Resep Pisang Goreng Pontianak Kremes

Resep Pisang Goreng Pontianak Kremes - Bila sebelumnya kita sudah membahas tentang Resep Pisang Goreng Khas Thailand yang enak dengan tekstur kelapa parutnya. pada kesempatan kali ini kami admin harianresep.blogspot.com akan menyajikan salah satu resep pisang goreng lainnya yang cukup menarik untuk disimak. untuk pisang goreng yang satu ini terkenal dengan sensasi kremes nya dan terkenal dengan nama Pisang Goreng Pontianak atau Pisang Goreng Kalimantan. bila anda salah satu pecinta gorengan, tentu saja sudah tak asing lagi dengan Pisang Goreng Pontianak yang sering disingkat menjadi pisgor ponti bukan?

Ciri khas dari Pisang Goreng Pontianak Renyah ini adalah kremesan dengan rasa gurih beserta rasa manis pisangnya. kriuk-kriuk itulah sensasi nikmat ketika menggigit sang Pisang Goreng Pontianak. rasanya enak sekali, cocok untuk kudapan saat bersantai, hidangan arisan, camilan saat kumpul keluarga atau sebagai makanan yang disajikan ke tamu yang datang kerumah. nikmati sensasi enak, manis dan legitnya Pisang Kremes Pontianak ini dengan segelas minuman dingin atau aneka minuman hangat seperti air teh dan kopi panas. 

Selain itu, ciri khas dari Pisang Goreng Pontianak lainnya adalah bentuknya yang hampir mirip dengan Pisang Goreng Kipas. hal ini dihasilkan dari satu buah pisang yang di potong-potong hingga membentuk seperti selembar kipas. mempunyai ukuran yang cukup besar, sehingga Pisang Goreng Pontianak Sederhana ini dapat memberi rasa kenyang ketika perut lapar. euumm yumii, rasanya enak sekali ketika dimakan selagi hangat.

Bila kita lihat Pisang Goreng Pontianak Crispy bentuknya hampir sama dengan Pisang Goreng Pasir karna butiran-butiran kriuknya yang renyah masir. cara membuat Pisang Goreng Pontianak Kremes tentu saja sangat mudah dan tidak sulit. untuk membuatnya kita akan menggunakan buah pisang jenis kepok / pisang uli. biasanya untuk Pisang Goreng Khas Pontianak Kalimantan Asli mereka menggunakan pisang kepok kalimantan yang terkenal memiliki rasa lebih manis legit.

Pisang Goreng Pontianak yang dijual di aneka tukang gorengan biasanya di hargai sekitar Rp 3.500.- per buahnya. selain dijual dengan rasa Pisang Goreng Pontianak original nya yang khas. Pisang goreng kremes crispy yang satu ini juga dapat di kombinasikan rasanya dengan berbagai macam rasa lainnya. seperti rasa coklat, susu, pandan, durian, blueberry, strawberry, kacang, nangka, keju, dan lain sebagainya. hal ini yang membuat Pisang Goreng Pontianak kremes semakin terasa istimewa dan lezat.

Cara membuat kremesan Pisang Goreng Pontianak caranya hampir sama dengan Ayam Goreng Kremes. nah, buat teman-teman yang ingin mencoba membuat ayam goreng kremes langsung aja klik resepnya disini Resep Membuat Ayam Goreng Kalasan Asli Enak. bagaimana, sudah tak sabar ingin segera membuat Pisang Goreng Pontianak dirumah? kalau begitu, yuck segera di simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Pisang Goreng Pontianak Kremes seperti berikut ini. 

Resep Pisang Goreng Pontianak Kremes dan Cara Membuatnya

Resep Pisang Goreng Pontianak Kremes dan Cara Membuatnya

Bahan-bahan Pisang Goreng :

  • Pisang uli / kepok 1 sisir atau 10 buah
  • Minyak goreng 1 1/2 liter

Bahan-bahan Pencelup Pisang Goreng ( aduk rata ) :

  • Tepung terigu protein sedang 125 gram
  • Garam 1/4 sendok teh 
  • Air 250 mili liter
  • Tepung beras 1 sendok makan
  • Gula tepung 1 1/2 sendok makan

Bahan Kremesan ( aduk hingga rata ) :

  • Air 1 liter
  • Tepung beras 240 gram
  • Tepung sagu tani 45 gram
  • Garam 1 sendok makan
  • Gula merah 20 gram ( sisir halus )
  • Kuning telur 2 buah
  • Pewarna kuning tua secukupnya ( optional )

Cara Membuat Pisang Goreng Pontianak Kremes :

  1. Langkah awal potong semua pisang seperti menyerupai kipas melebar, sisihkan.
  2. Selanjutnya panaskan minyak goreng, tuang satu sendok sayur adonan kremesan. biarkan mengembang lalu kecilkan apinya. kumpul-kumpulkan adonan sehingga menyatu. 
  3. Setelah itu celup pisang ke dalam bahan pencelup, kemudian masukkan ke bagian tengan kremesan yang sudah dikumpulkan.
  4. Lipat kremesan hingga menutupi pisang, lalu goreng hingga matang.
  5. Angkat, lalu susun di wadah saji untuk dihidangkan selagi hangat.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai artikel resep pisang goreng kremes ala Pontianak nya. semoga dengan adanya Resep Pisang Goreng Pontianak Kremes yang kami bagikan ini dapat menambah wawasan anda mengenai cara membuat pisang goreng kremes dengan gaya yang baru. jangan lewatkan resep menarik lainnya dari kami seperti Resep Macaroni Schotel Praktis yang patut untuk dicoba. terimakasih sudah membuka harianresep.blogspot.com, semoga bermanfaat. sekian.

Advertisement