Resep Membuat Sambal Mangga Muda Makyus

Resep Membuat Sambal Mangga Muda Makyus - Selamat siang bun , ketemu lagi dengan Harian Resep yah . hari ini kami hadirkan lagi aneka resep sambal yang wajib bunda-bunda coba membuatnya dirumah . nah , jika biasanya sambal identik dengan cabai yang di uleg hingga halus , resep sambal yang kami bagikan kali ini cukup berbeda yaitu Resep sambal mangga muda . resep sambal mangga muda ? woww pasti segar makyus yah .

Untuk sebagian orang tentunya sudah tidak asing lagi dengan rasa nikmat segar dari sambal mangga muda bukan ? rasa yang enak dan segar dari potongan mangga muda memang nikmat sekali . sangat cocok jika dinikmati bersama nasi putih dengan lauk seperti ayam goreng , ayam bakar , ikan bakar dan lain sebagainya . hmm nyumii banget deh , kebanyakan orang kalau sudah menikmati sambal mangga pada tidak kerasa deh kalau sudah habis dua piring heheh .

Nikmat dan segarnya buah mangga memang mencapai puncaknya saat mangga mengkal atau matang . karena pada kondisi tersebut buah mangga mencapai derajat rasa manis yang paling tinggi . sementara rasa asam yang terdapat pada mangga dapat tersamarkan oleh rasa manis tersebut . jadi jangan heran lagi jika kebanyakan orang banyak yang menyukai saat buah mangga sudah matang dibandingkan dengan mangga yang masih muda .

Namun mangga muda yang didominasi rasa asam dan sedikit sepat ini , malah justru banyak di sukai oleh beberapa orang loh . seperti pada wanita hamil yang sedang ada dalam fase ngidam , biasanya yang diinginkan justru buah mangga yang masih muda . nah dari kejadian itu , banyak masyarakat yang mencoba mengkreasikan mangga muda menjadi hidangan yang dapat menggoyang lidah anda . seperti rujak mangga , ataupun sambal mangga muda yang sering dikenal dengan nama sambal pencit seperti yang akan kami bagikan kali ini .

Untuk anda yang suka sekali dengan hidangan pedas , enak , segar dan makyus jangan sampai melewatkan resep sambal mangga muda ini deh . soalnya enak banget sih , selain itu cara membuatnya juga mudah kok . tinggal uleg-uleg goprek-goprek dikit jadi deh sambal mangga muda nya :D . yasudah , tidak panjang lebar lagi deh , untuk lebih jelas dari bahan-bahan dan cara membuat sambal mangga mudanya silahkan simak artikel resepnya seperti berikut ini .

Resep Membuat Sambal Mangga Muda Makyus

Resep Membuat Sambal Mangga Muda Mangga Makyus

Bahan-bahan Sambal Mangga Muda Makyus :

  • Mangga muda 1 buah ( kupas , bersihkan lalu dipotong memanjang tipis seperti ukuran korek api . sisihkan )
  • Cabai merah 3 buah
  • Cabai rawit 5 buah
  • Bawang merah 3 butir
  • Bawang putih 2 siung
  • Terasi secukupnya ( dibakar sebentar sebelum di olah )
  • Garam secukupnya
  • Penyedap secukupnya
  • Gula pasir sedikit ( untuk penambah gurih )
Setelah semua bahan-bahan telah tersedia , saatnya anda meracik sambal mangga muda yang makyus ala anda dirumah , caranya seperti berikut ini , cekidot :D

Cara Membuat Sambal Mangga Muda Makyus :

  1. Pertama-tama haluskan cabai merah bersama dengan bawang merah , bawang putih , cabai rawit , garam , gula pasir , penyedap dan terasi yang sudah dibakar tadi . 
  2. Jika semua bahan bumbu telah halus sempurna , anda dapat menyiapkan wadah lalu campurkan bahan sambal dengan mangga yang sudah anda potong-potong tadi .
  3. Resep Membuat Sambal Mangga Muda Mangga Makyus siap untuk dihidangkan .

Selesai , mangga muda dapat langsung anda campurkan pada saat bumbu masih berada di dalam ulekan . sebagaian orang hanya mencampurkan begitu saja namun ada pula sebagian orang yang menggerus mangga agar bumbu dan mangga lebih menyatu dengan bumbu . semua tergantung pada selera anda masing-masing saja . oh ya untuk cabai , jika anda pencinta pedas anda dapat menambahkan cabai rawit sesuai selera dan begitupun sebaliknya .

Nah itulah bahan-bahan dan cara membuat sambal mangga mudanya , cukup mudah bukan ? silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Sambal Mangga Muda Makyus ini dirumah yah . jangan lupa buka juga informasi resep aneka sambal lainnya seperti Resep Membuat Karedok Leunca Khas Sunda Enak yang akan sayang sekali jika anda lewatkan . Terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda . sekian ,seeyou :)

Advertisement