Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk

Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk - weekend , rencanya sehabis beres-beres rumah penginnya main kerumah nenek . tapi lihat cuaca sudah mendung banget , rasa-rasanya beberapa waktu lagi juga mau hujan lebat . akhirnya batal deh ke rumah nenek , bingung mau ngapain dirumah . nonton tv bosen , akhirnya mondar-mandir ke dapur cek bahan siapa tahu bisa buat sesuatu yang yumi .

Yeee akhirnya ketemu sama tepung beras ketan hitam bahan sisa si mamah kemarin habis bikin kue buat di bawa ke acara arisan . si ade nyletuk pengin makan kue bugis , tapi bahan belum lengkap akhirnya bikin bolu ketan hitam kukus yang lembut dan empuk saja yang mudah . kebetulan bahan-bahan buat bikin bolu ketan hitam kukus nya sudah lengkap . jadi ngga keder lagi mondar mandir nyari bahan-bahan nya .

Untuk bolu ketan hitam tentunya sudah tak asing lagi buat kamu bukan ? rasa yang enak dan empuk memang yuuumii banget . cocok disajikan saat cuaca mendung seperti ini buat teman minum teh hangat ataupun coffe . di makan buat sarapan di pagi hari juga enak loh , jadi bolu ketan hitam cocok juga buat bekal ade atau si anak ke sekolah . seperti bolu ketan hitam kaya gini anak kecil pasti suka , soalnya lembut banget .

Mungkin untuk sebagian orang hoby sekali menikmati bolu ketan hitam ini yah , tapi kalian tahu tidak jika tepung beras ketan hitam itu baik di konsumsi bagi tubuh ? tepung beras ketan hitam yang terbuat dari beras pecah kulit yang masih mengandung lapisan kulit ari ( katul ) dan oleh karena itu beras ketan hitam mengandung serat lebih tinggi dibanding dengan tepung ketan putih . seperti beras hitam biasa , ketan hitam sendiri juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi .

Lalu potassium dan magnesium yang dapat bermanfaat untuk mengontrol radikal bebas penyebab kanker dan menekan tekanan darah pada tubuh . memang pada umumnya tepung ketan hitam dapat digunakan untuk membuat kue dan jajanan pasar yang sudah cukup terkenal seperti klepon , onde-onde , kue bugis dan lain sebagainya . memiliki kandungan yang baik bagi tubuh ketan hitam sebenarnya sangat bagus jika dikonsumsi untuk kesehatan . karena beras ketan hitam dapat mencegah kita dari obesitas .

Jadi sebanyak apapun kita menikmati bolu ketan hitam yang enak ini tidak akan menambah kegemukan :D . so , buat kamu yang pengin buat juga bolu ketan hitam nya kita buat sama-sama yuck . untuk lebih jelas silahkan simak , catat atau langsung praktek dengan resep bolu ketan hitamnya dibawah ini yah .

Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk

Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk

Bahan-bahan Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk :

  • Tepung beras ketan hitam 250 gram
  • Margarin 200 gram ( dilelehkan )
  • Gula pasir halus 250 gram
  • Susu kental manis putih 2 sendok makan
  • Baking powder 1 sendok teh
  • Emulsifier 1 sendok teh
  • Vanili bubuk 1/2 sendok teh 
  • Garam 1/4 sendok teh
  • Telur ayam 6 butir 

Peralatan Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk :

  • Loyang ukuran 24x24x6 centi meter , di oleskan dengan margarin dan alasi dengan kertas roti .

Cara Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk :

  1. Pertama-tama aduk telur , emulsifier , gula pasir halus dan garam hingga mengembang .
  2. Selanjutnya tambahkan tepung beras ketan hitam , vanili bubuk , dan baking powder sambil di ayak dan aduk hingga rata kembali .
  3. Setelah itu tuang susu kental manis putih dengan sedikit demi sedikit beserta dengan margarin yang sudah dilelehkan sambil di aduk hingga rata .
  4. Kemudian tuang adonan ke dalam loyang yang sudah di siapkan tadi . lalu kukus adonan selama 25 menit hingga matang dengan menggunakan api sedang . angkat , dinginkan sejenak , potong-potong sesuai selera .
  5. Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk siap untuk dihidangkan .

Selesai , selain dihidangkan sebagai camilan keluarga , rasa yang enak , lembut dan empuk dari bolu ketan hitam kukus juga cocok sekali jika di sajikan di berbagai acara-acara tertentu . seperti acara arisan , acara pengajian , acara syukuran , acara khajatan dan lain sebagainya . dalam membuat kue bolu ketan hitam kukus ini memang mudah , namun anda harus memperhatikan dan jangan sampai step by step dalam membuatnya ada yang terlewatkan . lalu ketika mengaduk adonan dengan mixer , diusahakan jangan terlalu lama mengaduk nya ya karena akan berefek adonan menjadi keras . 

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk ini dirumah . baca juga infomasi artikel resep lainnya seperti Resep Membuat Kue Coklat Kering Special Tahun Baru yang patut anda coba membuatnya juga dirumah . terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk kalian . jika kalian menyukai Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk , silahkan share resep ini ke facebook , twitter , atau google plus anda agar kami lebih mudah lagi membagikan resep-resep masakan , minuman , kue , sambal , camilan , puding dan lain sebagainya agar memasak anda lebih mengasikkan . sekian , seeyou :)

Advertisement