Resep Membuat Keripik SingKong Pedas Ala Maicih

Resep Membuat Keripik SingKong Pedas Ala Maicih - Jika berbicara tentang keripik singkong tentu saja bayangan anda pasti dengan rasa yang kriuk dan gurihnya . keripik seperti ini baisanya di sebut dengan keripik singkong yang mempunyai rasa original . namun saat ini keripik menjadi sebuah tren bagi para pecinta camilan . karena sekarang banyak sekali aneka kreasi rasa yang di padukan ke dalam keripik singkong .

Dari rasa pedas , manis , asin gurih , barbeque , keju , balado , sapi panggang dan lain sebagainya . aneka rasa yang di berikan ke dalam keripik singkong membuat keripik singkong semakin banyak yang menyukainya . aneka rasa yang diberikan dari aneka rasa yang sudah familiar di lidah orang indonesia menjadikan keripik singkong sering menjadi sebuah camilan pilihan untuk teman bersantai . kriuk-kriuk rasa-rasanya tak ingin berhenti mengunyah sebelum sang keripik singkong habis .

Terobosan terbaru dari maicih salah satu pengusaha yang berdomisili jawa barat ini semakin memeriahkan sang keripik singkong . bagaimana tidak , produk keripik yang di keluarkan maicih sudah terkenal dimana-dimana berkat idenya yang memberikan rasa berbeda pada keripik . mengkreasikan keripik singkong yang mempunyai rasa pedas yang gurih memang begitu lezat . apalagi keripik maicih memberikan pilihan pedas yang dari level 1 hingga level 10 . 

Pedas yang diberikan sesuai level pastinya berbeda-beda . anda dapat memilih sendiri pedas yang bagaimana yang ingin anda nikmati . untuk keripik singkong maicih bisa anda dapatkan di aneka supermarket ataupun minimarket yang terjangkau dari tempat tinggal anda . untuk sebungkus ukuran kecil keripik singkong maicih biasa di bandrol harga sekitar dua puluh ribu rupiah hingga dua puluh lima ribu rupiah . waw , lumayan cukup mahal yah ?

Maka dari itu bagi anda yang ingin mencoba menikmati maicih namun ingin berhemat tak ada salahnya jika anda membuatnya sendiri dirumah . cara membuat keripik singkong maicih tentu saja sangat lah mudah , bumbu-bumbu yang digunakan juga terjangkau dimana-dimana . anda tak akan kesulitan saat membuat keripik singkong ala maicih ini sendiri dirumah . karena kami akan bagikan Resep Dan Cara Membuat nya secara mudah seperti artikel resepnya dibawah ini .

Resep Membuat Keripik SingKong Pedas Ala Maicih

Resep Membuat Keripik SingKong Pedas Ala Maicih

Bahan-bahan Keripik SingKong Pedas :

  • Singkong 1/2 kilo gram 

Bahan Rendaman Keripik Singkong Pedas :

  • Kapur sirih 1 sendok teh
  • Garam 1 sendok teh

Bahan Bumbu Keripik Singkong Pedas :

  • Bawang merah 6 butir ( diiris tipis )
  • Bawang putih 6 siung ( diiris tipis )
  • Cabai Cabai merah atau cabai rawit 15 buah ( atau sesuai selera )
  • Merica 1/2 sendok makan ( atau bisa sesuai selera )
  • Ketumbar 1/4 sendok teh
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya 

Cara Membuat Keripik Singkong Pedas :

  1. Keripik : Langkah awal iris singkong tipis-tipis , usahakan gunakan alat khusus pemotong keripik agar ukurannya dapat diatur pas , dan tebal tipisnya pas .
  2. Selanjutnya campurkan kapur sirih dan garam ke dalam air untuk bahan rendaman singkong .
  3. Rendam singkong selama 5 menit di dalam air rendaman . angkat . lalu rendam kembali di air bersih . angkat , lalu biarkan beberapa waktu agar air sedikit tiris .
  4. Gunakan minyak goreng yang banyak untuk menggoreng keripik , gunakan api sedang dalam menggorengnya . karena jika menggunakan api yang terlalu besar maka keripik singkong akan terlihat kehitaman atau cepat gosong dan tidak renyah . tiriskan .
  5. Lakukan menggoreng terus hingga semua irisan singkong habis .
  6. Bumbu Pedas : Pertama-tama oven atau jemur bawang putih , bawang merah yang sudah diiris tipis dan cabai hingga kering ( atau kadar airnya hilang ) . jika pakai oven , hati-hati ya , jangan sampai bawang dan cabai nya gosong . 
  7. Selanjutnya sangrai ketumbar dan merica hingga wangi . angkat .
  8. Lalu blender semua bahan termasuk garam dan gula . boleh dicicipi , jika dirasa ada yang kurang silahkan tambahkan bumbu sesuai selera .
  9. Langkah akhir masukkan keripik singkong yang sudah digoreng ke dalam wajan atau wadah besar , lalu bumbui keripik dengan bumbu pedas hingga rata . 
  10. Keripik singkong ala maicih homemade pun siap untuk disajikan .

Taraaaaa , kriuk-kriuk keripik singkong pedas gurih nan nikmat ala maicih nya sudah jadi . bagaimana , cukup mudah bukan dalam membuat keripik singkong pedas ala maicih ini ? oh iya , kami ingatkan lagi ya , jika anda menggunakan oven untuk mengeringkan bawang dan cabainya harus hati-hati ya . karena jika tidak hati-hati sering kejadian bawang dan cabainya gosong , nanti malah jadi merusak citarasa pedasnya .

Lalu untuk penggunaan gula pasir lebih bagus menggunakan gula bubuk saja , agar tekstur bumbu pedas lebih lembut . namun jika gula halus tidak tersedia di dapur , menggunakan gula pasir biasanya juga tak apa-apa . rasanya tetep makyuss , pedas , gurih lezat dan nikmat pokoknya . Untuk bumbu pedas nya selain digunakan untuk keripik singkong , anda juga dapat menaburkan di aneka keripik lainnya . 

Seperti keripik bakso , keripik jamur , keripik bayam dan lain sebagainya . dan silahkan rasakan sensasi pedas nya sang bumbu pedas dengan perpaduan aneka keripik yang nikmat . anda juga bisa kreasikan dengan Resep Membuat Abon Cabai Udang Pedas yang tak kalah pedasnya sebagai campuran masakan anda agar lebih pedas makyus . dalam membuat keripik singkong memang dapat dibilang cukup mudah , namun kami akan memberikan beberapa TIPS dalam Membuat Keripik Singkong Pedas agar hasilnya Renyah Enak seperti berikut ini .

Tips Membuat Keripik Singkong Enak Renyah 

  • Untuk proses pembuatan keripik singkong memang dapat dibilang cukup mudah , namun perlu ada waktu untuk pengirisan menjadi tipis-tipis . maka dari itu anda harus sabar dalam membuatnya , agar haslnya maksimal . seperti yang kami katakan di atas , usahakan anda menggunakan alat bantu pemotongan keripik singkong yang khusus agar lebih memudahkan dan mempersingkat waktu dalam pembuatan keripik singkong . alat ini tersedia di kios peralatan rumah tangga di pasar tradisional ataupun pasar modern .
  • Lalu kunci utama untuk mendapatkan hasil keripik yang enak dan renyah gurih , anda harus perhatikan pemilihan singkong yang akan digunakan untuk membuat keripik . usahakan pilih singkong yang jangan terlalu tua dan kulitnya berwarna merah . agar hasil keripiknya renyah dan tidak keras .
  • Untuk menciptakan kerenyahan sang keripik singkong , ada beberapa trik yang harus anda perhatikan . seperti singkong yang habis direndam harus di tiriskan terlebih dahulu agar kandungan air pada singkong tidak terlalu banyak . jika dirasa singkong sudah benar-benar kering , anda dapat mempersiapkan dua penggorengan . untuk penggorengan pertama berisi minyak dengan suhu sedang untuk menggoreng singkong setengah matang . dan untuk penggorengan yang kedua berisi minyak dengan suhu yang panas maksimal . penggorengan kedua ini digunakan untuk menggoreng singkong sampai benar-benar matang .

Silahkan baca dan perhatikan baik-baik Resep , Cara Membuat dan Tips sebelum anda membuat Keripik Singkong Pedas Ala Maicih agar hasilnya maksimal gurih renyah . Untuk tingkat kepedasan pada bumbu pedas dapat anda kreasikan sediri tingkat kepedasannya ya . bagi si kecil yang tidak suka pedas , anda dapat menaburkan aneka bumbu dengan rasa sesuai selera . seperti bumbu baberque , jagung bakar , rasa sapi panggang , rasa manis gurih dan lain sebagainya .

Untuk Bumbu bubuk aneka rasa ini bisa anda dapatkan di toko bumbu ataupun di toko bahan roti yang terjangkau dari tempat tinggal anda . selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Keripik SingKong Pedas Ala Maicih yang harianresep.blogspot.com bagikan kali ini . buka juga informasi resep lainnya seperti Resep Membuat Lumpia Semarang Dengan Saus Nikmat yang sayang sekali jika anda lewatkan . semoga bermanfaat , sekian :)

NB : jika ingin lebih praktis anda dapat memakai bawang putih bubuk , bawang merah bubuk dan cabai bubuk yang tersedia di toko-toko saat membuat bumbu pedas . namun kami rasa kurang maksyus , karena rasanya kurang gurih . selamat mencoba :)

Advertisement