Resep Membuat Sambal Bajak Tersadis Sedunia

Resep Membuat Sambal Bajak Tersadis Sedunia - Sambal bajak goreng merupakan salah satu sambal pedas warisan nenek moyang yang khas dari nusantara. rasanya yang pedas dengan sedikit rasa manis dari gula jawa memberikan sensasi yang hu haah. rasanya pedas, gurih dan sangat sadis karena rasa pedasnya nempel dilidah. seperti aneka sambal khas indonesia yang memiliki tingkat kepedasan serupa yaitu sambal terasi.

Nama sambal bajak dari aneka kreasinya seperti sambal bajak bawang, sambal bajak petai, sambal bajak goreng dan sambal bajak rawit memang sudah sangat terkenal sebagai sambal yang enak dan pedas. selain terkenal dengan rasa pedasnya yang sadis, sambal bajak juga memiliki ciri khas lainnya, yaitu memiliki tekstur yang lebih kasar dari sambal lainnya. untuk bahan-bahan sambal bajak yang digunakan hampir sama dengan sambal-sambal lainnya. yaitu menggunakan aneka cabai rawit dan cabai keriting merah yang segar, hanya saja sambal bajak memakai bumbu rempah yang lebih komplit.

Rempah-rempah segar asli Indonesia yang digunakan antara lainnya yaitu batang serai, daun salam, daun jeruk, dan lain sebagainya. proses pembuatan sambal bajak yaitu dengan cara di uleg, lalu ditumis atau digoreng hingga matang. proses ini yang seringkali membuat si pemasak kelabakan, karena aroma pedasnya yang sangat menyengat dan menggugah selera untuk segera dinikmati. eehmm, sedap makyuss deh.

Untuk sambal bajak memang sudah terkenal di dunia ya, apalagi bagi negara-negara yang menyukai masakan pedas seperti Indonesia. namun ada salah satu sambal bajak yang sangat terkenal akan kesedapannya, yaitu sambal bajak goreng ala Bu Rudi Jawa Timur. sambal bajak goreng Bu Rudi memang beda dengan sambal bajak lainnya, karena sambal bajak goreng yang Khas dari Bu Rudi Jawa Timur ada bahan-bahan tambahan lainnya yang membuat sambal bajak goreng semakin special.

Biasanya sambal bajak ala Bu Rudi yang berasal dari Jawa Timur ini memakai potongan daging sapi dan teri. jadi sudah bisa dibayangkan bukan kenikmatan dan kelezatan dari sambal bajak goreng Ala Bu Rudi? namun dalam resep sambal bajak tersadis didunia ini, kita akan lebih menonjolkan rasa pedasnya ya. jadi sambal bajak goreng pada kesempatan kali ini tidak menggunakan irisan daging sapi dan teri goreng.

Sambal bajak goreng pedas nikmat ini sangat lezat sekali jika dinikmati sebagai teman lalapan sayuran mentah maupun matang. seperti kol, sawi, daun kemangi, mentimun, dan aneka lalapan lainnya. dan untuk penambah sedapnya, bisa disajikan dengan ayam bakar, ayam goreng, ikan asin , ikan bakar, gurame goreng, bebek goreng dan aneka lauk lainnya. bagaimana, sudah berniat membuat sambal bajak goreng tersadis di dunia versi harianresep.blogspot.com ini dirumah? jika iya, yuck segera disimak Bahan-bahan dan Cara Membuat Sambal Bajak Goreng nya seperti berikut ini.

Resep Membuat Sambal Bajak Tersadis Sedunia

Resep Membuat Sambal Bajak Tersadis Sedunia

Bahan Bumbu Sambal Bajak :

  • Serai 1 batang ( ambil bagian dalamnya, lalu digeprek )
  • Daun salam 2 lembar
  • Daun jeruk 2 lembar ( buang batang tengahnya lalu iris tipis )
  • Larutan air asam jawa 2 sendok makan
  • Gula merah iris 2 sendok makan
  • Terasi bakar 1 sendok teh
  • Tomat cherry 4 buah ( potong-potong )
  • Air 100 mili liter
  • Minyak 2 sendok makan untuk menumis

Bumbu Halus/Uleg Sambal Bajak :

  • Cabai keriting merah 12 buah
  • Cabai rawit merah 12 buah
  • Bawang merah 6 butir
  • Bawang putih 3 siung

Cara Membuat Sambal Bajak :

  1. Langkah awal, panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu halus, serai, daun salam dan daun jeruk hingga tercium aroma wangi sedap. tuang air asam jawa, air, gula merah iris, terasi bakar dan tomat, lalu aduk hingga rata.
  2. Masak hingga mendidih dan air menyusut, matikan api kemudian angkat dari wajan.
  3. Sambal bajak goreng pedas gurih siap disajikan.

Pemakaian tomat cherry di dalam sambal bajak menambah citarasa asam yang segar. huh, tak bisa dibayangkan deh, rasa sedap dari sang sambal bajak goreng terpedas didunia ini. so, tunggu apa lagi? yuck segera di pratekkan Resep Membuat Sambal Bajak Tersadis Sedunia ini di rumah. buka juga informasi aneka sambal lainnya seperti Resep Membuat Kuah Pecel, Sambal Pecel Lezat yang sayang sekali jika terlewatkan. terimakasih sudah membuka harianresep.blogspot.com, semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda. sekian :)

Advertisement