Resep Membuat Nasi Kebuli Ayam Khas Arab

Resep Membuat Nasi Kebuli Ayam Khas Arab - Nasi kebuli adalah salah satu hidangan nasi berbumbu dengan citarasa yang gurih dan lezat yang ditemukan di indonesia . nasi kebuli khas arab asli biasanya di masak bersama kaldu kambing , susu kambing dan minyak samin yang disajikan dengan daging kambing goreng yang lezat dan di ditaburi dengan irisan kurma atau pun kismis . nasi kebuli hidangan yang sekarang sangat populer di indonesia ini saat ini sangat populer sekali di kalangan warga betawi di jakarta dan warga keturunan arab yang tinggal di indonesia . nasi kebuli yang memiliki rasa enak ini memang menunjukan pengaruh budaya arab timur tengah dan india muslim yang tepatnya sebagai tradisi arab yaman .

Jika di rasa-rasa nasi kebuli khas arab ini memang mirip dengan nasi biryani . hanya saja mungkin berbeda pada bumbu atau rempah-rempah yang digunakan . dalam kebudayaan masyarakat betawi , nasi kebuli khas arab biasanya disajikan saat perayaan keagamaan islam , seperti lebaran idul fitri , lebaran idul adha , ataupun maulid nabi . selain itu , nasi kebuli khas arab juga sangat populer di kawasan kota yang terdapat banyak warga keturunan arab nya . seperti kota-kota besar di jawa timur yaitu surabaya dan gresik .

Jika biasanya nasi kebuli khas dengan kambing , kali ini kami akan membagikan resep nasi kebuli yang cukup berbeda yaitu dengan daging ayam . nasi kebuli ayam khas arab ini sangat cocok sekali untuk anda yang tidak suka dengan daging kambing . rasa ayam yang khas dari nasi kebuli ayam dengan rempah dan bumbu alami khas indonesia akan mamanjakan lidah anda dengan rasa yang pas . berbahan dasar nasi salah satu makanan yang wajib untuk kita warga indonesia tentunya akan dapat di trima oleh semua masyarakat luas .

Dari para remaja hingga orang dewasa tentunya mereka tidak ingin ketinggalan akan rasa yang enak dan nikmat dari nasi kebuli . nasi kebuli merupakan nasi dengan kaya bumbu yang pas dan gurih membuat nasi kebuli memiliki rasa yang nikmat sekali . cara membuat nasi kebuli ayam khas arab ini sangat mudah dan tidak ribet . pembuatannya mirip seperti nasi liwet khas sunda , hanya saja bumbu-bumbu yang digunakan sedikit berbeda .

Nasi kebuli yang enak dapat anda nikmati dengan aneka masakan kesukaan anda . pada dasarnya nasi kebuli yang sudah kaya akan bumbu tentu nya akan cocok jika di padukan dengan apapun . so , untuk anda yang dari tadi penasaran dan ingin sekali membuat nasi kebuli tapi tidak tahu caranya , jangan kawatir karena kali ini kami akan membahas habis tentang nasi kebuli ayam khas arab . dari bahan-bahan yang digunakan beserta dengan cara pembuatannya dengan cukup mudah seperti pada artikel resep nasi kebuli ayam khas arab nya dibawah ini .

Resep Membuat Nasi Kebuli Ayam Khas Arab

Resep Membuat Nasi Kebuli Ayam Khas Arab

Bahan-bahan Nasi Kebuli Ayam Khas Arab :

  • Beras 1 liter ( gunakan yang pulen ) cuci bersih 
  • Daging ayam kampung 1 1/2 kilo gram ( dipotong dadu )
  • Kaldu ayam 1 3/4 liter
  • Kapulaga 3 butir
  • Serai 2 batang ( di memarkan dahulu )
  • Pala halus ( bubuk ) 1 1/2 sendok teh
  • Cengkeh 3 butir
  • Minyak samin atau mentega 3 sendok makan
  • Minyak goreng secukupnta ( digunakan untuk menggoreng )
  • Bawang goreng secukupnya ( digunakan sebagai taburan )

Bumbu Halus Nasi Kebuli Ayam Khas Arab :

  • Bawang merah 10 butir
  • Bawang putih 5 siung
  • Merica bulat 1 sendok teh
  • Jintan 1 sendok teh
  • Ketumbar 2 sendok makan
  • Jahe 1 centi meter
  • Garam 1 sendok makan
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Nasi Kebuli Ayam Khas Arab :

  1. Pertama-tama tumislah bumbu halus yang sudah anda siapakn tadi dengan minyak goreng sampai wangi .
  2. Kemudian masukkan juga daging ayam ( kampung ) sampai matang .
  3. Selanjutnya tuangkan semua bahan ke dalam kaldu ayam lalu didihkan .
  4. Setelah itu masukkan beras ke dalam kaldu ,lalu masak sampai kaldu habis .
  5. Terakhir , kukus beras hingga matang , angkat .
  6. Resep Membuat Nasi Kebuli Ayam Khas Arab siap disajikan dengan di taburi bawang goreng diatas nya .

Begitulah bahan-bahan yang dibutuhkan , beserta dengan cara membuat nasi kebuli ayam khas arab nya , cukup mudah bukan ? bahan-bahan yang mudah di dapat dimana-dimana dan terjangkau tentunya akan semakin memudahkan anda dalam pembuatan nasi kebuli ayam khas arab ini dirumah . silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Nasi Kebuli Ayam Khas Arab ini dirumah . buka juga infromasi resep-resep masakan lainnya seperti Resep Membuat Mie Ongklok Khas Wonosobo Sedap yang akan sangat sayang sekali jika anda lewatkan .

Terimakasih sudah membuka harianresep.blogspot.com, semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat. sekian :)

Advertisement