Resep Membuat Sup Tom Yam Ala Thailand Enak

Resep Membuat Sup Tom Yam Ala Thailand Enak - sup tom yam , pernahkah anda mendengar sup yang memiliki rasa enak dan segar ini ? pernah ? suka atau malah sudah menjadi hobi ? selain menikmati menu masakan khas indonesia yang kaya akan dengan bumbu dan rasa yang kuat , tidak ada salahnys jika sesekali memanjakan lidah anda dengan hidangan dari luar negeri seperti sup tom yam . sup tom yam yang akhir-akhir ini sangat tren di dunia kuliner indonesia merupakan salah satu sup yang berasal dari thailand .

Rasa asam , manis dan gurih pada tom yam memang sedap sekali . jadi jangan heran lagi jika tom yam salah satu sup yang berasal dari negeri thailand ini memiliki banyak sekali penggemar . dari para remaja hingga orang dewasa tentunya mereka menyukai tom yam . kuah tom yam yang segar dengan isian yang lengkap dari daging , ikan dan seafood akan semakin membuat anda berselera untuk menikmatinya .

Apalagi jika anda salah satu penggemar hidangan berkuah sedap , tom yam ini mungkin akan menjadi salah satu hidangan favorit untuk anda dan keluarga . mungkin anda biasa nikmati tom yam ini di rumah makan , caffe , resto atau restauran yang biasa anda kunjungi . padahal dengan sedikit waktu dan kerja keras anda , sebenarnya anda sudah dapat membuat tom yam ini dirumah loh . dengan membuatnya sendiri dirumah tentunya akan menghemat pengeluaran anda untuk jatah makan di luar bukan ?

Jika anda membuat tom yam sendiri dirumah dalam kebersihannya pun tentunya akan semakin terjaga , tidak seperti saat anda membelinya di luar sana . dalam membuat tom yam sendiri tentunya sangat mudah dan tidak sulit . tidak ada trik khusus dalam pembuatan tom yam salah satu sup asal thailand ini . baha-bahan yang dibutuhkan juga sangat mudah di dapat dan terjangkau , ini akan semakin memudahkan anda dalam membuatnya sendiri dirumah .

Anda dapat mencari bahan-bahan yang diperlukan di pasar tradisional ataupun di tempat belanja yang biasa anda kunjungi . nah , apakah anda sudah ingin sekali membuat tom yam namun tidak tahu bahan-bahan dan cara membuatnya ? tenang , mungkin anda dapat berbahagia karena kali ini kami akan membahas tentang tom yam sup asal thailand secara lengkap . dari bahan-bahan yang digunakan , sampai dengan cara pembuatannya dengan mudah seperti pada artikel resep tom yam dibawah ini .

Resep Membuat Sup Tom Yam Ala Thailand Enak

Resep Membuat Sup Tom Yam Ala Thailand Enak

Bahan-bahan Sup Tom Yam Ala Thailand Enak :

  • Udang jerbung 200 gram ( kupas , belah punggungnya dan sisakan ekornya )
  • Cumi 200 gram ( bersihkan , lalu potong-potong , belah dua kepalanya )
  • Ikan kakap fillet 200 gram ( dipotong-potong )
  • Jamur merang 150 gram ( dibelah dua )
  • Serai 3 batang ( di ambil putihnya )
  • Daun jeruk 8 lembar ( buang tulang daunnya )
  • Lengkuas 2 centi meter ( diiris )
  • Cabai rawit merah utuh 10 buah 
  • Kecap manis 3 sendok makan
  • Garam 4 1/2 sendok teh
  • Merica bubuk 1/4 sendok teh
  • Gula pasir 2 1/4 sendok teh
  • Air asam 2 1/2 sendok makan dari 1 1/2 sendok teh asam jawa dilarutkan dengan 3 sendok makan air 
  • Daun ketumbar 3 tangkai ( di petiki )
  • Air jeruk lemon 1 1/2 sendok makan
  • Kaldu udang 2.000 mili liter dari air rebusan kulit dan kepala udang 

Bahan Bumbu Sup Tom Yam Ala Thailand Enak :

  • Minyak goreng 3 sendok makan
  • Ebi 1 sendok makan
  • Bawang putih 5 siung
  • Cabai kering 6 buah 

Cara Membuat Sup Tom Yam Ala Thailand Enak :

  1. Pertama-tama lumuri udang , cumi dan ikan dengan 1/2 sendok makan air jeruk nipis . lalu diamkan selama 15 menit .
  2. Selanjutnya Bumbu Tom yam : Goreng ebi , bawang putih dan cabai kering hingga wangi . angkat lalu blender dengan minyaknya .
  3. Setelah itu rebus kaldu udang , bumbu tom yam , serai , daun jeruk , dan lengkuas hingga wangi .
  4. Tambahkan udang , cumi , ikan , jamur merang , cabai rawit merah , kecap ikan , garam , merica bubuk , dan gula pasir . lalu masak hingga mendidih .
  5. Kemudian masukkan air asam . aduk-aduk hingga rata . lalu tambahkan air jeruk lemon , aduk kembali hingga rata .
  6. Resep Membuat Sup Tom Yam Ala Thailand Enak Siap untuk disajikan dengan taburan daun ketumbar .

Selesai , bagaimana dalam pembuatan tom yam ala thailandnya , sangat mudah bukan ? anda dapat menyajikan tom yam sebagai menu selingan atau bahkan menjadi salah satu hidangan favorit anda dan keluarga dirumah . tom yam dengan kuah yang sedap dan kaya akan bumbu sangat enak sekali jika di nikmati sebagai menu makan malam ataupun saat musim penghujan seperti ini . sedap nya tom yam memang makyus banget deh , hmm nyuumiii .

Yasudah selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Sup Tom Yam Ala Thailand Enak ini dirumah yah . oh iya , anda juga dapat memakai bumbu tom yam dalam sup yang sering anda buat loh , rasa nya sama-sama oke , sedap makyus deh . tidak percaya ? coba aja dirumah , keluarga pasti akan ketagihan :) . jangan lupa buka juga informasi resep masakan lainnya seperti Resep Membuat Ifumi Seafood Special Enak yang wajib anda coba membuatnya juga dirumah . 

Terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda , tunggu update'an resep-resep kami selanjutnya yahhh . sekian , seeyou :)

Advertisement