Resep Membuat Keripik Usus Enak Renyah Gurih

Resep Membuat Keripik Usus Enak Renyah Gurih - Musim hujan seperti ini pastinya harus banyak stok makanan atau camilan yang enak untuk keluarga bukan ? bukan hanya saja makanan hangat yang dicari , namun aneka camilan juga pastinya merupakan salah satu kudapan yang wajib ada di meja makan anda . seperti aneka stik , keripik , potato , kacang bawang , kue kering , atau keripik usus seperti pada resep yang akan kami bagikan kali ini . rasa yang enak , renyah dan gurih dari keripik usus dapat anda sajikan saat berkumpul dengan keluarga .

Selain memiliki rasa yang enak , renyah dan gurih , dalam membuat keripik usus sendiri tentunya sangat mudah . dengan mencuci usus ayam dengan bersih dan mengikuti cara pembuatan yang ada , pasti keripik usus buatan anda tak kalah rasanya dengan keripik usus yang biasa dijual diluaran sana . berbahan dasar usus ayam yang memiliki harga murah dan dapat terjangkau dimana-dimana tentunya akan semakin memudahkan anda dalam membuatnya dirumah . anda dapat mencari bahan-bahan yang digunakan dipasar tradional ataupun di tempat belanja yang biasa anda kunjungi .

Di pasar tradisional Untuk seperempat kilo usus biasanya dihargai sekitar delapan ribu rupiah hingga sepuluh ribu rupiah saja . nah , sangat ekonomis bukan ? setelah itu anda tinggal mengolah usus dengan bumbu seperti air jeruk nipis dan air kapur sirih agar aroma amis dari usus hilang . diamkan beberapa saat , agar aroma wangi khas jeruk nipis dapat menempel kedalam usus . setelah itu andapun dapat mengolah usus menjadi keripik usus salah satu camilan yang enak untuk keluarga tercinta anda dirumah .

Hmm , kriuk kriuk kriuk , sangat enak , renyah dan gurih cocok sekali jika dinikmati dengan saus botol ataupun saus tomat . anda dapat menyimpan keripik usus kedalam toples , agar kerenyahan keripik usus tetap terjaga . oh iya , selain enak sebagai camilan keluarga , keripik usus juga cocok jika dijadikan sebagai teman makan nasi anda loh . rasa enak , gurih dan renyah dari keripik usus akan membuat anda semakin berselera .

Nah , apakah anda sudah penasaran akan keripik usus dan ingin segera membuatnya dirumah ? jika begitu , kita buat keripik ususnya sama-sama yuck bun . ayo coba tengok didalam kulkas , bahan apa saja yang kurang . jika sudah siap semua , silahkan ikuti cara pembuatannya seperti pada artikel resep keripik ususnya dibawah ini .

Resep Membuat Keripik Usus Enak Renyah Gurih

Resep Membuat Keripik Usus Enak Renyah Gurih

Bahan-bahan Keripik Usus Enak Renyah Gurih :

  • Usus ayam 400 gram ( dipotong-potong 10 centi meter )
  • Air kapur sirih 2 sendok teh
  • Garam 1 sendok teh
  • Air jeruk nipis 1 sendok teh 
  • Minyak untuk menggoreng

Bumbu Pelapis Keripik Usus Enak Renyah Gurih ( Aduk rata ) :

  • Tepung beras 200 gram
  • Tepung sagu 50 gram
  • Baking powder 1 sendok teh
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Merica bubuk 1/2 sendok teh

Bahan Perendam Keripik Usus Enak Renyah Gurih :

  • Santan 200 mili liter ( dari 1/4 butir kelapa )
  • Daun jeruk 5 lembar ( dibuang tulang daunnya , haluskan )

Bumbu Halus Keripik Usus Enak Renyah Gurih :

  • Bawang putih 5 siung
  • Bawang merah 5 butir
  • Ketumbar bubuk 2 sendok tehM
  • Garam 1 sendok teh
  • Merica bubuk 1/2 sendok teh
  • Kemiri 3 butir ( disangrai )

Cara Membuat Keripik Usus Enak Renyah Gurih :

  1. Pertama-tama rendam usus ayam didalam campuran air kapur sirih , garam dan air jeruk nipis . kemudian diamkan kurang lebih selama 30 menit . angkat dan cuci bersih .
  2. Setelah itu aduk rata bahan perendam dan bumbu halus . tambahkan usus ayam , lalu aduk kembali hingga rata . lalu diamkan kembali selama 15 menit . angkat lalu tiriskan .
  3. Selanjutnya gulingkan usus kedalam bahan pelapis hingga rata .
  4. Terakhir goreng kedalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api kecil hingga matang dan kering .
  5. Resep Membuat Keripik Usus Enak Renyah Gurih siap untuk dihidangkan .

Selesai , jangan lupa menggunakan api kecil pada saat penggorengan agar keripik usus dapat matang merata hingga kedalam , sehingga renyah dan gurih . yasudah , silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Keripik Usus Enak Renyah Gurih ini dirumah . jangan lupa buka juga infromasi resep aneka camilan lainnya seperti Resep Membuat Tape Panggang Special Keju Susu yang akan sangat sayang sekali jika anda lewatkan . terimakasih sudah membuaka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda . sekian , seeyou ;)

Advertisement