Resep Membuat Perkedel Ikan Tongkol Enak Gurih

Resep Membuat Perkedel Ikan Tongkol Enak Gurih - Berbicara tentang perkedel , apakah anda menyukainya ? lalu ingin buat namun tidak tahu bahan-bahan dan cara membuatnya ? jika begitu simak baik-baik resep perkedel ikan tongkol ala Harian Resep kali ini . karena kami akan membagikan lengkap dari bahan-bahan yang digunakan beserta dengan cara membuatnya dengan mudah .

Perkedel memang pada umumnya dibuat dengan menggunakan bahan utama kentang dan daging . selain itu juga dapat juga di buat dengan bahan utama tempe dan tahu . yang tentunya tak ketinggalan dengan telur ayam sebagai bahan perekatnya . namun kreasi masyarakat akan perkedel pun semakin banyak dan berkembang .

Sehingga perkedel sekarang tidak hanya dibuat dari kentang , daging , tahu dan tempe saja . namun dapat di kreasikan juga dengan menggunakan ikan seperti pada resep perkedel ikan tongkol yang akan kami bagikan kali ini . ternyata dengan menggunakan ikan tongkol , perkedel dapat mempunyai rasa yang lebih enak dan gurih loh bun . cocok sekali jika di sajikan dengan nasi hangat sebagai lauk penambah selera dengan aneka tumis sayuran yang sudah disajikan .

Memang sudah anda ketahui sebelumnya jika perkedel sendiri merupakan makanan tambahan sebagai lauk . entah itu untuk sarapan pagi , makan siang ataupun makan malam . perkedel ikan tongkol ini akan selalu asik dan enak untuk disajikan dan disantap bersama keluarga tercinta dirumah . selain itu , bentuknya yang praktis dan rasanya yang enak banyak orang yang menyajikan perkedel ikan tongkol sebagai bekal anak ke sekolah .

Kandungan gizi yang tersaji didalam ikan tongkol ternyata baik sekali dikonsumsi oleh anak-anak loh bun . apalagi untuk anak kecil yang sedang masa pertumbuhan , karena banyak gizi didalam ikan tongkol yang dibutuhkan anak kecil . bagaimana , penasaran dan ingin segera membuatnya ? jika begitu siapkan bahan-bahan yang dibutuhkannya , lalu ikuti cara membuat perkedel tongkolnya seperti dibawah ini . cekidot :)

Resep Membuat Perkedel Ikan Tongkol Enak Gurih

Resep Membuat Perkedel Ikan Tongkol Enak Gurih

Bahan-bahan Perkedel Ikan Tongkol :

  • Ikan tongkol giling 100 gram
  • Kentang 250 gram ( dipotong-potong , digoreng lalu dihaluskan )
  • Bawang merah goreng 1/2 sendok makan ( diremas-remas )
  • Cabai merah 2 buah ( dicincang halus )
  • Garam 3/4 sendok teh
  • Merica bubuk 1/2 sendok teh
  • Telur 1 butir 
  • Daun kemangi 2 tangkai ( diiris halus )
  • Minyak 1 sendok makan ( digunakan untuk menumis )
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng 

Bumbu Halus Perkedel Ikan Tongkol : 

  • Kunyit 1 centi meter ( dibakar )
  • Bawang putih 2 siung
  • Bawang merah 2 butir
  • Daun jeruk 2 lembar ( dibuang tulang daunnya )
  • Kencur 1 centi meter
  • Jahe 1/2 centi meter

Cara Membuat Perkedel Ikan Tongkol :

  1. Pertama-tama panaskan minyak , lalu tumis bumbu halus hingga wangi . angkat .
  2. Selanjutnya campurkan kentang , ikan tongkol , cabai merah keriting , garam , merica bubuk , telur dan bumbu halus . aduk-aduk hingga rata .
  3. Setelah itu masukkan daun kemangi dan bawang goreng . aduk lagi hingga rata .
  4. Kemudian ambil sedikit adonan , lalu bentuk bulat pipih .
  5. Terakhir goreng adonan perkedel ke dalam minyak yang sudah dipanaskan diatas api sedang hingga matang .

Selesai , jika kita lihat bahan-bahan yang digunakan pada perkedel ikan tongkol ini lumayan komplit yah . soalnya ada kentangnya , daun kemangi , jahe , kencur dan daun jeruk nya yang dapat menambah wangi aroma khas sang perkedel . penggunaan jahe dan daun jeruk pada bumbu halus perkedel ikan tongkol bertujuan agar ikan tongkol tidak bau amis saat di olah menjadi perkedel . bagaimana , mudah dan tidak ribet kan dalam membuat perkedel ikan tongkol ini ?

Resep perkedel ikan tongkol ini wajib di coba loh bun . bisa menjadi pilihan saat anda dan keluarga sedikit bosan dengan perkedel kentang original ataupun perkedel daging . so , tunggu apa lagi :) selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Perkedel Ikan Tongkol Enak Gurih ini dirumah yah . buka juga artikel resep lainnya seperti Resep Membuat Kepiting Saus Tiram Paling Enak yang akan sayang sekali jika anda melewatkannya .

Terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda . jika anda menyukai artikel Resep Membuat Perkedel Ikan Tongkol Enak Gurih ini , jangan lupa like atau share ke media sosial kalian yah . seperti facebook , twitter atau google plus anda , agar lebih memudahkan kami dalam membagikan aneka Resep lainnya . sekian , seeyou :)

Advertisement