Resep Membuat Udang Bakar Madu Ala Mang Engking

Resep Membuat Udang Bakar Madu Ala Mang Engking - Bagi anda yang gemar sekali dengan masakan seafood , tentu saja sudah tak asing lagi dengan udang bakar madu bukan ? rasanya yang enak dengan aroma wangi yang khas dari madu dan bumbu pilihan memang sangat mengoda sekali . walaupun menggunakan saus sambal botol udang bakar madu ini tergolong makanan yang tidak pedas . sehingga dapat dinikmati oleh semua orang , dari anak kecil para remaja dan orang dewasa .

Udang yang pada dasarnya sudah memiliki rasa gurih , akan semakin segar dengan perasan jeruk nipis sebagai salah satu bumbu nya . perpaduan madu dengan sang bumbu lainnya menciptakan kenikmatan tersendiri di setiap gigitnya . udang bakar madu sering kali menjadi sebuah menu andalah di beberapa restauran . dari restauran cina , restauran luar khas luarnegeri , ataupun restauran indonesia .

Untuk restauran indonesia Mang Engking merupakan salah satu restauran yang menyajikan udang bakar madu sebagai menu specialnya disana . restauran Mang Engking merupakan restauran yang menyajikan masakan khas sunda . untuk cabang utama restauran Mang Engking sendiri sebenarnya ada di Jawa Barat . namun karena restauran tersebut Maju pesat dengan menu andalan sang udang bakar madu , Restauran Mang Engking sekarang sudah buka cabang di beberapa Kota-Kota besar Di Indonesia .

Salah satunya adalah kota kelahiran saya yaitu Kota Purwokerto Jawa Tengah . Restauran Mang Engking di kota Purwokerto cukup di minati banyak orang Karena pelayanannya yang cepat dalam penyajian makanan dan tempatnya yang Asri . Seperti yang kami katakan di atas Restauran Mang Engking merupakan restauran yang menyajikan aneka masakan sunda . sehingga mereka pun menata ruangan makan seperti tempat lesehan dan ruang keluarganya menyerupai perdesaan dengan alunan musik sunda yang terdengar lirih menenangkan .

Untuk Udang bakar madu Di restauran Mang Engking memiliki harga sekitar Rp 45.000,- , yang berisi 4 tusuk Udang bakar madu yang setiap tusuknya berisi 4 Udang yang cukup besar . Untuk kalangan masyarakat menengah udang bakar madu Mang Engking memang dapat dibilang cukup mahal ya . namun bagi para pecinta seafood atau udang kami rasa soal harga tak ada masalah . namun bagi anda yang ingin menyajikan udang bakar madu ala Mang Engking dirumah namun ingin berhemat . 

Tak ada salahnya jika kali ini anda membuatnya sendiri langsung dari dapur anda . dengan membuatnya sendiri selain hemat , kebersihannya pun akan lebih terjaga bukan ? nah untuk lebih jelas dari Resep Dan Cara Membuat Udang Bakar Madu Ala Mang Engking , silahkan simak baik-baik artikel resepnya dibawah ini .

Resep Membuat Udang Bakar Madu Ala Mang Engking

Resep Membuat Udang Bakar Madu Ala Mang Engking

Bahan-bahan Udang Bakar Madu :

  • Udang 12 Ekor
  • Jeruk nipis 1 buah
  • Saus tomat 100 gram
  • Kecap manis 3 sendok makan
  • Madu 3 sendok makan
  • Saus sambal botolan 3 sendok makan
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Tusuk Sate 4 buah 

Cara Membuat Udang Bakar Madu :

  1. Langkah awal cuci bersih udang , terutama bagian dalam kepalanya . usahakan dalam memcucinya di aliran air kran supaya kotorannya keluar . belah kulit punggung dan buang uratnya . beri perasan air jeruk nipis , lalu diamkan sekitar 10 menitan . kemudian cuci lagi dengan air yang bersih .
  2. Selanjutnya siapkan tusuk sate , lalu tusuk udang masing-masing berisi 3 ekor udang .
  3. Setelah itu campur semua bumbu seperti saus tomat , saus sambal , kecap manis , madu dan garam . lalu olesi pada udang hingga merata , terutama di bagian belahan punggungnya . sisakan sekitar sepertiga bumbu olesan , yang digunakan untuk bahan olesan saat membakar .
  4. Diamkan selama 30 menit , agar bumbu menempel dan meresap ke dalam daging udang .
  5. Kemudian panaskan grilled pan atau alat panggang , olesi alat panggang dengan mentaga agar tidak lengket .
  6. Olesi udang yang sudah didiamkan tadi dengan sisa bumbu olesan . taruh udang di atas pan atau bakaran sambil terus di olesi dengan bumbu olesan hingga warna udang berubah warnanya menjadi merah gelap dan matang . Selesai .
  7. Udang Bakar Madu ala Mang Engking siap di hidangkan selagi hangat :)

Taraaaaa , Udang Bakar Madu Ala Mang Engking nya siap untuk di santap beserta dengan nasi hangat dan aneka tumisan sayuran sesuai selera . bumbunya yang meresap kedalam membuat gurih nikmat sang udang bakar . emm nyumii , cocok sekali jika dinikmati untuk menu makan siang atau makan special anda dengan keluarga . oh iya , jangan lupa pilih udangnya yang agak besar dan masih segar yah , agar rasanya makyuss .

Lalu rendam terlebih dahulu tusuk sate yang akan digunakan untuk menusuk udang bakar madunya , agar tidak patah waktu dibakar . jika ada keluarga anda yang suka pedas , anda dapat menambahkan irisan cabai rawit di dalam bumbu kecapnya . namun untuk anda yang ingin menikmati lezatnya udang bakar madu yang manis legit gurih , tak perlu menambahkan bumbu lainnya karena sudah pas dan lezat .

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Udang Bakar Madu Ala Mang Engking yang harianresep.blogspot.com bagikan kali ini . jangan lewatkan resep lainnya seperti Resep Membuat Sambal Goreng Tahu Udang Special yang patut untuk dicoba dirumah . terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda . sekian :) 

Advertisement