Cara Membuat Es Potong Jadul Bubur Ketan Item

Cara Membuat Es Potong Jadul Bubur Ketan Item : Jika sebelumnya saya membagikan salah satu resep es lolipop andalan di Resep Es Lolipop Untuk Dijual, Enak Murah Dengan Gula Asli. Kali ini masih dengan tema es krim stick sederhana a la a la yang di buat dari bahan ekonomis. Yaitu resep es potong jadul bubur ketan item.

Olahan es potong yang disebut es lilin potong ini memang merupakan es jadul zaman kita masih muda. Di era tahun 1980 hingga tahun 1990, es krim potong sederhana yang satu ini sangat ngehitz dan di sukai banyak orang. Ada banyak cara membuat es lilin atau es mambo potong. Bisa di masukkan ke dalam plastik lilin ukuran sedang, dibungkus pakai kertas kado bentuk plastik atau bisa juga di gulung plastik mirip es gabus.

Seingat saya waktu itu rasa es potong jadul yang paling ngehitz adalah es potong meises, es potong celup coklat, es potong tape ketan, es potong burjo alias es potong bubur kacang hijau, es potong ketan item dll. Aneka rasa ini memang merupakan ciri khas es potong jadul yang dibuat dengan rasa yang familiar untuk jenis es lilin.

Baca Juga : Resep Es Krim Goreng Untuk Jualan Dengan Laba 1jt-3jt Per Bulan

Namun saat ini es potong dapat di kreasikan dengan rasa yang lebih nendang dan kekinian lagi di lidah. Misal seperti es potong buah durian, es potong kismis, es potong alpukat, es potong buah strawberry, es potong pisang mix kiwi, es potong kurma, es potong susu, es potong oreo, es potong biskuit dan juga es krim potong Singapura. Wahh, ternyata jajanan jadul tempo dulu bisa di kreasikan menjadi aneka rasa sesuai selera ya. Keren!

Tapi entah kenapa walaupun sudah banyak aneka kreasi dari resep es potong jadul dengan rasa modern. Saya lebih jatuh hati ke rasa es potong bubur ketan item (hitam). Rasanya tuh lebih creamy lembut gimana gitu, dan saya menyukainya. Awalnya sih karena suka beli es krim bubur ketan hitam merek Campina. Kalau ke minimarket pasti langganan.

Tapi di pikir-pikir kok boros ya, apa lagi saya kalau makan es krim ketan item itu tak cukup satu loh. Memang rasanya enak sih, jadi tak salah kalau saya bisa hampir 2-3 stick es krim bubur ketam hitam Campina. Akhirnya iseng-iseng browsing resep, cari resep es potong yang rasanya mirip dengan es krim bubur ketam hitam a la Campina.

Jangan Lewatkan : Resep Es Susu Pensil Untuk di Jual a la Dapoer Semut

Alhamdulilah, akhirnya ketemu juga. Saya pakai resep Bunda Evana Fitira Cookpad, asli Bun ini rasanya enak sekali. Lembut dan hampir mirip dengan es krim bubur ketam item nya a la Campina. Apa lagi kalau luarnya di balut lelehan coklat atau coklat kacang, hemmm nyuumi deh. Endeuss pol!

Nah, bagi yang penasaran bagaimana sih rasanya? Yuk langsung saja di simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Es Potong Jadul Bubur Ketam Item seperti di bawah ini. Cekidot!

Step by Step Cara Membuat Es Potong Jadul Bubur Ketan Item 

Step by Step Cara Membuat Es Potong Jadul Bubur Ketan Item
Es potong bubur ketan item via http://www.hipwee.com

Bahan-bahan Es Lilin Potong :

  • Tepung hunkwe 20 gram
  • Santan 40 mili liter (saya pakai santan instan Kara kemasan kecil yang ditambahi air)
  • Susu bubuk full cream 2 sendok makan (bisa pakai Dancow)
  • Bubur ketan hitam 1 gelas belimbing (saya beli jadi)
  • Vanili bubuk 1/4 sendok teh
  • Gula pasir 100 gram
  • Garam 1/4 sendok teh
  • Pewarna makanan ungu 5 tetes (optional, bisa pakai bisa tidak)

Alat :

  • Plastik es mambo 8 buah atau plastik khusus es potong
  • Tusuk sate 16 buah

Langkah Membuat Es Potong Jadul Bubur Ketan Item :'

  1. Siapkan panci, masukkan dan campur semua bahan. Masak di atas api kecil, sambil terus di aduk sampai mendidih (meletup-letup). Matikan kompor. Aduk sampai uap panasnya hilang.
  2. Jika di rasa sudah tidak terlalu panas (aman kena tangan), masukkan adonan ke dalam plastik es mambo, dengan bantuan corong. Jika terlalu padat, bisa dibantu menggunakan ujung sendok. Lalu ikat plastiknya.
  3. Lakukan terus sampai semua adonan habis. Masukkan ke dalam lemari es, lalu bekukkan didalam freezer.
  4. Jika sudah beku, es dipotong jadi dua dan ditusuk pakai tusuk sate. 
  5. Tada, jadi deh es potong ketan hitamnya. Hasilnya enak dan creamy, coba deh!

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Cara Membuat Es Potong Jadul Bubur Ketan Item, semoga bermanfaat :)

Advertisement