buat atas requesan teman kami yang bernama Wenti yang sekarang tinggal dikalimantan . mba wenti asli orang jogja , hanya saja beliau mendapatkan suami orang kalimantan dan menetap disana . beberapa waktu lalu komun dan bercerita katanya beliau lagi kangen banget nih sama gudeg khas jogja . maka dari itu kali ini kami membagikan resep gudeg khas jogja special buat mba wenti dikalimantan .

Ini loh mba resep gudegnya , kami kreasikan special lengkap dengan tambahan telur beserta ayam agar lebih mantap . nah buat bunda-bunda cantik atau calon ibu muda yang lagi ingin membuat gudeg , resep ini tepat sekali anda buka . karena kami akan membahas habis dan lengkap tentang gudeg khas jogja . dari bahan-bahan yang dibutuhkan beserta dengan cara membuat gudeg khas jogja nya dengan mudah dirumah .

Jadi anda tidak harus pergi ke kota jogja hanya untuk menikmati gudeg salah satu masakan yang sangat khas dan populer di kota jogjakarta ini . gudeg memang sangat kental sekali dengan kota jogjakarta , sampai-sampai banyak yang bilang jangan ngaku pernah berkunjung ke kota jogja jika belum menikmati gudeg khas jogja nya . yahh , mungkin itu sebutan karena terlalu populernya gudeg di kota jogja . sehingga turis mancanegara hingga turis domestik pun tidak ingin ketinggalan menikmati gudeg khas jogja ini .

Gudeg khas jogja memang hampir mirip dengan sayur lodeh , hanya saja gudeg khas jogja tidak memiliki kuah . namun rasanya jangan ditanya deh , enak gurih dan enak sekali jika di nikmati dengan tambahan Tempe bacem . masakan khas jogja memang dominan dengan masakan yang sederhana , namun rasa yang ditawarkan sangat istimewa . jadi jangan heran lagi jika gudeg khas jogja disukai oleh banyak orang , dari anak kecil hingga orang dewasa tentunya mereka menyukai gudeg khas jogja .

Gudeg khas jogja merupakan salah satu masakan yang dapat bertahan beberapa hari . bahkan orang jogja sendiri lebih suka menikmati gudeg yang sudah wayu , jika diartikan ke bahasa indonesia adalah masakan dihangatkan untuk beberapa hari . semakin lama gudeg , malah semakin enak rasa gudeg itu sendiri , namun itu menurut selera masing-masing saja . nah jika anda sudah penasaran dan ingin sekali membuat gudeg khas jogja dirumah , silahkan simak artikel resep gudeg khas jogja nya seperti dibawah ini .

Resep Membuat Gudeg Khas Jogja Asli Enak

Resep Membuat Gudeg Khas Jogja Asli Enak

Bahan-bahan Gudeg Khas Jogja Asli Enak :

  • Nangka muda 800 gram ( dipotong-potong )
  • Daun jati 5 lembar
  • Lengkuas 2 centi meter ( dimemarkan )
  • Daun salam 2 lembar
  • Santan 1.000 mili liter dari 1 1/2 butir kelapa
  • Air kelapa muda 1.000 mili liter
  • Ayam 1/2 ekor ayam ( dipotong-potong menjadi 4 bagian )
  • Telur ayam 3 butir ( rebus , lalu kupas kulitnya )

Bumbu Halus Gudeg Khas Jogja Asli Enak :

  • Bawang merah 15 butir
  • Bawang putih 6 siung
  • Kemiri 8 butir
  • Ketumbar 2 1/2 sendok makan
  • Gula merah 135 gram
  • Garam 1/2 sendok makan

Cara Membuat Gudeg Khas Jogja Asli Enak :

  1. Pertama-tama masukkan semua bahan kedalam panci kecuali ayam dan telur . kemudian aduk hingga rata .
  2. Selanjutnya masak sambil di aduk-aduk sesekali sampai kuah sisa setengah bagian . kemudian masukkan ayam dan telur . aduk kembali hingga rata .
  3. Kemudian tutup panci , dan biarkan diatas api kecil sampai kuah mengering dan bumbu meresap kedalam gudeg .
  4. Resep Membuat Gudeg Khas Jogja Asli Enak siap di hidangkan .

Selesai , itulah bahan-bahan dan cara membuat gudeg khas jogja nya , cukup mudah bukan ? gudeg khas jogja ini dibuat untuk 5 porsi . jika anda ingin membuatnya lebih banyak silahkan tambahkan bahan dan bumbu sesuai takaran . silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Gudeg Khas Jogja Asli Enak ini dirumah . buka juga informasi resep-resep masakan lainnya seperti Resep Membuat Tempe Bacem Khas Jogja Enak yang wajib untuk anda coba membuatnya juga dirumah .

Terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda . sekian , seeyou :)

Advertisement