Resep Membuat Lapis Legit Kukus Hemat Telur

Resep Membuat Lapis Legit Kukus Hemat Telur - Kue istimewa hadir lagi diindonesia , bernama lapis legit yang memiliki rasa manis legit memang enak sekali . manis yang empuk membuat lapis legit banyak sekali di sukai oleh kalangan masyarakat luas . dari anak kecil , para remaja hingga orang dewasa tentunya mereka menyukai lapis legit . lapis legit yang mempunyai tekstur empuk dan lembut sering menjadi pilihan sebagian orang untuk menu sarapan di pagi hari .

Nikmatnya teh manis hangat akan semakin special dengan teman lapis legit yang lembut . hmm nyumi , awali aktifitasmu dengan lapis legit yang manis legit agar hari-harimu semakin manis heheh :D . dalam membuat lapis legit memang dapat dibuat dari dua cara , yaitu dengan di kukus dan di panggang . lapis legit yang di panggang memang sedap sekali , aroma wanginya lebih strong . 

Namun lapis legit yang diolah dengan dikukus juga sama enaknya loh , tidak kalah dengan yang dipanggang deh . sama-sama wangi dan nyumi banget , sangat cocok untuk disajikan sebagai camilan yang lezat untuk teman berkumpul dengan keluarga . selain itu , lapis legit juga cocok sekali jika disajikan sebagai salah satu kudapan untuk pesta kecil anda . seperti acara ulang tahun , arisan , kumpul keluarga , khajatan seperti pernikahan , khitahan dan lain sebagainya .

Dalam membuat lapis legit memang tidak seperti pada pembuatan kue-kue lainnya , karena lapis legit lebih banyak memerlukan telur dalam membuatnya . terkadang malah bisa sampai 20 hingga 30 butir telur untuk 1 loyang lapis legit . wow , dalam keadaan telur yang sedang mengalami harga mahal tentunya akan sedikit membebankan anda dalam membuat lapis legit sendiri bukan ? nah kali ini Harian Resep akan membagikan anda resep lapis legit yang wajib anda coba membuatnya dirumah .

Karena selain enak , dalam pembuatan lapis legit kukus kali ini lebih hemat telur . anda hanya memerlukan delapan butir telur saja untuk membuat lapis legit yang enak dan empuk . ehmm , cukup ekonomis bukan ? so , untuk anda yang ingin sekali membuat lapis legit namun tidak punya oven dan ingin resep yang hemat telur , jangan sampai anda lewatkan resep lapis legit ini deh . yasudah , untuk lebih jelas dari bahan-bahan dan cara membuatnya dengan mudah , silahkan simak artikel resepnya seperti dibawah ini .

Resep Membuat Lapis Legit Kukus Hemat Telur

Resep Membuat Lapis Legit Kukus Hemat Telur

Bahan-bahan Lapis Legit Kukus Hemat Telur :

  • Margarin 200 gram
  • Susu kental manis 2 1/2 sendok 
  • Susu bubuk 40 gram
  • Telur 8 butir
  • Gula pasir 200 gram
  • Emulsifier ( tbm/sp ) 1 sendok makan
  • Tepung terigu protein sedang 200 gram
  • Baking powder 1/2 sendok teh
  • Esens vanila 1/2 sendok teh

Bahan Taburan ( aduk rata ) Lapis Legit Kukus Hemat Telur :

  • Cokelat bubuk 1/2 sendok makan
  • Bumbu spekuk ( bubuk kayu manis ) 1 sendok makan

Cara Membuat Lapis Legit Kukus Hemat Telur :

  1. Pertama-tama kocok margarin hingga lembut . lalu tambahkan susu kental manis . kocok rata . sisihkan .
  2. Setelah itu kocok telur , gula pasir , dan emulsifier hingga mengembang . lalu masukkan tepung terigu , susu bubuk , dan baking powder sambil diayak dan diaduk-aduk hingga rata . tambahkan esens vanila . aduk kembali hingga rata .
  3. Selanjutnya tuang adonan telur sedikit demi sedikit ke dalam kocokan margarin sambil diaduk perlahan .
  4. Ambil 75 gram adonan . ratakan ke dalam loyang 20x20x7 centi meter yang dialas kan kertas roti tanpa di olesi dengan margarin . ayak tipis bahan taburan .
  5. Kemudian kukus 5 menit adonan di atas api sedang . tuang lagi 75 gram adonan . ayak tipis bahan taburan . kukus kembali selama 5 menit hingga matang .
  6. Lakukan terus hingga adonan habis . untuk lapisan terakhir dituang , kukus selama 10 menit hingga matang .
  7. Setelah dirasa sudah matang , angkat , dinginkan , potong-potong .
  8. Resep Membuat Lapis Legit Kukus Hemat Telur siap untuk disajikan .

Selesai , itulah bahan-bahan dan cara membuat lapis legitnya , cukup mudah bukan ? silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Lapis Legit Kukus Hemat Telur ini dirumah yah . jangan lupa buka juga informasi resep aneka kue lainnya seperti Resep Membuat Bolu Gulung Empuk Sederhana yang akan sayang sekali jika anda lewatkan . terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda . sekian , seeyou :)

Advertisement