Resep Puding Mentega Coklat Langsung Enak dan Anti Gagal

Resep Puding Mentega Coklat Langsung Enak dan Anti Gagal - Awalnya iseng nyari resep puding busa lapis kuning coklat di Internet. Penasaran saya berawal saat ada pertemuan alumni SMA kemarin, di dalam snack box ada satu cup puding busa yang lembut dan nyes banget di makan. Aku sengaja browsing resepnya agar bisa buat sendiri di rumah. 

Sudah browsing kesana kemari akhirnya ketemu gambar yang penampakannya mirip dengan puding busa. Tapi pas di cek bahan dan cara membuatnya ternyata itu berupa Resep Membuat Puding Jagung Enak Ekonomis Praktis. Akhirnya browsing lagi dan ketemu dengan gambar yang mirip dengan puding busa, tapi lagi lagi bukan berupa puding busa karena ada campuran terigunya. Oowalah... ternyata ini merupakan resep puding mentega.

Sempat dengar dan lihat penampakan puding mentega ini di medsos dan memang sempat populer dikalangan food blogger serta emak-emak di grup masakan. Jadi mungkin memang saya yang ketinggalan :) hehehe. Review yang bagus membuat saya berniat mencoba resep ini. Di sana di jelaskan step by step cara membuatnya dengan jelas, dan picture nya itu yang bikin saya ngeces bun.


Seperti judul resepnya yang berupa puding mentega. Jadi selain menggunakan bubuk agar-agar swalow, di dalam resep agar-agar metega tersebut mentega merupakan bahan yang paling penting. Aroma mentega ini lah yang membuat puding menjadi istimewa di bandingkan dengan olahan puding lainnya seperti puding coklat, keju, vanila dan puding strawberry.

Tapi bagi yang ingin membuat puding mentega untuk jualan dan agar hemat / irit bahan tapi tetap enak rasanya. Penggunaan mentega bisa diganti dengan margarin. Ternyata tetap enak loh! Harum dan lembut khas margarin gitu. Tapi hasilnya lebih padat ya bun, soalnya ada kandungan terigunya. Menurut saya puding mentega atau puding margarin rasanya hampir mirip dengan puding busa kuning coklat, hanya saja sedikit beda di tekstur. 

Nah karena saya ingin tampilannya unik dan cantik dengan warna kuning dan coklat. Selain membuat puding mentega saya juga membuat puding coklat untuk lapisan bawahnya.. So, bagi yang penasaran bagaimana rasa dan tekstur puding mentega coklat, silahkan dicoba ya resep puding mentega coklat ala resephariini.com ini. Berikut Bahan-bahan dan Cara Membuat Puding Mentega Coklat sederhana, langsung enak dan dijamin anti gagal. Cekidot!

Step By Step Langkah Membuat Puding Mentega Coklat

Step By Step Langkah Membuat Puding Mentega Coklat
Picture Step By Step Dari Berbagai Sumber

Bahan Puding Mentega :

  • Mentega 100 gram (bisa di ganti margarin serbaguna blue band)
  • Telur 1 butir
  • Susu kental manis / SKM putih 50 mili liter
  • Vanili 1 sendok teh
  • Terigu serbaguna 100 gram
  • Bubuk agar-agar swalow warna putih / plain 1 bungkus (7gram)
  • Gula pasir 150 gram
  • Air 700 mili liter

Bahan Puding Coklat :

  • Bubuk agar-agar swalow warna putih / coklat 1 bungkus (7gram)
  • Gula pasir 150 gram
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Susu kental manis / SKM Coklat 50 mili liter
  • Coklat bubuk 50 gram
  • Air 700 mili liter
  • Pasta coklat 1 sendok teh

Cara Membuat Puding Mentega Coklat :

  1. Pertama-tama siapkan loyang puding volume 2 liter (saya pakai 2 buah @ 1 liter), kemudian basahi dengan sedikit air. Sisihkan.
  2. Puding Mentega : Mixer mentega / margarin sampai lembut, lalu masukkan telur, SKM putih dan vanili, aduk lagi. Masukkan tepung terigu lalu mixer kembali sampai rata, sisihkan. 
  3. Selanjutnya dalam panci rebus agar-agar, air dan gula pasir sampai mendidih. Kecilkan api lalu masukkan adonan margarin tadi, aduk sampai kental. Tuang adonan ke dalam loyang lalu sisihkan supaya setengah beku. Letakan adonan ini di suhu ruang saja jangan masuk kulkas, nanti keras.
  4. Puding Coklat : Rebus semua bahan seperti agar-agar, gula, garam, SKM, coklat bubuk dan air sampai mendidih. Matikan api, lalu masukkan pasta coklat. Hilangkan uap panasnya dengan cara diaduk-aduk. 
  5. Setelah lapisan bawah (puding mentega) agak beku tuang sedikit demi sedikit puding coklat dengan menggunakan sendok sayur. Dinginkan dan biarkan mengeras sampai set. 
  6. Sajikan puding dalam kondisi dingin yang baru keluar dari kulkas agar lebih maknyusssss!

Sebenarnya ada banyak lagi kreasi puding mentega yang wajib untuk di cicipi. Mulai dari puding busa mentega, puding mentega tanpa telur, puding mentega pandan agar tidak bau amis, puding mentega roti bahkan puding mentega yang dibuat tanpa mixer. Untuk kreasi puding mentega lainnya mungkin akan kita bahas di resep puding selanjutnya ya.

Oke, selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Puding Mentega Coklat Langsung Enak dan Anti Gagal dan Ekonomis. Jangan lewatkan olahan puding lainnya dari harianresep.blogspot.com seperti Cara Membuat Puding Susu Cokelat Keju Vla Cokelat Super Lembut yang wajib untuk dicoba.

Jika di rasa bermanfaat, jangan lupa share ya...
Makasih bunsay :)

Advertisement