Resep Puding Lumut Pandan Hijau Lapis Coklat, Enak dan Gurih Banget

Resep Puding Lumut Pandan Hijau - Mungkin saya termasuk orang yang paling telat mencoba puding lumut pandan yang beberapa waktu lalu ngehitz dimana-mana ini. Kenapa bisa telat icip-icip? Yah jujur saja ya bun, pertama kali lihat puding lumut pandan hijau ini saya merasa geli. Soalnya penampilan fisiknya benar-benar mirip lumut hijau sungguhan. 

Lalu yang kedua mikir keras bagaimana caranya agar bisa menggumpal-gumpal layaknya lumut. Dan yang terakhir, karena pembuatannya pakai telur, aku pikir pasti hasilnya bakal bau amis. Tapi akhirnya iman saya goyah juga setelah lihat review dari emak-emak grup masakan yang sliweran posting hasil puding lumut yang mereka buat. Mereka bilang hasilnya enak, manis dan gurih.

Coba pelajari bahan-bahan yang dipakai untuk membuat puding lumut hijau ini, dan akhirnya langsung cus dapur. Resep puding lumut pandan hijau asli seharusnya pakai beberapa lembar daun pandan. Tapi karena stock daun pandan di rumah lagi habis untuk membuat Jelly Art kemarin. Akhirnya terpaksa kali ini saya hanya menggunakan essens pandan. 


Dalam bayangan pengin banget nanti hasil dibagian bening puding lumut pandan nya natural saja, tidak hijau seperti ini. Tapi apa lah daya hasilnya ikutan hijau gonjreng, mungkin karena pemakaian essens pandan. Terlepas dari itu hasil dari olahan puding lumut ini rasanya super duper enak bun. Tidak bau amis sama sekali, mantap deh pokoknya!

Resep Puding Lumut Pandan Hijau Lapis Coklat, Enak dan Gurih Banget

Hasilnya sesuai review senior-senior ala Bunda Tintin Rayner, gurih, lembut, manisnya pas dan yang pasti no amis telur ya, sukaaaaaa. Langsung jatuh cinta deh sama kreasi puding yang satu ini. Keluarga juga suka! Apa lagi karena saya tambahkan lapisan puding coklat di atas puding lumut ini. Jadi nano-nano deh rasanya.

Penambahan puding coklat membuat puding semakin istimewa. Seperti puding coklat pada umumnya saya buat dengan tamabhan susu kental coklat manis coklat, jadi berasa nyoklat banget bun. Makanya orang-orang kadang bilang kreasi puding lumut pandan hijau lapis coklat ini adalah puding lumut susu coklat. Yah apapun itu, yang jelas rasanya enak dan gurih-gurih nyoooyyyyyy.


Nah, bagi yang penasaran akan lezatnya puding lumut pandan hijau lapis coklat yang cocok untuk dessert atau hidangan penutup. Yuk cap cuss di simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Puding Lumut Coklat seperti berikut ini. Cekidot!

Step by Step Langkah Membuat Puding Lumut Pandan Hijau

Step by Step Langkah Membuat Puding Lumut Pandan Hijau
Resep dan Picture Puding Lumut Pandan Bunda Tintin Rayner Cookpad

Bahan Puding Lumut :

  • Agar-agar swalow bening 2 bungkus
  • Gula pasir 350 gram
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Santan kental 250 mili liter (boleh pakai santan instan kara)
  • Jus pandan 200 mili liter (dibuat dari 20 lembar daun pandan + air, blender, lalu saring) Saya pakai pastan pandan 1,5 sendok teh bun, soalnya di rumah lagi tidak ada stok daun pandan
  • Air 1200 mili liter
  • Telur ayam 3 butir (kocok lepas)
  • Esens vanili 1 sendok teh

Bahan Puding Coklat :

  • Agar-agar swalow bening/ tanpa warna atau plain 2 bungkus
  • Susu kental manis coklat / SKM 1/2 kaleng 
  • Bubuk coklat 3 sendok makan
  • Gula pasir sesuai selera
  • Air 1400 mili liter

Langkah Membuat Puding Lumut Pandan Lapis Coklat :

  1. Puding Lumut : Pertama-tama kocok lepas telur pakai garpu, kemudian campurkan semua bahan untuk puding lumut dalam 1 panci. Rebus dengan menggunakan api sedang, sesekali diaduk. Setelah mendidih kecilkan api sambil menunggu lumut dari telur terbentuk dengan sendirinya.
  2. Tuang adonan puding lumut ke cetakan puding atau cup-cup kecil. Sisihkan. 
  3. Puding Coklat : Rebus semua bahan sampai mendidih, angkat. Selanjutnya tuang di atas puding lumut setelah lapisan puding lumut mulai berkulit.
  4. Diamkan sampai mengeras, masukkan kulkas lalu nikmati keesokan harinya agar semakin nikmat.

Resep puding lumut pandan hijau lapis coklat ini hasilnya banyak ya, jadi kalau mau di makan sendiri buat setengah resepnya saja. Penampilannya yang unik, dengan rasa gurih yang di padukan dengan rasa coklat di jamin ketagihan. Saya saja makan 2 cup nambah lagi heheheh :)

Kalau tidak mau coklatnya, bisa buat puding lumutnya saja ya bun. Hasilnya sudah enak kok, atau di modif lagi puding coklatnya sekalian pakai santan biar makin gurih. Next sudah punya rencana benar-benar pengin bikin yang pakai jus pandan asli, masih penasaran banget soalnya. 

Selain di kombinasikan dengan puding coklat, kreasi dari puding lumut adalah puding lumut gula merah, puding lumut pelangi, puding lumut tanpa telur dan puding lumut susu. Oke, selamat mencoba Resep Puding Lumut Pandan Hijau Lapis Coklat, Enak dan Gurih Banget. Jika dibuat untuk sajian arisan, isian snack box, pengajian, bakulan, jualan dan khajatan, dibikin pakai cup saja ya bun biar praktis.

Jangan lewatkan pula kreasi puding lainnya dari harianresep.blogspot.com seperti Resep Puding Cincau Susu kedelai, Enak, Murah dan Sehat.

Happy recook, jika bermanfaat jangan lupa share ya bun...
Makasih :)

Advertisement