Resep Membuat Soto Medan Daging Ayam Lezat

Resep Membuat Soto Medan Daging Ayam Lezat - Beberapa hari ngga update di blog tercinta rasanya kangen banget :D hihi . dari kemarin sibuk ngurusin postingan produk jam tangan ke homepage jualan onlineshop aku Dde SHOP . alhamdulilah lagi banyak orderan , jadi sering ngga sempet update resep terbaru di harianresep.blogspot.com . buat temen-temen yang lagi nyari jam tangan atau gadget bisa cek di Facebook aku ya .. inget ( Dde SHOP ) hihi promosi dikit .

Yah ngga kerasa udah malam aja ya teman , cuacanya juga lagi hujan begini . tiba-tiba jadi kepengin yang anget-anget berkuah seger gitu kayanya enak . kebetulan ada teman aku Tirza Simanjuntak namanya kirim email ke aku , katanya lagi kangen banget sama soto medan . maklum doi orang medan teman , cuman sekarang dia kerja dan punya suami orang bogor jadi dia sekarang tinggal di bogor .

Katanya sempet minta resep sama opungnya , tapi katanya ngga ngeh . akhirnya minta aku buat posting resep soto medan daging ayam yang mudah dibuat katanya . oke baiklah , nih Tirza aku mau posting resep soto medan buat kamu :D . buat teman-teman yang besok pagi bingung mau masak apa bisa cobain soto medan daging ayam ini ya . untuk soto medan kata aku sih hampir mirip sama soto ayam kuah kuning ala bogor , hanya saja soto medan kuah lebih kental .

Tapi kalau dirasa-rasa bumbu yang digunakan untuk membuat soto medan ini lebih strong dan lebih komplit . untuk soto medan kita pakai daging ayam aja yah yang praktis , nanti kalau pakai daging sapi dikira soto daging khas bogor lagi :D . soto medan daging ayam ini enak banget kalau di makan masih anget-anget gitu loh . bisa disajikan dengan ketupat yang dipotong-potong kecil , tapi kalau aku sih lebih suka pakai nasi yang hangat .

Soalnya perpaduan nasi putih sama soto medan daging ayam ini aku rasa pas banget rasanya . enak , lezat dan gurih dari sang santan yang digunakan untuk kuah soto medannya . buat kalian yang orang medan , punya suami orang medan atau keluarga di medan jangan sampai terlewatkan resep soto medan ini . ngga asik banget kan , kalau ngga bisa masak masakan kesukaan keluarga dari medan seperti soto medan ini ?

Yausudah , bagi teman-teman yang penasaran sama rasanya soto medan yuck segera dicoba Resep Dan Cara Membuat Soto Medan nya seperti di bawah ini .

Resep Membuat Soto Medan Daging Ayam Lezat

Resep Membuat Soto Medan Daging Ayam Lezat

Bahan-bahan Soto Medan :

  • Ayam 1 ekor ( dipotong menjadi 2 bagian )
  • Daun salam 2 lembar
  • Lengkuas 2 ruas ( dimemarkan )
  • Serai 4 batang ( dimemarkan )
  • Daun bawang 4 batang ( potong-potong )
  • Garam secukupnya 
  • Santan encer 1 1/2 Liter
  • Santan kental 500 mili liter
  • Minyak Untuk menumis 

Bumbu Halus Soto Medan :

  • Bawang merah 12 siung
  • Bawang putih 6 siung
  • Jintan 1/2 sendok teh
  • Ketumbar 1 sendok makan
  • Kunyit 3 ruas
  • Merica 1 sendok teh
  • Jahe 2 ruas 

Cara Membuat Soto Medan :

  1. Langkah awal panaskan minyak dan tumis bumbu halus dalam panci , lalu masukkan lengkuas , daun salam dan serai hingga harum . masukkan ayam , lalu aduk dan masak hingga terlihat berubah warna .
  2. Setelah itu masukkan santan encer 500 mili liter atau hingga ayam terendam . kemudian tambahkan garam sesuai selera , lalu masak hingga ayam matang dan bumbu meresap kedalam daging ayam . angkat ayam , sisihkan .
  3. Selanjutnya tuang sisa santan encer . lalu masak hingga mendidih dan masukkan santan kental dan daun bawang , masak lagi hingga mendidih dan aduk-aduk agar santan tidak pecah . untuk soto medan memiliki kuah yang agak kental .
  4. Terakhir goreng ayam hingga kering lalu suwir-suwir. 

Selesai , soto medan pun siap untuk disajikan dengan nasi putih dan suwiran ayam di atasnya . biar lebih makyus kalian bisa menambahkan bahan pelengkap soto medan nya ya teman . kaya telur rebus , kentang rebus , tauge yang direbus , tomat yang dipotong-potong kecil , emping goreng atau kerupuk . jangan lupa taburi bawang goreng merah diatasnya biar lebih lezat .

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Soto Medan Daging Ayam Lezat yang kami sajikan kali ini . Buka juga artikel resep menarik lainnya seperti 2 Resep Membuat Gulai Ikan Paling Lezat yang wajib dicoba . makasih ya teman-teman sudah membuka harianresep.blogspot.com , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk kalian . sampai bertemu di artikel resep selanjutnya , sekian :)

Advertisement