Cara Membuat Puding Susu Cokelat Keju Vla Cokelat Super Lembut

Cara Membuat Puding Susu Cokelat Keju - Lawas saya tidak memosting olahan puding setelah kemarin sempat posting Resep Chocolate Lasagna Enak Praktis. Bukanya bosan, tapi memang sedang program diet menurunkan berat badan. Jadi saya stop bikin yang manis-manis. Tapi apalah daya ditahan-tahan kalap juga heehe.

Awalnya saya ngiler banget dengan postingan Bunda Hesti soal penampakan puding susu keju nya. Rada aneh juga sih sebenarnya, kok ada puding susu keju? Pasti rasanya bukan manis ya, tapi asin gurih gitu. Apa lagi pas saya baca resep dan step by step cara membuatnya ada vla santannya juga. Di benak saya langsung berfikir pasti rasanya asin gurih gitu. Apa lagi toppingnya juga pakai keju cheddar parut, pasti tambah gurih deh.

Pengin banget icip-icip, tapi entah mengapa saya tergolong orang ndeso yang tidak terlalu suka rasa keju yang stong. Akhirnya saya modifikasi sedikit resep puding susu kejunya dengan menambahkan cokelat bubuk ke dalam adonan. Untuk vla nya juga saya ganti dengan vla cokelat dan saya tidak pakai telur ke dalam adonan puding susu cokelat keju ini. Jadi hasil akhirnya nyoklaat banget dengan gurih parutan keju di atasnya.

Cara Membuat Puding Susu Cokelat Keju Vla Cokelat Super Lembut
Cara Membuat Puding Susu Cokelat Keju Vla Cokelat Super Lembut
Selain keju sebenarnya penggunaan topping bisa diganti dengan cokelat putih, choco chips atau irisan buah-buahan trawberry, leci, anggur, kiwi dan buah naga merah layaknya Resep Puding Susu Sutra Buah Ekonomis Yang Pas Untuk Bisnis Rumahan. Tapi karena saya ingin ada rasa gurihnya jadi di resep dan cara membuat puding susu cokelat keju ini saya pakai keju sebagai toppingnya. Jadi sesuai judulnya deh! Buat yang suka cokelat, puding susu cokelat keju ini rasanya pas di lidah.

Apa lagi kalau di makan sewaktu dingin, nyess banget di leher. Teksturnya lembut layaknya puding ala KFC goceng yang sering saya makan kalau berkunjung ke restauran KFC hehehe #lebay. Oh iya karena bukan puding busa kaya puding susu keju Hesti jadi di dalam adonan saya tidak memakai kuning atau putih telur ya bun. Jadi lebih simple dan praktis di buat deh!


Yowis dari pada penasaran, mending siapkan bahan-bahan yang digunakan dan baca langkah pembuatannya dengan seksama. Berikut Bahan-bahan dan Cara Membuat Puding Susu Cokelat Keju With Vla Cokelat yang wajib dicoba. Cekidot!

Resep dan Cara Membuat Puding Susu Cokelat Keju

Resep dan Cara Membuat Puding Susu Cokelat Keju
Resep dan Cara Membuat Puding Susu Cokelat Keju In cup
Resep by Bunda Musdalifah

Bahan Puding :

  • Air 900 mili liter
  • Bubuk agar-agar plain / putih tanpa rasa 1 bungkus
  • Cokelat bubuk 25 gram
  • Gula pasir 100 gram 
  • Susu kental manis putih 1/2 kaleng

Bahan Vla / Fla Cokelat :

  • Tepung custard 2 sendok makan
  • Susu kental manis 100 gram
  • Air 300 mili liter
  • Susu bubuk fullcream 4 sendok makan
  • Cokelat bubuk 2 sendok makan (atau sesuai selera)

Bahan Topping / Taburan :

  • Keju parut secukupnya
  • Bisa diganti cokelat putih atau choco chips

Langkah Membuat Puding Susu Cokelat Keju :

  1. Puding : Pertama-tama larutkan agar-agar plain dengan sedikit air hingga rata, sisihkan.
  2. Selanjutnya masak air, susu kental manis, larutan agar-agar dan gula pasir. Aduk terus dengan menggunakan api kecil agar adonan agar-agar susu nya tidak gosong. Kemudian ambil sedikit adonan untuk melarutkan cokelat bubuk, aduk rata. Lalu masukkan ke dalam adonan puding, aduk cepat. Kalau perlu di saring larutan cokelat bubuknya, supaya tidak ada yang menggumpal. Didihkan.
  3. Jika sudah mendidih, angkat lalu tuang adonan puding cokelat susu ke dalam cetakan atau cup, dinginkan.
  4. Vla Cokelat : Campur semua bahan ke dalam panci lalu masak dengan menggunakan api sedang sampai mengental. Jangan lupa untuk coklat bubuknya dilarutkan terlebih dahulu dengan sedikit air sebelum di masukkan agar tidak menggumpal di adonan. Angkat, dinginkan.
  5. Penyajian : Hidangkan puding susu cokelat vla dengan taburan keju di atasnya. Sajikan dingin lebih mantap!

Untuk pemula atau yang baru belajar memasak puding, pasti seringkali mengalami bubuk agar-agar atau bubuk nutirjell nya menggumpal di adonan puding. Dengan ini saya kasih Tips sederhana untuk membuat puding agar hasilnya tidak ada yang menggumpal. Seperti step by step langkah membuat puding susu cokelat keju yang saya tulis di atas. Untuk bubuk agar-agar saya selalu larutkan terlebih dahulu dengan sedikit air supaya tidak ada yang menggumpal.

Sama untuk cokelat bubuk juga seperti itu, jangan lupa larutkan terlebih dahulu dengan sedikit air. Tujuannya sama agar tidak menggumpal di adonan. Dengan tips sederhana ini hasil pudingnya pun akan lembut sempurna dan pastinya super enak. 

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Cara Membuat Puding Susu Cokelat Keju Vla Cokelat Super Lembut. Semoga bermanfaat :)

Jangan lupa share ya bun, makasih..

Advertisement