Resep Cumi Woku Tinta Belanga Khas Manado Special

Resep Cumi Woku Tinta Belanga - Versi Wikipedia woku adalah bumbu makanan ala Manado, provinsi Sulawesi Utara Indonesia yang terbuat dari berbagai macam bumbu dan biasa digunakan untuk memasak daging dan hidangan laut. Daging yang digunakan mulai daging sapi, ayam, bebek dan ikan seperti ikan nila, ikan kerapu, ikan mas, udang, kepiting serta cumi-cumi. Di Minahasa, Sulawesi Utara kini terdapat dua jenis woku, yaitu woku balanga (masakan woku yang dimasak dengan belangga) dan woku daun (masakan woku yang dimasak dalam daun).

Konon masakan woku mendapatkan namanya dari daun woka. Daun Woka adalah salah satu jenis daun lontar yang sering dipakai untuk pembungkus nasi. Jika ditelusuri lebih jauh lagi, dalam sejarah kuliner Manado, bumbu woku adalah bumbu masakan campuran ala Manado yang kaya rasa dengan ciri khas pedas. 

Bagi bunda yang bukan asli Manado pasti bertanya-tanya, bumbu woku itu terbuat dari apa saja sih? Sebenarnya bumbu woku menggunakan bumbu dapur yang sering kita gunakan untuk memasak sehari-hari. Bumbu dapur tersebut di antara lainnya adalah daun kemangi, daun jeruk, daun pandan, kunyit, serai, daun bawang, tomat, cabe rawit, jahe dan bawang putih. Untuk membuat woku belanga / balanga harus menggunakan panci atau kuali untuk menunis / menggoreng bumbu hingga matang.

Umumnya bumbu halus dan bumbu rajang ditumis terlebih dahulu di dalam kuali dengan menggunakan sedikit minyak, kemudian masukkan aneka daging, binatang laut atau bahan lainnya yang akan dimasak woku sampai matang. Nah, pada kesempatan kali ini harianresep.blogspot.com akan membagikan salah satu masakan woku yang patut untuk dicoba. Kali ini kami akan menggunakan cumi yang dimasak dengan bumbu manado yaitu Cumi Woku Tinta Belanga.


Kenapa disebut cumi woku tinta? Karena dalam pembuatan cumi masak pedas ala bumbu Manado ini kami menggunakan sedikit tinta cumi ke dalam bumbunya. Sebenarnya tak harus menggunakan tinta cumi atau bahkan malah menggunakan tinta hitam cumi yang banyak ke dalam bumbunya. Semua sesuai selera saja, kalau dalam resep cumi woku tinta ini kami menggunakan sedikit ya.

Untuk aroma sedapnya, selain menggunakan daun jeruk dan daun kunyit di sini kita juga akan menggunakan daun kemangi. Penggunaan kemangi bisa di atur sesuai dengan selera. Jika tidak ada skip saja daun kemanginya tak apa-apa, tetap enak dan wangi khas woku kok. Karena bumbu rempah yang digunakan sudah cukup komplit sebagai bumbu woku yang sedap.

Oke deh, yuk langsung saja bun di simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Cumi Woku Tinta Belanga Khas Manado seperti berikut ini.

Step By Step Cara Membuat Cumi Woku Tinta Belanga

Step By Step Cara Membuat Cumi Woku Tinta Belanga
Resep Cumi Woku Tinta By Bunda Junetha Cinthya Cookpad

Bahan-bahan Cumi Woku :

  • Cumi-cumi segar 8 buah
  • Cabe rawit hijau 2 buah
  • Cabe rawit merah 2 buah
  • Cabai merah besar 1 buah
  • Kunyit bubuk 1/8 sendok teh (bisa diganti kunyit segar 1/2 ruas jari)
  • Sereh 1 batang
  • Daun bawang 1 batang
  • Daun kunyit 1 lembar
  • Daun jeruk 3 lembar
  • Tomat cherry 4 buah (bisa diganti tomat biasa 1 buah)
  • Minyak goreng 5 sendok makan
  • Air secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Bawang merah 6 siung
  • Jahe 1 ruas jari kelingking
  • Daun kemangi secukupnya
  • Tinta cumi sedikit saja atau sesuai selera

Cara Membuat Cumi Woku :

  1. Langkah pertama bersihkan cumi, potong-potong lalu sisihkan.
  2. Bumbu Halus : blender bawang merah, kemiri, cabe rawit, cabe besar dah jahe. Sisihkan.
  3. Selanjutnya iris tipis daun bawang / bawang prei dan potong-potong tomat, sisihkan.
  4. Setelah itu siapkan panci yang sudah berisi minyak goreng. panaskan, masukkan sereh yang sudah digeprek, bumbu halus yang diblender tadi dan daun jeruk. Tumis sampai tercium aroma sedap. Masukkan potongan cumi-cumi, aduk-aduk sampai bumbu tercampur rata. Tambahkan air secukupnya, masukkan daun kunyit dan tomat aduk rata. Tambahkan garam, gula dan bubuk kunyit, aduk kembali hingga merata. Masak sampai mendidih, lalu tambahkan irisan daun bawang dan kemangi.
  5. Aduk rata dan terus masak sampai air agak sedikit berkurang, matikan kompor. Angkat.
  6. Cumi woku tinta balanga siap untuk sajikan hangat-hangat. Nyam!

Cumi-cumi yang biasa dimasak Resep Membuat Cumi Saus Tiram Enak Mudah, cumi rica, cumi saus padang, cumi pedas, Cumi Asin Cabai Hijau, cumi goreng crispy, enak juga loh di masak dengan bumbu woku seperti ini. Rasanya segar dengan aroma rempah yang khas woku. Paling enak disajikan ketika masih hangat bersama nasi putih pulen. 

Oh iya dalam Resep Cumi Woku Belanga ini kami menggunakan sedikit tinta cumi. Tidak semua dan tidak yang harus menjadi hitam. Kami gunakan tinta cumi hanya untuk menambah aroma dan rasa saja. Kalau ingin banyak tintanya juga tak masalah, jadi tergantung selera masing-masing ya bun. Untuk penggunaan cabai juga begitu, silahkan atur jumlahnya sesuai selera. Jika suka pedas ya tinggal tambahkan saja dari pedas, pedas banget dan super pedas :)

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Cumi Woku Tinta Belanga Khas Manado Special. Semoga bermanfaat, jangan lupa like dan share ya bunsay :) makasih.

Advertisement

iklan