Resep Membuat Kacang Bawang Empuk Gurih

Resep Membuat Kacang Bawang Empuk Gurih - Berbicara tentang kacang bawang siapa sih yang tak mengenal camilan yang satu ini . kacang yang digoreng dengan bumbu dan irisan bawang putih ini memang enak sekali . kriuk-kriuk .. rasanya yang renyah , gurih namun empuk membuat banyak orang menyukainya . biasanya kacang bawang disajikan sebagai camilan yang enak untuk nonton tv dirumah.

Selain untuk camilan keluarga , kacang bawang juga biasanya akan populer sekali jika lebaran tiba . Rasa-rasanya pas silahturahmi ke tetangga dan saudara kok selalu ada kacang bawang yah . biasanya kacang bawang ini disajikan didalam toples-toples kaca atau Toples atom dengan berbagai bentuk yang lucu . duh , ngomongin lebaran kok jadi pengin cepat-cepat lebaran yah :D heheh .

Untuk kacang bawang menjelang Ramadhan seperti ini biasanya banyak sekali yang menjualnya di toko-toko kue dan toko snak . tapi kalau membelinya diluar jika dirasa-rasa ada yang kurang yah . berbeda jika membuatnya sendiri langsung dari dapur tercinta , pasti hasilnya lebih enak , gurih dan empuk . nah buat teman-teman yang sedang ingin membuat kacang bawang homemade , kalian tepat sekali membuka resep kacang bawang di blog Harian Resep ini .

Karena kami akan membahas habis tentang kacang bawang yang empuk , gurih dan renyah yang mudah di buat dirumah . tentu saja dari bahan-bahan yang digunakan dan lengkap dengan cara membuatnya . nah , untuk kacang bawang yang makyus , kami sarankan anda menggunakan kacang tanah yang fres dan dikupas sendiri yah . dijamin rasanya enak , karena biasanya kalau menggunakan kacang tanah yang ngupas sendiri masih ada rasa manis-manisnya gitu dan nanti hasilnya empuk .

Tapi jika kalian ingin lebih praktis , menggunakan kacang tanah kupasan yang siap di olah saja tak apa-apa . lalu untuk hasil yang empuk jangan lupa kacangnya di rendam terlebih dahulu dengan santan ya . nanti hasilnya jadi seperti kacang mete , empuk , renyah dan gurih gitu . dan tips sedikit bagi kalian yang ingin membuat kacang bawang yang renyah , kalian dapat merendamnya terlebih dahulu di air kapur sirih .

Setelah itu baru deh direndam dengan garam dan bawang putih . kalau kami sih sukannya kacang bawang yang banyak bawang putihnya , namanya kan juga kacang bawang yah . jadi selain direndam dengan bawang putih , kami juga menambahkan bawang putih iris ketika menggoreng kacang bawang nya . nanti jadi hasilnya kriuk kriuk bawang putih goreng gitu . bagaimana , sudah penasaran dengan kacang bawang yang dibuat sendiri dengan resep ini ? yuck segera disimak Resep Dan cara Membuat Kacang Bawang nya seperti berikut ini :)

Resep Membuat Kacang Bawang Empuk Gurih

Resep Membuat Kacang Bawang Empuk Gurih

Bahan-bahan Kacang Bawang :

  • Kacang tanah 250 gram ( direndam air mendidih , kupas kulitnya ) jika ingin praktis anda dapat menggunakan kacang tanah kupasan ( Lalu rendam di air mendidih juga agar hasilnya mekar )
  • Bawang putih 3 siung ( digunakan untuk bumbu rendaman )
  • Bawang putih 4 siung ( diiris tipis )
  • Santan kental 100 mili liter atau secukupnya 
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir sedikit saja agar tercipta rasa gurih
  • Kapur sirih secukupnya ( optional ) 

Cara Membuat Kacang Bawang :

  1. Langkah awal ambil 1/4 sendok kapur sirih , lalu larutkan dengan air secukupnya . rendam kacang tanah dalam larutan kapur sirih lalu diamkan atau rendam selama 30 menit .
  2. Setelah itu tiriskan kacang lalu rendam di santan yang sudah diberi bumbu bawang putih halus , 1/2 sendok teh gula pasir dan garam sesuai selera , hingga kacang terendam atau terselimuti santan . diamkan selama 30 menit . 
  3. Selanjutnya goreng kacang diminyak yang sudah dipanaskan di api sedang bersama bawang putih iris . ( jika bawang putihnya sudah renyah duluan , anda bisa mengangkatnya terlebih dahulu ) . nah , jika kacang sudah berwarna keemasan segera diangkat ya , karena pematangan masih akan terus berlangsung saat kacang diangkat . jika anda biarkan hingga kacang berwarna coklat tua di minyak panas , ketika sudah di angkat bisa nampak gosong dan rasanya agak sedikit pahit .

Sedikit Tips Bagi kalian yang baru belajar memasak , jika membuat camilan atau kelethikan seperti kacang bawang jangan pakai wajan alumunium yang tipis ya . karena wajan seperti itu sangat menghantar panas , jadi nanti kacang bawangnya akan mudah gosong namun hasilnya belum matang sempurna . Bagaimana Resep Membuat Kacang Bawang Empuk Gurih nya , mudah bukan ? segera dicoba dirumah yah .

Jangan lewatkan juga resep camilan lainnya seperti Resep Membuat Kolak Biji Salak Ubi Enak yang akan sayang sekali jika anda lewatkan . Terimakasih sudah membuka harianresep.blogspot.com , sukses ya membuat kacang bawangnya :D , semoga resep kacang bawang ini bermanfaat . sekian :D

Advertisement

iklan