Resep Membuat Ayam Apik Khas Pandang Lezat

Resep Membuat Ayam Apik Khas Pandang Lezat - hai selamat siang bun , ketemu lagi dengan harianresep.blogspot yah . wah , kayanya sudah pada ngga sabar lagi lihat updatean masakan terbaru dari kami yah . oke , kalau begitu langsung saja simak baik-baik tentang resep masakan yang akan kami bagikan kali ini yah . pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang resep ayam apik khas padang yang masuk dalam katagori aneka hidangan pembuka .

Untuk anda yang tinggal di kota padang dan sekitarnya tentunya anda sudah tidak asing dengan rasa yang enak dan lezat dari ayam apik bukan ? jika kita telusuri ayam apik merupakan salah satu masakan khas dari padang sumatera barat yang berbahan dasar daging ayam . mempunyai rasa yang enak , pedas yang khas dan gurih ini sangat enak sekali jika dinikmati dengan nasi putih hangat bersama sambal dan lalaban untuk menemaninya .

Ayam apik yang memiliki rasa enak dan gurih akan semakin nikmat sekali dengan sentuhan santan kelapa yang segar di dalam nya . uhh , rasanya tak bisa dibayangkan jika ayam apik ini tersedia dimeja makan . kami rasa tak akan ada yang bisa menolak lezatnya ayam apik khas padang ini . ayam apik yang dimasak dengan aneka bumbu rempah alami khas padang sehingga tak akan diragukan lagi akan rasa yang dimiliki ayam apik .

Dalam rempah tersebut pasti terdapat deratan bahan seperti cabai dan kunyit . karena rasa-rasanya bukan masakan khas padang namanya jika tidak menggunakan cabai dan kunyit didalamnya . penggunaan cabai dan kunyit dalam racikan bumbu ayam apik membuat ayam apik memiliki rasa pedas yang nikmat dan berwarna kuning yang semakin mempercantik sajiannya . wah pastinya bunda sudah penasaran sekali dengan ayam apik yah ? tapi sabar dahalu karena kami akan membahas sedikit lagi tentang ayam apik khas padang ini .

Dalam membuat ayam apik memang dapat dibilang susah susah gampang . karena dalam membuatnya anda harus lebih sedikit bersabar mengikuti proses dalam pembuatannya seperti proses perebusan dan pemanggangan . proses perebusan dilakukan agar ayam dapat mempunyai tekstur empuk dan bumbu-bumbu dapat meresap  masuk kedalam daging dengan sempurna . lalu proses pemanggangan dilakukan dengan melumuri sisa kuah kental yang dihasilkan dari proses perebusan agar lebih gurih nikmat .

Dengan demikian dipastikan rasa ayam apik akan terasa enak dan lezat sempurna . menggunakan bara api dalam proses pemanggangan membuat ayam bagian luar dapat memunculkan sensasi crispy atau renyah gurih pada gigitan pertama nya . dan perebusan dalam memunculkan sensasi daging ayam yang empuk dan nikmat pada gigitan selanjutnya . penasaran ? silahkan simak bahan-bahan dan cara membuat ayam apik khas padang ini pada artikel resepnya dibawah ini .

Resep Membuat Ayam Apik Khas Pandang Lezat

Resep Membuat Ayam Apik Khas Pandang Lezat

Bahan-bahan Ayam Apik Khas Pandang Lezat :

  • Daging ayam ( dari 1 ekor ayam lalu dipotong sesuai dengan selera )
  • Santan kental dari 1 butir kelapa 

Bumbu Ayam Apik Khas Pandang Lezat :

  • Cabai rawit secukupnya ( disesuaikan dengan selera )
  • Bawang merah 8 siung
  • Bawang putih 4 siung
  • Sereh 2 batang
  • Daun kunyit 1 lembar
  • Daun jeruk 5 lembar
  • Kunyit 1/2 ruas jari
  • Merica secukupnya
  • Garam dan penyedap rasa secukupnya 

Cara Membuat Ayam Apik Khas Pandang Lezat :

  1. Pertama-tama cuci daging ayam hingga bersih .
  2. Selanjutnya haluskan cabai rawit , bawang merah , bawang putih dan merica .
  3. Setelah itu masak santan bersamaan dengan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan , beserta sereh , daun kunyit dan daun jeruk hingga mendidih .
  4. Setelah mendidih masukkan daging ayam lalu masak dengan api besar hingga mendidih kembali . tutup wajan lalu kecilkan api .
  5. Jika ayam sudah terasa empuk , angkat lalu pisahkan dengan kuahnya .
  6. Kemudian masak kembali kuahnya hingga benar-benar mengental , karena kuahnya nanti akan dijadikan sebagai bumbu oles ayam saat membakar .
  7. Terakhir panggang daging ayam diatas bara api sambil dilumuri atau di olesi dengan kuah kentalnya . panggang daging ayam sampai berwarna hitam kecoklatan .
  8. Resep Membuat Ayam Apik Khas Pandang Lezat siap untuk dihidangkan .

Selesai , dalam proses membuat ayam apik memang dapat dibilang cukup panjang . namun semua itu akan terbayar dengan rasa ayam apik yang enak dan lezat . cocok sekali jika disajikan sebagai sarapan pagi agar lebih semangat lagi dalam menjalani aktivitas . atau disajikan sebagai menu makan siang dan makan malam yang special . 

Yasudah , selamat mencoba dan berkreasis sendiri dengan Resep Membuat Ayam Apik Khas Pandang Lezat ini dirumah . buka juga informasi resep masakan lainnya seperti Resep Membuat Orak Arik Ikan Tuna Telur Mudah yang akan sayang sekali jika anda lewatkan . terimakasih sudah membuka harianresep.blogspot.com , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda . jika anda menyukai artikel Resep Membuat Ayam Apik Khas Pandang Lezat ini , silahkan like atau share ke media sosial anda seperti facebook , twitter atau gooegle plus anda agar lebih memudahkan kami dalam berbagi resep-resep lainnya . sekian , seeyou :)

Advertisement