Resep Membuat Sosis Sapi Ayam Sehat Sendiri

Resep Membuat Sosis Sapi Ayam Sehat Sendiri  - Sosis adalah salah satu makanan yang dibuat dari daging giling yang diberi bumbu rempah dan memiliki bentuk bulat lonjong memanjang . rasanya yang enak dan gurih membuat banyak sekali orang yang menyukainya . dari anak kecil , para remaja hingga orang dewasa . sosis memang tergolong makanan siap saji yang terkenal di berbagai lapisan masyarakat .

Sehingga anda dapat menemui sosis dimana-dimana , dari warung batak, mini market hingga supermarket . banyak jenis sosis yang dijajakan disana , dari merek terkenal yang biasa muncul di iklan . hingga sosis yang memiliki merek belum terkenal dan belum diketahui kualitasnya . namanya makanan siap saji , sehingga sosis dapat langsung dimakan tanpa di masak lagi . namun bagi yang ingin menikmati sosis lebih enak biasanya sosis diolah lagi dengan di goreng atau di bakar .

Selain di goreng dan dibakar , sosis juga sering menjadi bahan campuran didalam masakan . seperti pada nasi goreng , mie goreng , mie rebus , bakmi godok , bakmie goreng , kwetiauw goreng , tumis sayur sosis , isian martabak telor , steak sosis dan lain sebagainya . pokoknya banyak sekali aneka kreasi masakan yang dapat kita hadirkan dari bahan dasar sosis ataupun sebagai bahan tambahannya saja . jika kita lihat , sosis memang sudah dikreasikan saat membuatnya agar dapat bertahan lama .

Namun anda juga harus ketahui pastinya ada bahan pengawet agar sosis dapat bertahan lama . wah , untuk anda yang suka sekali dengan sosis pastinya ngga bagus donk mengkonsumsi sosis dengan bahan pengawet secara terus menerus ? sebenarnya dengan sedikit bekerja keras dan meluangkan waktu sedikit anda sudah dapat membuat sosis homemade loh . selain enak , sosis yang anda buat langsung dari dapur anda tentunya akan lebih higienis dan aman untuk dikonsumsi .

Selain bahan-bahan yang dibutuhkan terjangkau dimana-dimana , cara membuatnya juga mudah dan tidak ribet . so , tunggu apa lagi , lindungi kesehatan keluarga anda dengan membuat sosis ayam atau sapi sendiri . nah , untuk anda yang ingin membuatnya namun tidak tahu bahan-bahan dan cara membuatnya . silahkan simak artikel resep sosis ayam atau sapi yang akan kami bagikan dibawah ini .

Resep Membuat Sosis Sapi Ayam Sehat Sendiri

Resep Membuat Sosis Sapi Ayam Sehat Sendiri

Bahan-bahan Sosis Sapi Ayam :

  • Daging sapi atau daging ayam giling 600 gram
  • Minyak goreng atau minyak apa saja yang tidak beraroma 100 mili liter
  • Es serut atau es batu yang dihancurkan 150 gram
  • Tepung tapioka atau sagu 3 sendok makan
  • Garam 1 sendok teh
  • Gula pasir 1 sendok teh
  • Merica bubuk 1/2 sendok teh
  • Ketumbar bubuk 1/2 sendok teh
  • Bawang putih cincang 1 sendok makan
  • Putih telur 1 

Cara Membuat Sosis Sapi Ayam :

  • Pertama-tama campur daging ayam atau daging sapi dengan sebagian es serut dan garam , aduk hingga rata . lalu masukkan minyak , aduk kembali hingga rata .
  • Setelah itu campur semua bumbu , tepung tapioka atau sagu , putih telur dan sisa es serut . aduk rata .
  • Selanjutnya masukkan adonan ke dalam plastik segitiga , tekan-tekan , dan usahakan jangan ada rongga udara .
  • Kemudian semprotkan adonan ke dalam casing sosis atau plastik es , hingga adonan habis .
  • Ikat dengan benang atau rapiah setiap 10 centi meter atau sesuai selera .


Resep Membuat Sosis Sapi Ayam Sehat Sendiri
  • Didihkan air , taruh kedalam wadah lalu biarkan sebentar kira-kira 1 centi meter , baru deh masukkan adonan sosis ke dalam air panas nya dan biarkan selama 15-20 menit , angkat .


Resep Membuat Sosis Sapi Ayam Sehat Sendiri

  • Jika sudah langsung celupkan sosis ke dalam air dingin atau air es agar bentuknya tidak berubah . tiriskan . gunting ikatannya lalu tunggu hingga dingin . baru deh masukkan sosis ke dalam wadah tertutup dan simpan di freezer .
  • Resep Membuat Sosis Sapi Ayam Sehat Sendiri siap disajikan .


Resep Membuat Sosis Sapi Ayam Sehat Sendiri


Selesai , penggunaan minyak goreng disini bertujuan agar adonan sosis tidak lengket dan kalis . jika anda membuat sosis untuk anak-anak , anda dapat menggunakan eloo atau canola oil agar lebih aman dikonsumsi . oke selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan resep sosis ayam atau sapi yang kami bagikan kali ini . buka juga informasi resep lainnya seperti Resep Membuat Samosa Isi Daging Ayam Nikmat .

Terimakasih sudah membuaka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat . jika anda menyukai Resep Membuat Sosis Sapi Ayam Sehat Sendiri ini jangan lupa like atau share ke media sosial anda yah . selamat nyosiss , sekian , seeyou :)

Advertisement