Resep Membuat Kue Leker Cokelat Kering Renyah


Resep Membuat Kue Leker Cokelat Kering Renyah - Tadinya habis beli sesuatu di alfamart , eh ternyata di depan trotoarnya selain ada pedagang burger dan es kapucinno ada penjual kue leker jogja . awalnya sih ga ada niatan buat beli , tapi pas baca menunya komplit banget leker pisang , cokelat , keju , kacang dan lain-lain jadi pengin beli . akhirnya beli juga tuh kue leker , waktu itu aku pesen kue leker yang kering dengan isian cokelat , keju dan kacang . ternyata rasanya yummii banget yah , apa lagi kalau di makan masih anget .

Uhh kriuk-kriuk , renyah di luar dengan isian cokelat , keju dan kacang memang mantap bener deh . cocok banget kalau di nikmati dengan teh manis hangat , coffe , ataupun minuman hangat dan minuman dingin lainnya menurut selera anda . kue leker sendiri merupakan kue yang katanya sih berasa dari perancis , tapi aku kurang tahu juga sih . soalnya kue leker dimana-dimana ada sih , dari kue leker jogja , kue leker solo dan lain sebagainya . kalau aku sih tahu nya enak dan gurih aja tuh leker hihihihi .

Resep Membuat Kue Leker Cokelat Kering Renyah

Oh iya , perlu anda ketahui kalau kue leker itu ada dua jenisnya yaitu kue leker kering dan kue leker basah . kalau kue leker kering ya biasanya isiannya seperti yang sudah aku sebutin tadi di atas . seperti isian dengan coklat , keju , kacang , pisang , stawberry dan lain sebgainya . kalau yang kue leker basah biasanya isiannya telur yang di orak-arik , sosis , ikan tuna dan lain sebagainya . kalau aku sih lebih suka kue leker yang kering , soalnya kalau yang basah sedikit bau amis .

Dalam membuat kue leker sebenarnya ada beberapa versi dan kreasinya , cetakan kue leker yang di pakai juga ada beberapa versi . dari leker yang  di buat dengan wajan kewalik ( kebalik ) , cetakan martabak manis , wajan anti lengket dan lain sebagainya . kalau resep leker yang kami bagikan kali ini , aku pakai cetakan martabak manis biar lebih mudah dalam membuatnya . tapi kalau anda ga punya cetakan martabak manis , anda bisa pakai wajan anti lengket ataupun wajan kewalik .

Soal isian kue leker bisa anda kreasikan sendiri , silahkan isi dengan bahan-bahan yang sesuai dengan selera anda . dalam menuang adonan kue leker harus segera di ratakan ya , agar hasilnya tipis dan bisa renyah . terus saat melipat leker , kue leker jangan sampai kering yah , anda dapat melipat kue leker saat keadaannya masih setengah kering agar hasilnya ga pecah . nah , untuk lebih jelas dari bahan-bahan dan cara membuatnya silahkan simak artikel resepnya dibawah ini .

Resep Membuat Kue Leker Cokelat Kering Renyah

Resep Membuat Kue Leker Cokelat Kering Renyah

Bahan-bahan Leker :

  • Telur 1 butir
  • Gula pasir 5 sendok makan
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Tepung terigu 1 1/2 gelas
  • Susu bubuk 2 sendok makan
  • Baking powder 1 sendok teh
  • Mentega 1 sendok makan
  • Air matang 1 gelas (jika mau lebih tipis crispy dibuat lebih encer)
  • Pisang yang sudah di potong-potong secukupnya
  • Susu coklat 1 sachet

Langkah Membuat Kue Leker :

  1. Pertama-tama mixer telur, gula dan garam sampai tercampur dengan rata.
  2. Selanjutnya masukkan terigu, susu bubuk dan baking powder, lalu mixer kembali sampai tercampur dengan rata dan tidak bergerindil.
  3. Tambahkan mentega yang telah dicairkan, kemudian masukkan air. (silahkan atur keenceran sesuai keinginan)
  4. Setelah itu panaskan teflon dengan menggunakan api sedang. Lalu tuangkan adonan 1 sendok sayur, tipiskan dan ratakan.
  5. Tunggu sampai setengah matang, lalu beri susu kental manis coklat dan potongan pisang. Lipat adonan menjadi 2, lalukan sampai adonan habis. Hemmm, nyuumi!


Selesai , seperti yang aku katakan tadi diatas jika isian kue leker dapat di kreasinya menurut selera anda . resep ini di buat untuk menghasilkan 8 buah kue leker saja , jika ingin membuatnya lebih banyak silahkan tambahkan saja aneka bahan-bahan yang dibutuhkan sesuai takaran . selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Kue Leker Cokelat Kering Renyah ini dirumah yah . buka juga informasi aneka resep kue lainnya seperti Resep Membuat Roti Bakar Pisang Special Komplit yang akan sayang sekali jika anda lewatkan .

Terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda . sekian , seeyou :)

Advertisement

iklan