Resep Membuat Bakso Tomat Special Moncrot

Resep Membuat Bakso Tomat Special Moncrot - Berbicara bakso , tentu saja semua orang menyukai makanan enak yang satu ini . bentuknya yang bulat dan mempunyai tekstur kenyal menjadi salah satu makanan vaforit untuk semua kalangan masyarakat luas . bakso yang memiliki rasa gurih ini biasanya disajikan dengan sayuran , bihun dan mie kuning . kuahnya yang sedap semakin nikmat dengan tambahan sambal , saus botol , kecap manis dan cuka sesuai selera .

Bakso sendiri memiliki banyak macam bentuk dan ke khasannya . contohnya untuk bakso malang , dia sangat khas dengan bakso yang bertekstur urat dan sangat khas dengan bakso tahu dan panggitnya . untuk bakso solo , bakso ini terkenal dan khas bertekstur lembut dan berisi daging cincang di dalamnya . nah untuk bakso di daerah jakarta dan bogor sangat terkenal dengan bakso super jumbonya . 

Bakso yang berukuran besar hingga 1 mangkok ini sangat terkenal dengan sebutan bakso setan untuk daerah sukabumi dan ibukota jakarta . untuk pembuatan bakso biasanya  para pedagang menggunakan daging ayam , daging sapi , daging ikan , tahu , tongkol dan lain sebagainya . namun bagaimana jadinya ya kalau sebuah tomat di isi daging atau adonan baskso sehingga sering di sebut bakso tomat ? wah tak bisa di bayangkan segarnya buah tomat yang berisikan dengan adonan bakso ini yah .

Pastinya akan terasa unik dan sedap . untuk bakso tomat sangat terkenal di daerah jakarta . karena ada salah satu warung bakso yang menyajikan bakso secara unik seperti bakso tomat atau bakso moncrot ini . mungkin untuk sebagian orang bingung dengan nama bakso tomat yang sering di sebut bakso moncrot ini . moncrot disini berasal dari tomat yang di buang isinya lalu di beri isian adonan bakso .

Lalu saat di makan atau di gigit isian bakso tomat tersebut sering muncrat-muncrat sehingga sering di sebut dengan bakso moncrot . untuk semangkok bakso moncrot biasa di hargai lima belas ribu rupiah . yah , dapat di bilang cukup murah ya . untuk kalian yang jauh dari warung bakso moncrot , jangan berkecil hati . karena dengan mengikuti resep dan cara membuatnya sepeti pada resep bakso tomat moncrot yang kami bagikan kali ini .

Kalian bisa membuatnya sendiri langsung dari dapur kalian . cara membuat bakso tomat moncrot ini dapat dibilang cukup mudah dan tidak ribet . langkah-langkah dalam membuatnya hampir sama dengan pembuatan bakso pada umumnya . hanya saja kita akan menggunakan buah tomat dalam kreasinya , penasaran ? yuck simak baik-baik atau praktekkan langsung resep dan cara membuat bakso tomat moncrotnya seperti berikut ini .

Resep Membuat Bakso Tomat Special Moncrot

Resep Membuat Bakso Tomat Special Moncrot


Bahan Bakso Tomat Moncrot :

  • Tomat segar Jumbo 500 gram ( lubangi tengahnya lalu keluarkan isinya )

Bahan-bahan Isian ( Bakso Urat ) :

  • Daging sapi giling 1/2 kilo gram
  • Tepung kanji 100 gram
  • Es batu 50 gram
  • Bawang putih 8 siung ( blender halus ) 
  • Telur ayam 1 butir
  • Lada bubuk 1 sendok teh
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya
  • Garam Secukupnya

Bahan Pelengkap Bakso Tomat Moncrot :

  • Bihun secukupnya
  • Mie kuning secukupnya
  • Bawang merah goreng
  • Saus sambal
  • Smabal cabai 
  • Kecap manis
  • Cuka

Cara Membuat Bakso Tomat Moncrot :

  1. Langkah awal campurkan daging , es batu , kaldu , bawang putih , garam dan merica blender hingga halus . masukkan ke dalam wadah , kemudian tambahkan sedikit demi sedikit tepung tapioka , aduk terus hingga semua bahan tercampur rata . tambahkan telur , aduk kembali hingga rata . cicipi adonannya , jika di rasa ada yang kurang , silahkan tambahkan .
  2. Untuk hasil yang maksimal , dalam mengaduk-aduk adonan bakso sebaiknya sampai 10-15 menit ya . sampai adonan terasa agak kenyal dan mudah untuk di bentuk ( tidak lembek dan tidak terlalu keras )
  3. Selanjutnya ambil adonan dengan sendok kecil , lalu masukkan adonan bakso ke dalam buah tomat yang sudah di buang isinya hingga penuh . lakukan lagi hingga semua adonan habis .
  4. Setelah itu rebus bakso tomat dalam rebusan air yang mendidih yang sudah di bumbui garam secukupnya . Tunggu hingga bakso matang ( ditandai dengan mengapung di permukaan air ) . angkat , tiriskan .
  5. Untuk kuah kaldu dapat di kreasikan sendiri yah , untuk kuah sang bakso tomat . atau bisa juga klik disini untuk mengetahui cara membuat kuah bakso yang enak Resep Membuat Bakso Yang Enak Dan kenyal atau Resep Membuat Bakso Ayam Enak Special Kenyal Kuah 
  6. Bakso tomat atau bakso moncrot siap untuk disajikan bersama bahan pelengkap .

Jangan Lewatkan : Resep Membuat Tumis Kangkung Oncom Pedas Nikmat
Resep Membuat Bola Udang Saus Bangkok Enak
Resep Membuat Udang Goreng Telur Asin Gurih 

Selesai , itulah bahan-bahan dan cara membuat bakso tomat special moncrotnya . cukup mudah bukan ? sajikan bakso tomat moncrot dengan bahan pelengkap agar tambah makyus . tapi kalau di nikmati dengan kuah kaldunya saja juga sudah enak dan sedap loh . nikmati selagi hangat , agar aroma wangi sang bakso tomat terasa semakin nikmat .

Yasudah , selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Bakso Tomat Special Moncrot yang kami bagikan kali ini . terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk kalian . jika kalian menyukai artikel Resep Membuat Bakso Tomat Special Moncrot ini , jangan lupa like dan share ke media sosial kalian ya . seperti facebook , twitter atau google plus , agar memudahkan kami dalam berbagi aneka resep lainnya . sekian , seeyou :)

Advertisement